Manipulasi Gen pada Pohon Poplar di Manchester

Para ilmuwan dari Universitas Manchester sedang melakukan ujicoba pada pohon poplar. Mereka melakukan manipulasi gen pada pohon poplar. Tujuannya untuk membuat pertumbuhan pohon lebih cepat dan lebih besar dari biasanya. Sehingga dapat menigkatkan pasokan sumber daya dan membantu pohon dalam mengatasi perubahan iklim.

Dalam studi yang dipublikasikan di Current Biology, tim peneliti berhasil melakukan manipulasi gen pada pohon poplar. Mereka memanipulasi 2 gen pohon poplar. Penelitian tersebut dipimpin oleh Prof. Turner dari fakultas Life Sciences. Dia menyebutkan bahwa telah mengidentifikasi dua gen yang mampu mendorong pembelahan sel di batang dan menimpa pola pertumbuhan normal.

Profesor Turner juga mengatakan bahwa manipulasi gen pada poplar masih harus diujicoba kembali di lapangan. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan pohon yang tumbuh lebih cepat. Sehingga dapat memberikan kontribusi dalam  memenuhi kebutuhan pohon. Seperti meningkatkan biomassa tanaman sebagai sumber biofuel, bahan kimia dan bahan untuk meminimalkan pelepasan CO2 lebih lanjut ke atmosfer.

Dua gen pada pohon poplar yang sedang diuji ini adalah PXY dan CLE. Dua gen itulah yang mengontrol pertumbuhan batang pohon selama ini. Ketika dua gen tersebut dimanipulasi, mereka lebih aktif daripada dalam keadaan normal. Manipulasi gen menyebabkan pohon-pohon tumbuh dua kali lebih cepat seperti biasa dan lebih tinggi, lebih luas dan memiliki daun yang lebih lebat dari sebelumnya.

Sumber : R&D Magazine

DON'T MISS

Tulis Komentar