Home » Internet » Cyber Life » Cina Tingkatkan Cyber Attacks dengan Great Cannon

Cina Tingkatkan Cyber Attacks dengan Great Cannon

great-cannon-cyber-attacks
great cannon cyber attacks (gambar : demdigest)

Baru-baru ini Cina meningkatkan aktivitas cyber attacks dengan menggunakan Great Cannon. Sasaran mereka adalah orang-orang yang berada di luar perbatasan. Cyber attacks dengan menggunakan Great Cannon ini dilakukan dengan cara membajak lalu lintas ke alamat IP pada masing-masing individu. Untuk kemudian secara sengaja mengganti konten terenkripsi sebagai “man in the middle”.

Langkah cyber attack yang dilakukan Cina merupakan serangan balasan kepada GitHub dan GreatFire.org. Great Cannon digunakan untuk mencegah lalu lintas kedua situs tersebut ke server Baidu. Aktivitas cyber attacks yang dilakukan Cina bukanlah hal baru. Namun, penggunaan Great Cannon merupakan ekskalasi signifikan dalam kontrol informasi untuk tingkat negara bagian.

Citizen Lab menuding pemerintah Cina telah sengaja melakukan cyber attacks. Mereka menganggap Great Cannon yang diluncurkan Cina membahayakan bagi Amerika. Citizen Lab mengungkapkan bahwa Great Cannon tersebut datang bersama Great FireWall (GFW). Keduanya memiliki tipe yang sama pada TTL side channel. Yang menunjukkan bahwa mereka telah berbagi kode sumber. Gerakan cyber attacks ini pun dianggap sebagai tidakan perlawanan Cina terhadap hegemoni Amerika serikat di dunia maya.

Sumber : asia.pcmag

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>