eBook adalah versi digital dari buku cetak kertas  yang bisa dibaca menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, atau komputer.

Berbeda dengan jenis teks lain, seperti .doc atau .ppt, eBook tidak bisa diedit atau diubah isinya. Hal ini dilakukan untuk memberi perlindungan hak cipta kepada penulis eBook tersebut.

Saat ini eBook semakin populer digunakan. Selain mudah diakses lewat elektronik, harga eBook dibanderol lebih murah jika dibandingkan dengan buku cetak tradisional.

Apa yang dimaksud dengan eBook?

Dari segi bahasa, eBook berasal dari kata bahasa inggris “electronic” dan “book”, yang artinya. buku elektronik atau buku digital.  Sama dengan buku cetak, eBook bisa berisi teks, gambar, atau keduanya.

eBook juga sering didefinikan sebagai versi digital dari buku cetak. Namun tidak semuanya buku cetak memiliki versi eBook. Begitu pula sebaliknya, tidak semua eBook ada versi cetaknya.

Untuk membaca eBook Anda bisa menggunakan perangkat elektronik dengan layar yang bisa dikontrol. Seperti komputer desktop, laptop, tablet, smartphone.  Perbedaanya hanya pada ukuran layarnya saja, layar yang besar tentu saja lebih memudahkan saat membaca.

Selain perangkat tersebut di atas, Anda juga bisa membaca eBook di perangkat e-Reader. Perangkat ini dirancang khusus untuk membaca eBook. Ada beberapa kelebihan ketika Anda menggunakan eReader untuk membaca eBook. Seperti keterbacaan, portabilitas, dan masa pakai baterai yang lebih dioptimalkan.

Pengertian eBook menurut para Ahli

Berikut ini pengertian eBook menurut para ahli yang dipubliskan di situs kredibel:

  1. Menurut situs The Guardian,  eBook adalah teks yang disajikan dalam format khusus yang memungkinkan dibaca di komputer atau di perangkat genggam. Banyak jenis buku cetak yang bisa dibaca sebagai eBook. Seperti buku fiksi populer, klasik ataupun teks referensi. eBook juga digunakan sebagai sarana buku yang sudah dicetak lagi, atau menghentikan pencetakan yang sama di saat penulis menghasilkan karya baru. eBook bisa memuat teks, audio, video atau tautan.
  2. Situs Britannnica.com menjelaskan, eBook kepanjangan dari electronic book, file digital yang berisi teks dan gambar yang cocok untuk didistribusikan secara elektronik dan ditampilkan di layar dengan cara yang mirip dengan buku cetak. eBook dapat dibuat dengan mengovenversi file sumber dengan printer ke format yang dioptimalkan agar mudah diunduh dan dibaca di layar, atau set file teks yang tidak dibuat untuk cetak.
  3. Situs eBooks.com menerangkan bila eBook merupakan versi karya sastra yang dirender, disimpan, didistribusikan, dan dibaca dalam bentuk digital. Berbeda dengan buku cetak. eBook merupakan perangkat elektronik yang fungsi pokoknya untuk menampilkan buku dalam bentuk digital.

Cara membaca eBook

Saat ini ada dua cara untuk membaca eBook.

1. Menggunakan perangkat eBook reader atau sering disebut eReader

Perangkat sebesar buku ini ditenagai baterai, dan memiliki layar LED backlit. eReader akan menampilkan teks yang telah diunduh dari komputer. Anda juga bisa mencari kata kunci tertentu serta menambahkan catatan khusus atau hyeprlink menggunakan eReader.

2. Menggunakan komputer desktop atau Mac yang telah terpasang software khusus

Jika Anda memiliki komputer desktop, laptop, ataupun Mac, tersedia banyak sekali software yang bisa diunduh dari internet untuk membaca eBook. Sebut saja Adobe Acrobat Reader dan Microsoft Reader.

Download Adobe Acrobat Reader

Download Microsoft Reader

Tujuan dan Fungsi eBook

Fungsi eBook adalah sebagai sebuah salinan digital dari buku cetak. Anda bisa mulai membaca eBook sesaat setelah membayar, alias tidak perlu menunggu pengiriman jika memesan online, atau pergi ke toko buku untuk membeli. Selain itu eBook juga menawarkan kenyamanan dalam hal ukuran dan mudah dibawa kemana saja. Anda bisa membawa semua daftar buku di rak Anda ke dalam sebuah perangkat seperti laptop ataupun eReader.

Lebih lanjut, tujuan diciptakannya eBook dalam dunia pendidiakan adalah untuk meringkas dan meningkatkan pengalaman belajar. Buku digital akan membuat proses belajar lebih interaktif dan menarik.

Format eBook

Saat ini ada 5 jenis format eBook yang tersedia, yaitu TXT, EPUB, MOBI, AZW, dan PDF.

TXT ekstensi (.txt)

Teks biasa adalah format file paling simpel yang digunakan dengan ekstensi .txt. Format file ini digunakan terbatas untuk menampilkan teks saja. Gambar dan jenis grafik lainnya tidak bisa dimuat di dalamnya. Tipe font yang digunakan pun font standar dan tidak mendukung jenis font lainnya. Tak hanya itu, jenis file ini juga tidak mendukung kustomisasi ukuran, perlindungan hak cipta (DRM), dan interaktivitas. Format TXT sangat bagus digunakan untuk eBook yang tebal, contohnya seperti laporan penelitan.

EPUB ekstensi (.epub)

EPUB merupakan singkatan dari “electronic publication”.  Format ini sangat umum digunakan sebagai format eBook dan bisa dibuka di berbagai macam perangkat seperti komputer, smartphone, tablet dan eReader.

Ada beberapa keuntungan menggunakan format EPUB. Semua file berformat EPUB mendukung DRM (digital right management), dan memiliki perlindungan hak cipta yang kuat. Selain itu, format ini juga mendukung kustomisasi layout dan layout tetap.

Dengan adanya Reflowable EPUB atau dukungan kustomisasi layout, pembaca bisa mengubah ukuran layar dan gambar sesuai keinginannya. Sedangkan  fixed layout atau layout tetap kebalikannya, pengguna tidak bisa mengubah ukuran teks maupun gambar eBook-nya.

Kelebihan dan Kekurangan eBook

Tidak ada yang sempurna. eBook juga memiliki kekurangan dan juga kelebihan bila dibandingkan dengan buku cetak.

Kelebihan eBook

  • Cepat: kemudahan mencari judul buku yang diinginkan. Anda juga bisa mengunduh buku dalam sekejap
  • Portabilitas: buku sebanyak apapun bisa muat dalam satu perangkat. Sangat memudahkan bagi seorang traveler. Cukup dengan smartphone atau laptop, semua buku favorit Anda bisa dibawa kemanapun juga
  • Ramah lingkungan: tidak perlu lagi mencetak buku dengan menggunakan kertas.
  • Interaktif: pembaca eBook bisa menambahkan catatan, garis bawah, menandai halaman, pencarian kata kunci serta tambahan informasi melalui tautan URL
  • Kemudahan publikasi: dengan publikasi elektronik, penulis bisa lebih cepat mempublikasikan karyanya

Kekurangan eBook

  • Jumlah buku cetak yang tersedia dalam versi eBook masih terbatas jumlahnya
  • Jika diunduh ke komputer eBook tidak bisa dicetak dalam bentuk hard copy
  • Banyak eBook yang tidak bisa dibuka di perangkat Mac
  • Kenyamanan membaca akan terganggu jika di bawah sinar matahari
  • Perlu perangkat khusus dengan layar besar untuk membaca eBook dengan nyaman

Tagged in:

,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles