Password Alert pada Chrome untuk Mencegah Phishing

Cyber crime semakin hari semakin banyak, namun tumbuh kembangnya kejahatan ini juga beriringan dengan peningkatan kualitas keamanan. Seperti yang sedang dilakukan Google terhadap browser andalannya, Google Chrome. Kemarin Google mengumumkan bahwa mereka baru saja menambah ekstensi baru pada mesin pencarinya itu. Ekstensi baru Google Chrome tersebut dinamakan Password Alert. Dimana tujuannya adalah untuk melindungi pengguna Google Chrome dari tindakan phishing oleh para hacker.

Salah satu bentuk phishing yang sering terjadi adalah pencurian rekening melalui sebuah akun email. Mirisnya  tindakan phishing yang dilakukan oleh hacker bukan menggunakan teknik hacking yang tinggi. Melainkan menggunakan cara-cara sederhana. Seperti mengirim pesan melalui email ke beberapa akun secara random. Email tersebut berisi link mencurigakan, yang bila diklik akan langsung mengarah pada perangkap yang telah disediakan hacker. Secara otomatis semua informasi yang ada dalam email seseorang dengan mudahnya diakses. Sehingga semua data-data rahasia, termasuk rekening tabungan juga bisa dibobol. Untuk itulah Password Alert dari Google Chrome diciptakan.

Dijuluki Password Alert karena mampu mendeteksi jika Anda sedang menggunakan akun Google Anda saat membuka situs non Google. Setiap kali Anda login dengan akun Google untuk masuk ke situs apapun selain accounts.google.com, Password Alert ini akan memberitahu Anda bahwa password Anda mungkin perlu diatur ulang. Anda kemudian dapat memilih password baru (dari delapan karakter atau lebih). Atau Anda bisa mengabaikan peringatan jika Anda yakin Anda sudah tidak di-hack. Namun bila Anda tidak menyukai Password Alert, Anda boleh saja menonaktifkan ekstensi baru ini.

Sumber : PCMag Asia

DON'T MISS

Tulis Komentar