Home » Sains » Alat Portabel ini Mampu Memprediksi Wabah Flu Burung

Alat Portabel ini Mampu Memprediksi Wabah Flu Burung

alat-portabel-ini-mampu-memprediksi-wabah-flu-burung
wabah flu burung dapat diprediksi dengan alat portabel (gambar : foxnews)

Peneliti dair U of G telah berhasil menciptakan sebuah alat portabel. Alat ini mampu memprediksi wabah flu burung pada unggas. Alat portabel ini menggunakan sampel darah kecil yang bergantung pada perubahan warna kimia yang mudah untuk diamati. Dengan alat portabel ini, seseorang bisa dengan mudahnya mendeteksi wabah flu burung secara real time. Tidak hanya itu, alat ini juga mampu mendeteksi strain virus apa saja yang terkontaminasi.

Sebelum ditemukannya alat portabel ini, tim laboratorium memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasilnya. Setelah sampel darah dikirimkan ke laboratorium, diperlukan waktu 8 jam hingga beberapa hari untuk melihat hasil tes. Beberapa pihak menyatakan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil pengujian lab terlalu lama. Karena setiap orang yang terinfeksi wabah flu burung, idealnya harus segera dilakukan penanganan.

Oleh karena itulah alat portabel ini diciptakan. Karena dengan alat ini, dibutuhkan setidaknya 2-3 menit untuk melihat hasilnya. Ini lebih cepat dari temuan sebelumnya. Selain itu, alat ini juga tidak memerlukan biaya mahal.

Keunggulan lain dari alat portabel tersebut adalah user friendly. Artinya, alat ini mudah digunakan oleh siapa saja. Bahkan bagi orang yang tidak memiliki ilmu kedokteran. Karena perubahan warna yang terjadi sangatlah mudah untuk dibedakan. Apakah strain virus yang terdeteksi adalah strain burung atau strain manusia.

Perangkat portabel ini menggunakan nanopartikel emas (partikel mikroskopsis). Dimana terdapat titik-titik kuantum yang mampu mengeluarkan sinar. Nanobiosensor dapat mendeteksi strain H5N1 dan H1N1. Subtipe H1N1 adalah strain manusia, sedangkan sebagian dari H5N1 dapat dipastikan strain burung.

Sumber : sciencedaily

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Have your say!

0 0

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Lewat ke baris perkakas