(Video) Film Pendek Karya Sineas Indonesia Masuk Cannes 2015

0 87

Insan film Indonesia patut berbangga, film pendek karya anak bangsa yang berjudul “The Fox Exploits The Tiger’s Might” masuk ke kompetisi La Semaine de La Critique, Cannes 2015. Film Tjoet Nja Dhien sebelumnya juga pernah masuk ke festival tersebut pada tahun 1989 silam.

Film karya Lucky Kuswandi ini sebelumnya telah lolos seleksi dari total 1.750 film yang dikirim ke Cannes14-22 Mei 2015 di Perancis.

Film yang masuk ke ajang Cannes 2015 tentu telah memiliki proses yang selektif. The Fox Exploits The Tiger’s Might dinilai kritikus film pendek La Semaine de La Critique, Fabien Gaffez, “bermain-main antara permainan yang menikmatkan dengan kenikmatan yang jalang.”

“Film ini memberikan saya keleluasaan dalam membicarakan tema kekuasaan dan seksualitas secara terbuka, jujur dan dewasa,” ungkap Lucky Kuswandi, yang dikutip Jatimtech, (22/4/2015) dari BBC Indonesia.

Poster Film The Fox Exploits The Tiger's Might
Poster Film The Fox Exploits The Tiger’s Might

Alur cerita film ini terjadi pada jaman Orde Baru. Dikisahkan oleh 2 orang pemuda, Aseng dan David. Meskipun berbeda etnis, dan juga tingkat kemapanan keluarga masing-masing, mereka tetap menjadi sahabat.

Aseng berasal dari keluarga etnis Tionghoa, yang kesehariannya berdagang, termasuk menjual minuman keras ilegal. Sedangkan David berada di kelas ekonomi mapan, sang Ayah merupakan jenderal militer yang pada masa itu sering menagih upeti dari kalangan bawah, tak terkecuali keluarga Aseng yang Tionghoa. Bumbu percintaan diselipkan ke kisah mereka berdua film yang penuh dengan nuansa kekuasaan ini.

“Ada permainan kekuasaan yang sangat cair antara pemerintah saat itu dengan beberapa kalangan etnis Tionghoa. Aku tertarik untuk mengeksplorasi pencairan kekuasaan itu. Kekuasaan itu sama halnya dengan seksualitas. It’s very close antara dua itu,” ungkap Luck Kuswandi.

Lucky Kuswandi menggandeng Babi Buta Film dengan Hivos Asia Hub dan Yayasan Cipta Citra Indonesia untuk proses pembuatannya, serta dibintangi aktor kenamaan dan wajah baru di Indonesia, seperti Atreyu Artax Moniaga, Kemas Fauzan, Stefanny Marcelina Sugiharto, Surya Saputra, Christine Harsojo, & Haris Zuhri.

Berikut ini trailer The Fox Exploits The Tiger’s Might yang sayang untuk Anda lewatkan.

DON'T MISS Artikel lain