Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak penggunanya. Terlebih saat spesifikasi kamera HP semakin canggih dan kebanyakan orang menggunakannya untuk menyalurkan hobi fotografi. IG menjadi tempat terbaik untuk memamerkan hasil jepretan kamera mobile.

 

Artikel ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat dengan instagram.


Panduan Dasar

Tips dan Trik Instagram


Apa yang dimaksud dengan instagram? Ini pengertiannya

Instagram lebih sering disebut dengan istilah pendek IG atau insta. Definisi istilah ini mengacu pada aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan video, kemudian menerapkan filter digital, lalu membagikannya ke berbagai jejaring sosial.

Apa yang dimaksud dengan instagram? Ini pengertiannya.

IG juga berarti sebuah aplikasi media sosial yang bisa digunakan pada beragam smartphone seperti Android, blackberry, windows, hingga iPhone.

IG kini juga bisa digunakan pada komputer, laptop, atau PC. Meski begitu, fitur yang tersedia pada versi PC dan HP memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Satu hal yang menarik dan unik dari aplikasi ini adalah bisa digunakan untuk memotong foto menjadi bentuk persegi. Hasil foto pun terlihat seperti hasil jepretan kamera polaroid.

Sejarah instagram

Aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan Burbn, Inc. yang didirikan pada tahun 2010. Burbn, inc. merupakan perusahaan yang memusatkan diri pada pengembangan aplikasi untuk smartphone.

Pada awalnya, sang CEO, yakni Kevin Systrom dan Mike Krieger membuat aplikasi Burbn memiliki berbagai macam fitur namun belum sempurna. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menyempurnakannya dan mengurangi fitur-fitur yang ada.

Pada kelanjutannya, mereka hanya memfokuskan diri pada fitur foto, komentar, dan suka pada foto tersebut. Inilah yang selanjutnya dikenal sebagai IG.

Dari saat pertama kali dibuat dan diluncurkan, IG terus mengalami perkembangan dan makin disukai oleh para penggunanya. Hingga pada 9 April 2012, IG diambil alih oleh Facebook dengan pendanaan sebanyak 1 miliar dolar. Bentuknya tunai dan saham.

Kini, para pengguna yang memakai facebook juga bisa mengoneksikannya secara langsung pada IG. Postingan FB dan IG bisa saling terkait satu sama lain bila pengguna menghendakinya.

Selanjutnya, pada tahun 2016, tepatnya tanggal 11 Mei, instagram hadir dengan logo baru yang kekinian dengan warna yang cantik.

Asal kata instagram

Menurut bahasanya, instagram merupakan gabungan dari dua kata insta (instan) dan telegram. Insta merujuk pada kamera polaroid yang bisa menghasilkan foto secara instan. Sedangkan telegram merupakan cara mengirimkan informasi kepada orang lain secara cepat.

Fungsi instagram

Fungsi instagram

Berikut ini adalah beberapa fungsi IG:

Untuk berinteraksi sesama pengguna

Fungsi pertama yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah untuk berinteraksi secara sosial lewat media digital. Para pengguna bisa memanfaatkan fitur suka dan komentar untuk berinteraksi lewat konten yang diposting oleh pengguna lain.

Para pengguna juga bisa saling bertukar pesan lewat fitur DM atau Direct Message yang ada di aplikasi tersebut.

Tempat berbagi informasi

Di sini, pengguna bisa memposting banyak hal sesuai kehendak. Mulai dari tutorial, informasi terkini seputar daerah, info viral, review, dan yang lainnya.

Tujuan postingan ini beragam. Ada yang memang ingin membagikan informasi kepada orang lain atau sekedar melampiaskan keinginan untuk mencurahkan isi hati.

Yang jelas, saat postingan tersebut bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, maka ini akan menjadikannya sebagai informasi penting buat semua pengguna di IG.

Mencari informasi atau ilmu pengetahuan tertentu

Saat Anda membutuhkan sebuah informasi terbaru, IG juga menjadi platform yang cukup cepat dan tepat. Di sini ada fitur trending yang memudahkan pengguna menemukan informasi terbaru.

Selain itu, saat pengguna memerlukan informasi tertentu, mereka bisa memanfaatkan fitur pencarian. Sebagai contoh, saat membutuhkan resep makanan. Pengguna bisa mengetikkannya di kolom pencarian.

Nantinya akan muncul beberapa tagar dan akun di halaman pencarian. Pengguna bisa memilih salah satu dari hasil pencarian tersebut.

Sarana pemasaran

Sebagai media yang bisa digunakan untuk membagikan video dan foto, IG kini juga menjadi tempat terbaik untuk berjualan atau memasarkan produk. Ada banyak sekali akun toko online yang berlomba mendapatkan penjualan dari platform satu ini.

Biasanya, foto yang diunggah ke media sosial ini diberi watermark sebagai identitas atau copyright agar fotonya tidak digunakan oleh pengguna lain secara sembarangan.

Penjualan di IG juga tergolong mudah karena platform ini sudah terhubung dengan marketplace di Indonesia. Contohnya Shopee.

Rekomendasi tempat liburan

Saat berlibur, banyak pengguna IG yang mengabadikan momen liburannya dengan kamera. Nah, agar makin sempurna, mereka mengunggah momen tersebut di instagram dengan membubuhkan caption yang menarik.

Dari hasil gambar dan caption tersebut, Anda bisa menemukan rekomendasi tempat terbaik untuk berlibur.

Tips: Fungsi IG sangat beragam mengikuti fiturnya yang beragam pula. Di antara fitur yang tersedia di aplikasi ini adalah DM, posting foto dan video, filter, pengikut, bio, explore, search, caption, efek foto, label, tagar, dan yang lainnya.

Cara menggunakan instagram

Cara menggunakan instagram

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mulai menggunakan instagram:

Membuat akun

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mulai menggunakan IG adalah membuat akun terlebih dulu. Supaya bisa buat akun, silakan instal aplikasinya melalui Play Store atau App Store di smartphone Anda.

Bila proses instalasi selesai, silakan langsung klik Daftar dan isilah kolom yang tersedia dengan informasi yang benar. Anda mungkin butuh alamat email dan nomor HP aktif untuk melakukan pendaftaran. Silakan disiapkan dulu.

Memakai IG sebagai jejaring sosial

Setiap akun IG memiliki fitur follower atau pengikut sendiri-sendiri. Jika Anda ingin menggunakan IG sebagai media untuk berinteraksi secara sosial di dunia maya, maka silakan atur profilnya ke publik. Dengan begitu, Anda akan memperoleh teman dan pengikut yang banyak.

Namun, jika Anda ingin membatasi orang-orang yang bisa melihat profil, maka silakan setting private. Dengan begitu, Anda bisa berinteraksi dengan orang-orang yang terpilih saja.

Cara menerapkan filter dan edit postingan instagram

Setelah membuat akun, Anda bisa langsung mengunggah postingan dengan klik tombol + yang ada di aplikasinya. Silakan langsung unggah foto yang dipilih, terapkan filter untuk mengedit gambar supaya lebih bagus.

Tips: Anda bisa menggunakan aplikasi editing foto untuk menyesuaikan ukuran sebelum di upload.

Pengguna juga bisa mengatur ukuran gambar dengan zoom in atau zoom out. Isikan caption yang sesuai dengan isi gambar. Kemudian silakan diposting jika semuanya sudah siap.

Bagikan postingan ke orang lain

Pada saat memposting sesuatu, Anda juga bisa tag pengguna lain atau menyertakan tagar pada caption. Ini akan membuat postingannya memiliki jangkauan yang lebih luas.

Pengguna lain yang Anda tag atau mencari sesuai dengan tagar yang dituliskan di caption bisa melihat postingannya asalkan akun diatur publik.

Pengguna juga bisa membagikan link postingan ke media sosial lain untuk mendapatkan lebih banyak engagement.

Instagram stories

Selain feed, pengguna juga bisa membuat instastory. Di sini, ada banyak filter hingga boomerang. Selain foto, video, atau boomerang, pengguna bisa memposting teks hingga membuat polling tertentu.

Terakhir, instagram memang menjadi salah satu platform media sosial yang kaya akan fitur. Jadi, pembahasannya sangat kompleks mengikuti perkembangan aplikasinya.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles