Home » Sains » Roket Penangkap Petir Pertama Kalinya di Dunia

Roket Penangkap Petir Pertama Kalinya di Dunia

Para peneliti dari Southwest Research Institute sedang melakukan penelitian tentang petir. Mereka ingin menangkap gambar petir dari jarak dekat. Untuk memuluskan penelitiannya itu, para peneliti meluncurkan sebuah roket penangkap petir. Dengan harapan dapat melihat dan mendokumentasikan gambaran petir yang sesungguhnya saat dilihat dari jarak dekat. Roket penangkap petir ini adalah roket pertama dan satu-satunya di dunia.

“Sementara kita memahami mekanisme umum kinerja petir, masih tidak jelas proses fisik debit petir berkontribusi terhadap kilat,” kata Dr Maher A. Dayeh, seorang ilmuwan penelitian di SwRI Space Science dan Divisi Teknik. “Pendengar A merasakan petir sebagian besar didasarkan pada jarak dari kilat. Dari dekat petir seperti memiliki retakan di langit, namun juga dapat menghasilkan gemuruh.

Untuk memulai penelitian, para peneliti ini langsung menuju ke pusat penelitian dan pengujian petir di Universitas Florida. Saat para peneliti ini melihat sebuah awan petir aktif, mereka langsung menuju ke tempat roket penangkap petir berada. Di saat itu juga tim peneliti yang dipimpin Dr. Dayeh meluncurkan roket penangkap petir ke awan petir yang terlihat sedang aktif.

Kemudian untuk dapat menangkap suara gemuruh yang dihasilkan petir. Timpeneliti telah merancang sebuah array yang sangat canggih. Array tersebut terbuat dari 15 mikrofon dengan 95 lineup dari landasan roket penangkap petir. Dengan adanya perangkat ini, peneliti berhasil membuat gambaran secara vertikal tentang fenomena alam ini.