Home » Sains » Sensex yang Mampu Mengirim Emosi Melalui Tangan

Sensex yang Mampu Mengirim Emosi Melalui Tangan

sensex
Sensex Ultra Haptics (gambar : university of sussex

Para ilmuwan Inggris telah mengembangkan sistem yang mereka klaim dapat digunakan untuk membuat pengguna mengalami emosi tertentu. Hal tersebut dilakukan tanpa menyentuh bagian tubuh seseorang. Alat itu dikenal dengan sebutan Sensex. Perangkat yang terdapat pada Sensex merupakan sebuah sistem yang menggabungkan teknologi Ultra Haptics. Dengan menggunakan array bertahap dari emitter ultrasonik untuk menghasilkan titik fokus. Kemudian dikendalikan oleh energi ultrasonik dengan memberikan tekanan radiasi yang cukup dapat dirasakan oleh kulit manusia. Dengan kata lain, Sensex memberikan sensasi menyentuh atau disentuh oleh sebuah obyek tak terlihat yang mengambang di udara.

Untuk membuktikan teori ini, peneliti mengadakan ujicoba terhadap beebrapakelompok peserta. Mereka diminta untuk menggunakan Sensex pada tangan dengan bantuan gambar. Kelompok pertama dipersilahkan untuk melihat 5 gambar yang berbeda. Seperti pemandangan, arung jeram, pemakaman, mobil terbakar, dan jam dinding. Kemudian membuat rangsangan tangan dengan Sensex Ultra Haptics. Tujuannya adalah untuk merasakan emosi yang keluar saat melihat gambar panduan. Mereka diberi kebebasan untuk menyesuaikan parameter Sensex. Seperti posisi, arah, frekuensi, intensitas dan durasi dari rangsangan ultrasonik.

Setelah kelompok pertama keluar, kini giliran kelompok kedua yang harus merasakan Sensex. Mereka diperlihatkan gambar yang sama dengan gambar yang telah diperlihatkan pada kelompok pertama. Kemudian mereka diinstruksikan untuk memilih 2 emosi dari 5 gambar yang tersedia. Kelompok ketiga juga diberi panduan gambar yang sama dengan kelompok sebelumnya. Namun, mereka harus memberi peringkat untuk masing-masing emosi yang dirasakan setelah melihat gambar tersebut.

Penelitian yang dilakukan di University of Sussex ini dipimpin oleh Dr Marianna Obrist. Dia mengatakan bahwa Sensex dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi. Alat ini memiliki kemampuan untuk mengirim “pesan emosi” untuk orang lain tanpa bersentuhan. Awalnya para peneliti ini yakin bahwa emosi berbeda akan timbul setelah mereka mendapatkan rangsangan terhadap tubuh. Namun setelah ujicoba dilakukan, mereka sangat yakin jika Sensex mampu mentransmisikan emosi seseorang melalui gerakan tangan. Bahkan peneliti yakin jika teknologi Ultra Haptics yang diterapkan pada Sensex mampu diterapkan pada film dan game.

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.