Anda pasti sudah tidak asing dengan penggunaan Wi-Fi. Saat ini hampir semua aktivitas manusia memerlukan jaringan internet yang baik dan stabil. Wi-Fi mampu mencapai hal itu agar seseorang bisa menggunakan internet secara lebih maksimal untuk menunjang berbagai aktivitas onlinenya.

Tapi tahukah Anda tentang SSID Wi-Fi?

Service Set Identifier atau SSID adalah bentuk identifikasi atau nama untuk jaringan wireless pada jaringan komputer. Setiap perangkat Wi-Fi harus memiliki SSID tertentu agar terdeteksi untuk pengguna dan bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet. Jadi SSID merupakan tempat mengisi nama Access Point (AP) atau kemudian populer kita sebut sebagai nama Wi-Fi.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang SSID, mulai dari pengertian,  jenis-jenis, dan fungsi SSID pada Wi-Fi yang perlu Anda ketahui agar bisa memaksimalkan jaringan internet di Wi-Fi Anda:

Apa yang dimaksud dengan SSID Wi-Fi

Ilustrasi SSID gambar utama

Ilustrasi SSID

Menurut laman Lifewire, SSID adalah singkatan dari Service Set IDentifier. Istilah ini digunakan sebagai nama jaringan lokal (WLAN) dengan alamat 802.11. Perangkat klien menggunakan SSID untuk mengidentifkasi dan terhubung dengan jaringan. Singkatnya, SSID adalah nama jaringan Wi-Fi.

SSID merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui saat menggunakan Wi-Fi atau melakukan pengaturan pada Wi-Fi Anda. Selain itu berbagai macam jenis SSID Wi-Fi memiliki fungsi tersendiri pada Wi-Fi untuk memaksimalkan kerjanya menciptakan jaringan internet yang baik dan stabil.

Nama Wi-Fi ini kemudian menciptakan keamanan jaringan wireless card agar tidak bisa terdeteksi keberadaan jaringan wirelessnya. Selain itu SSID juga dapat mengurangi resiko di-hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atas jaringan Wi-Fi yang kita punya.

SSID harus memiliki 32 karakter khusus yang nantinya akan ditampilkan sebagai identifier pada header paket yang dikirim melalui WLAN tertentu. Identifier ini akan bertugas sebagai wujud password level device ketika ada perangkat mobile yang berusaha untuk menghubungkan koneksi ke Basic Service Set (BSS)

Catatan: WLAN harus memiliki SSID yang sama untuk semua access point dan semua device yang berusaha untuk menghubungkan koneksi ke WLAN. Suatu device tertentu tidak akan diizinkan bergabung di BSS tertentu jika device tersebut berbeda kecuali device yang menyediakan SSID khusus. Hal ini bisa terjadi karena SSID dapat menjadi tanda pengenal dengan teks yang sederhana meskipun tidak memberikan keamanan untuk sebuah jaringan.

Jenis-jenis SSID Wi-Fi

Hidden SSID

Hidden SSID atau Hide SSID adalah tanda pengenal Wi-Fi yang dapat disembunyikan keberadaannya. Jenis SSID ini merupakan metode pengamanan pada jaringan wireless dari pemilik perangkat jaringan agar bisa menyembunyikan nama SSID. Sehingga tidak semua orang bisa dengan mudah mengakses jaringan wireless ini tanpa izin atau sepengetahuan sang pemilik perangkat jaringan.

Public SSID

Public SSID adalah jenis SSID yang bisa digunakan atau diakses oleh banyak orang tanpa harus memasukan kunci atau WEP Key tertentu yang telah diatur oleh pemilik perangkat jaringan. Jadi jenis SSID Wi-Fi ini bisa diakses secara bebas penggunaannya.

Fungsi SSID pada Wi-Fi

Fungsi SSID adalah mengatur suatu perangkat ke jaringan tertentu yang ingin digunakan. Nah, jadi saat Anda ingin menggunakan jaringan internet secara wireless lewat Wi-Fi, maka perangkat yang Anda gunakan harus memilih salah satu jaringan wireless LAN atau Wi-Fi yang tersedia.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap jaringan Wi-Fi pasti memiliki SSID yang berbeda-beda satu sama lain yang digunakan untuk menampilkan tanda pengenal yang dikirimkan melalui WLAN pada saluran tertentu. Tanda pengenal inilah yang akan berfungsi sebagai kata sandi ketika suatu perangkat mencoba untuk untuk terhubung ke BSS tertentu.

Cara Mengetahui SSID WiFi

SSID pada Wi-Fi bisa ditemukan di stiker yang tertempel di router Wi-Fi. Namun bisa saja SSID pada router telah diganti oleh seseorang. Bila hal itu terjadi, Anda bisa mengetahui SSID dengan cara berikut ini:

Melihat nama SSID di Windows

  1. Klik pada ikon Wi-Fi yang berada di pojok kanan bawah. Daftar nama jaringan Wi-Fi (SSID) akan terlihat
  2. Komputer yang terhubung dengan SSID akan ditampilkan di bagian paling atas

Melihat nama SSID di MacOS

  1. Klik pada ikon Wi-Fi yang ada di bagian pojok kanan atas layar. Daftar SSID yang tersedia akan ditampilkan
  2. Jaringan yang terhubung dengan Mac akan ditampilkan dengan ikon Wi-Fi yang berwarna biru

Mengetahui nama SSID di Android

  1. Buka Pengaturan atau Settings > tab pada Wi-Fi
  2. Nama SSID jaringan yang terhubung ke Android akan memiliki label Connected di bawahnya

Melihat nama SSID di iOS

  1. Buka Pengaturan atau Settings > pilih menu Wi-Fi
  2. Nama SSID yang tehubung akan ditandai. dengan tanda centang di sampingnya

Pertanyaan Seputar SSID

Bagaimana cara mengetahui SSID?

Buka daftar jaringan Wi-Fi yang ada di perangkat Anda untuk melihat SSID mana yang terhubung. SSID yang terhubung ini biasanya memiliki tanda ikon khusus, seperti tanda centang, ikon berwarna biru, atau tulisan Connected atau Terhubung.

Bagaimana cara menyembunyikan SSID Wi-Fi?

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian SSID Wi-Fi, jenis dan fungsi SSID pada Wi-Fi. Anda perlu mengetahui informasi ini karena penggunaan Wi-Fi sangat dekat dengan aktivitas online kita sehari-hari. Bahkan saat ini Anda mungkin akan sangat mudah menemukan jaringan Wi-Fi di tempat-tempat publik seperti rumah makan, cafe, kantor, bahkan rumah-rumah pribadi.

Tagged in:

, , ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles