Pabrik Haier di Indonesia Bakal Ekspor Produk 4G ke Malaysia dan Filipina

Haier, meskipun namanya kurang populer di Indonesia, namun perusahaan asal China ini tetap membangun pabriknya di Indonesia untuk memenuhi peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri yang akan diterapkan 2017 mendatang. Berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, pabrik ini akan beroperasi bulan Mei 2015.

Pabrik Haier itu nantinya selain memproduksi ponsel juga akan memproduksi berbagai produk seperti modem WiFi, dan sebagainya. Namun pabrik ini akan digunakan untuk memproduksi ponsel 4G LTE lebih dulu, yang akan mulai dilakukan bulan Mei 2015. Haier sendiri dalam memproduksi ponsel akan bermitra dengan Smartfren. Tahap awal, pabrik Haier akan segera memproduksi tiga perangkat yang 2 diantaranya adalah smartphone pesanan Smartfren. Ketiga produk ini diharapkan bisa diperkenalkan pertengah tahun 2015.

Berbeda dengan kebanyakan vendor yang hanya membangun pabrik di Indonesia untuk memenuhi aturan TKDN, Haier justru sudah memiliki rencana untuk mengekspor produk mereka keluar Indonesia tahun depan. Beberapa negara seperti Malaysia dan Filipina disebut-sebut sebagai tujuan ekspor Haier. Hal ini diungkapkan oleh GM Overseas Haier, Wang Zhan Zhong seperti dikutip dari DetikInet (29/04/2015).

Pabrik Haier di Indonesia memiliki kapastias produksi 125 ribu unit per bulan. Pabrik ini mempekerjakan 1.119 karyawan Indonesia dan 2 karyawan asing.

DON'T MISS

Tulis Komentar