Bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis, terkadang sulit untuk memutuskan konten mana yang cocok dijadikan Feed dan konten mana untuk Stories.  Hal ini karena ada banyak beda Feed Instagram dan Stories, sebut saja ukuran konten, waktu tampil, dan potensi keterlibatan pemirsa akun Anda.

Konten Instagram Feed cocok untuk menjangkau pemirsa baru, meningkatkan kesadaran merek,  dan memikat pengikut baru. Sedangkan Instagram Stories yang berdurasi singkat dan menghilang setelah 24 jam menawarkan banyak fitur seperti poling, ajukan pertanyaan, sangat ideal untuk memancing interaksi dengan pengikut Anda.

Bila Anda mengetahui perbedaan ini, tentu saja konten Anda bisa lebih menarik untuk pemirsa dan keterlibatan pun akan meningkat, bukan?

Feed Instagram merupakan halaman profil utama Instagram Anda yang berisi konten foto dan video yang telah diposting. Semua foto dan video tersebut muncul di Feed pengikut Anda, serta hastag yang Anda tulis di dalam Post.

Anda bisa mengatur Feed sesuai dengan tema bisnis Anda. Hal ini karena kebanyakan orang akan melihat halaman profil Instagram Anda terlebih dulu sebelum mencari di Google ataupun mengunjungi website resmi bisnis Anda.

Jadi pastikan Feed Instagram Anda merepresentasikan merek Anda sebaik mungkin.

Instagram Stories atau sering disebut SG atau IG Story adalah format video atau foto vertical berdurasi 15 detik dan akan otomatis hilang setelah 24 jam diposting.  Bila Post Instagram tampil di Feed pengikut Anda, Stories akan muncul di bagian paling atas aplikasi Instagram.

Tidak seperti Post, Instagram Stories memiliki beragam fitur yang mendukung interaksi dengan pemirsa. Seperti stiker, mengajukan pertanyaan, poling, dan masih banyak lagi lainnya.  Anda bisa mencoba berbagai macam fitur di Stories untuk bereksperimen dengan pemirsa.

Beda Feed Instagram dan Stories

Ilustrasi via Pexels

Perbedaan Feed Instagram dan Stories

Dari penjelasan tadi, bisa disimpulkan perbedaan antara Feed dan stories di Instagram sebagai berikut:

Feed Instagram

  1. Instagram Feed adalah halaman profil Anda yang berisi foto dan video yang telah Anda posting
  2. Instagram Feed fokus pada estetika dan tema merek Anda
  3. Instagram Feed bertujuan untuk menyampaikan informasi, produk, dan representasi merek Anda
  4.  Instagram Feed berada di profil Anda selamanya, dan akan dilihat calon pelanggan Anda, jadi pastikan Feed Anda sesuai dengan merek yang ingin Anda tampilkan
  5. Konten Feed biasanya telah direncanakan jauh-jauh hari

Instagram Stories

  1. Format video atau foto dan akan otomatis menghilang setelah 24 jam
  2. Durasi maksimal Instagram Stories adalah 15 detik
  3. Tersedia berbagai macam fitur untuk mendorong keterlibatan dengan pemirsa Anda, seperti poling dan ajukan pertanyaan
  4. Anda bisa lebih santai mencoba konten baru, dan melihat bagaiman respon pemirsa

Baik Feed Instagram dan Stories, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda tinggal jeli memilih konten yang sesuai untuk diposting di Instagram Anda. Jangan takut untuk bereksperimen dengan jenis konten baru yang tesedia.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles