Saat ini pasti Anda sudah akrab dengan internet untuk segala aktivitas sehari-hari, mulai dari media komunikasi, pendidikan, atau aktif sebagai media sosial. Sekarang susah menemukan orang yang tidak bergantung pada internet dalam laku kesehariannya. Berbicara soal jaringan internet maka tidak lepas dari istilah IP Address pula.

Apakah Anda mengetahui apa itu IP Address?

Perlu Anda ketahui bahwa IP address adalah hal yang penting dalam berjalannya jaringan internet. Bahkan ada anggapan bahwa jika tidak ada IP Address maka jaringan internet tidak akan berjalan sama sekali. Lalu seberapa pentingnya bagi berjalannya sebuah jaringan internet?

Berikut ini penjelasan tentang IP Address dan jenis-jenisnya yang perlu Anda ketahui agar bisa memaksimalkan penggunaan jaringan internet untuk aktivitas online sehari-hari.

Apa yang dimaksud dengan IP Address?

IP Address ilustrasi gambar utama

IP Address ilustrasi

Internet Protocol Address atau lebih sering disingkat IP Address adalah jumlah deret angka yang digunakan sebagai alat identifikasi sebuah perangkat jaringan komputer saat terhubung dengan jaringan internet. IP Address ini kemudian akan mengirim dan menerima informasi saat perangkat komputer Anda tersambung di jaringan internet.

Nah, jadi wajar saja jika internet tidak dapat berjalan lancar jika tidak ada IP Address. Bentuk Ip Address adalah sederet angka yang dipisahkan oleh titik titik. Seperti contoh IP Address yang sering kita temui di jaringan internet yakni 192.158.1.38. Sejumlah angka yang digunakan untuk membentuk IP Address adalah mulai dari 0 hingga 255.

Meskipun demikian, perlu Anda ketahui bahwa sederet angka pada IP Address bukanlah bersifat random, tetapi telah diatur secara matematis oleh versi IP Address yang kemudian disebut sebagai versi IPv4. Update terbaru versi IP Address adalah bernama IPv6 yang lebih sering dipakai sekarang.

Catatan: Versi IP Address adalah bentuk yang lebih variatif meskipun akan menciptakan alamat yang lebih banyak. Kombinasi angka yang lebih banyak menghasilkan jaringan yang lebih banyak pula. Misalnya dalam hal ini adalah Ipv6 bisa membuat sebanyak kurang lebih 4,3 miliar IP Address jaringan internet.

Jenis-jenis IP Address

IP Address bisa dibedakan berdasarkan cakupan, cara konfigurasi, dan daya tampungnya. Simak perbedaannya berikut ini.

Berdasarkan cakupan penggunaannya IP Address dibagi menjadi 2 jenis dalam penggunaan jaringan komputer sehari-hari sebagai berikut:

  1. IP Address Public: Jenis alamat IP yang bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet secara global atau lebih luas. Hal ini karena IP Address jenis ini bisa mengakses internet secara langsung tanpa syarat tertentu.
  2. IP Address Private: Jenis alamat IP yang bisa digunakan untuk jaringan internet lokal atau bersifat internal yang hanya bisa diakses pada lokasi tertentu saja.

Berdasarkan cara konfigurasi memperoleh IP Address dibagi menjadi 2 jenis sebagai berikut:

  1. IP Address Statis: Jenis alamat IP yang sudah dibuat secara manual dan tidak mungkin lagi akan berubah-ubah. Jenis IP Address ini biasanya diatur ada router tertentu agar mudah dikenali.
  2. IP Address Dinamis.

Sedangkan berdasarkan daya tampung atau jumlah perangkat yang terhubung, IP Address dibagi menjadi 2 sebagai berikut:

  1. IP Address V4 (IPv4): IP Address yang umum dipakai saat ini dengan 4 oktet yang mampu menangani 255 buah perangkat komputer atau perangkat lain didalamnya.
  2. IP Address V6 (IPv6): IP Address versi terbaru pada jaringan komputer untuk menjawab masalah keterbatasan daya tampung dari versi sebelumnya.

Tujuan dan Fungsi IP Address

Berikut ini fungsi dan tujuan dibuatnya IP Address menurut para ahli.

