Home » Internet » Serba Serbi » Butuh 136 Miliar Kertas untuk Mencetak Semua Halaman dari Wikipedia

Butuh 136 Miliar Kertas untuk Mencetak Semua Halaman dari Wikipedia

Ilustrasi tumpukan buku
Ilustrasi tumpukan buku (Gambar: levraphael)

Wikipedia selalu hadir bagi siapa saja yang membutuhkan informasi. Wikipedia juga tercatat mempunyai lebih dari 70 juta halaman. Namun, pernahkah terbesit di benak Anda untuk mencetak semua halaman Wikipedia?

Ya, hal itu bisa saja terjadi. Seperti halnya dua mahasiswa George Harwood dan Evangeline Walker asal University of Leicester yang berpikiran untuk mencetak Wikipedia menjadi buku fisik, seperti dilansir oleh BusinessInsider (25/04/2015).

Gila memang, duo mahasiswa tersebut memperkirakan pencetakan semua halaman Wikipedia membutuhkan 136 miliar kertas ukuran Letter (21,6 cm x 27,9 cm). Bahkan, mereka juga mengalkulasi perhitungan tersebut sampai ke jumlah pohon yang akan ditebang untuk menyiapkan kertas yang begitu banyak. Menurut kedua mahasiswa ini, jika Anda ingin mencetak Wikipedia dengan 136 miliar kertas, maka Anda harus menebang sejumlah 16 juta pohon.

Apa yang akan terjadi dengan bumi bila 16 juta pohonnya dimusnahkan? Jika bumi tak memiliki pohon lagi, dapat dipastikan kehidupan akan terhenti dan semua makhluk akan mati.

Namun jangan cemas, mereka berdua tidak akan benar-benar menebang begitu banyak pohon untuk mencetak halaman Wikipedia. Keduanya hanya berniat memberi gambaran untuk menekan angka penggunaan kertas yang selama ini kian meningkat.

Written by
It’s not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for - Robert Kiyosaki

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.