Meskipun Sudah di Factory Reset, Data Android Masih Bisa Diambil

0 56

Bagi Anda yang ingin menjual atau mungkin memberikan smartphone Android ke orang lain, factory reset atau reset ulang pabrik akan Anda lakukan. Namun mulai saat ini, Anda harus waspada karena sebenarnya memori Anda ternyata masih menyimpan data-data yang sudah Anda hapus tadi.

Dilansir dari ArsTechnica, para peneliti dari Cambridge Universiy telah menemukan kecacatan fitur factory reset dan fitur tersebut tidak bekerja sesuai dengan yang diharapakan.

Mereka menelitinya dengan mengetes fitur factory reset di 21 smartphone yang berjalan dengan OS Android versi 2.3.x sampai 4.3. Dari hasil pengujian tersebut, ditemukan bahwa semua perangkat ternyata setidaknya masih menyimpan beberapa bagian dari data lama, termasuk foto, video, SMS, email, serta informasi sms yagn disimpan dalam aplikasi pihak ketiga, seperti Facebook dan juga WhatsApp.

Peneliti juga bisa mengakses data meskipun memori sudah dilindungi oleh enkripsi penuh. Yang lebih parahnya lagi, 80% perangkat yang mereka uji, meninggalkan master token yang dibutuhkan untuk mengakses data pengguna Google.

Dari hasil penelitan, para peneliti memperkirakan setidaknya 500 juta perangkat mungkin tidak secara penuh menghapus partisi disk, serta 630 juta perangkat juga tidak menghapus kartu SD internal yang sering digunakan untuk menympan gambar dan video.

DON'T MISS Artikel lain