  • Menurut Wikipedia, server IP address memiliki dua fungsi utama, yang pertama mengidentifikasi host atau mengidentifikasi antarmuka jaringan, dan pengalamatan lokasi.
  • Avast.com menjelaskan fungsi IP address adalah untuk menangani koneksi antara perangkat yang mengirim dan menerima informasi melalui jaringan. Karena banyaknya pengguna internet, IP address dibuat secara unik untuk mengidentifikasi setiap perangkat di internet. Tanpa adanya IP address internet tidak bisa terhubung.
  • Situs Kaspersky.com mengungkapkan jika IP address adalah pengidentifikasi yang memungkinkan informasi dikirim antar perangkat di jaringan. Informasi yang dikirimkan memuat informasi lokasi dan membuat perangkat bisa diakses dan saling berkomunikasi.

Cara Kerja IP Address

Penggunaan IP Address terjadi tidak terlihat kasat mata. Ketika perangkat Anda terhubung ke internet, berikut cara kerja IP Address:

  1. Perangkat Anda secara tidak langsung terhubung ke internet melalui jaringan yang terhubung ke internet. Setelah terhubung secara otomatis memberikan izin perangkat untuk mengakses internet
  2. Perangkat Anda akan terhubung ke jaringan sesuai dengan provider internet yang Anda pakai
  3. Alamat IP akan ditetapkan ISP ke perangkat Anda
  4. Semua aktivitas yang Anda lakukan akan melewati ISP, dan ISP akan mengarahkannya kembali kepada Anda menggunakan IP Address. Pihak ISP merupakan penyedia layanan internet Anda, jadi ISP yang memiliki tugas menetapkan alamat IP ke perangkat Anda.
  5. IP address dari ISP tidak bersifat permanen, tetapi IP Address Anda dapat berubah. Perubahan IP akan terjadi ketika Anda mematikan atau menyalakan ulang modem/ router. Anda juga bisa menghubungi pihak ISP untuk mengubah IP address
  6. Saat Anda sedang bepergian, dan perangkat Anda terhubung ke jaringan internet publik (semisal: kafe, hotel, bandara) maka perangkat Anda akan memiliki IP address baru yang diberikan ISP dari jaringan internet publik tesebut

Cara Melihat IP Address

Untuk keperluan tertentu Anda mungkin butuh cara untuk melihat IP address perangkat.  Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini caranya:

Cek IP address di Google dan Website Cek Alamat IP

Cara yang paling mudah untuk mengetahui alamat IP. Cukup buka browser, buka google.com dan ketikkan ‘what is my ip address” di kotak pencarian.  Google akan menampilkan alamat IP yang Anda gunakan di bagian paling atas.

Selain menggunakan Google, Anda juga bisa mengunjungi website cek IP Adrress berikut ini:

  1.  https://whatismyipaddress.com/
  2. https://nordvpn.com/id/what-is-my-ip/
  3. https://www.whatismyip.com/
  4. https://www.ipaddress.my/
  5. https://www.expressvpn.com/what-is-my-ip

Baik Google dan website cek IP di atas akan menampilkan informasi yang sama. IP address Anda akan terlihat karena dengan mengunjungi situs tadi, router Anda akan membuat permintaan dan secara otomatis akan menampilkan informasi seperti nama provider, negara, dan lokasi ISP Anda lengkap dengan lokasi google mapsnya.

Dengan menggunakan cara di atas, lokasi perangkat yang ditampikan tidaklah akurat, hanya lokasi server provider berada saja. Lokasi fisik Anda  yang pasti disembunyikan dari pihak lain, dan hanya bisa dilihat oleh pihak ISP, itupun dengan surat perintah khusus.

Cek IP Address di Windows, MAC, Android & iPhone

Windows

  1. Buka CMD (command prompt), ketikkan “CMD” di kotak pencarian Windows
  2. Ketikkan “ipconfig” tanpa tanda koma untuk melihat informasi IP address dan jaringan Anda

Mac OS

  1. Buka System Preferences
  2. Pilih Network. Informasi IP Address akan ditampilkan

iPhone

  1. Buka Settings
  2. Pilih Wi-Fi dan tap ikon “i” di jaringan dimana Anda terhubung. Informasi IP address akan tampil dibawah tab DHCP

Android

  1. Buka Pengaturan atau Settings di Android
  2. Pilih menu About Phone > klik Status. Informasi IP Address yang Anda gunakan akan tampil lengkap bersama MAC addressnya

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian IP Address, jenis-jenisnya, fungsi, dan juga cara kerja IP address yang perlu Anda ketahui agar bisa memaksimalkan penggunaan jaringan internet.

Penggunaan IP Address ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna agar jaringan internet bisa tetap berjalan lancar dan stabil. Kita semua pasti sepakat bahwa untuk menuntaskan pekerjaan atau aktivitas secara online membutuhkan jaringan internet yang lancar dan stabil.

Tagged in:

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles