Home » Internet » Cyber Life » Tanpa ‘BaBiBu’, Seniman Jual Foto Instagram Orang Seharga Rp 1,1 Miliar

Tanpa ‘BaBiBu’, Seniman Jual Foto Instagram Orang Seharga Rp 1,1 Miliar

Pameran foto Richard Prince
Pameran foto Richard Prince (Gambar: Legionofleia)

Sudah cantik-cantik dandan tapi fotonya dicuri orang, dijual dengan harga selangit lagi. Kejadian ini dialami oleh akun Instagram @Doedeere. Koleksi foto Instagram-nya di jual tanpa ijin oleh seorang seniman asal New York, Amerika Serikat dengan harga sekitar Rp 1,1 Miliar.

Seniman bernama Richard Prince mengaku hanya mengambil sejumlah postingan dari aplikasi Instagram dan mencetaknya ke dalam ukuran besar. Parahnya, Richard langsung memamerkan 37 foto hasil comotnya tanpa bertanya kepada pemilik foto, apakah mengijinkan untuk dipamerkan atau tidak.

Bahkan, beberapa foto sudah dipamerkan pada akhir tahun 2014 lalu dan baru-baru ini sisanya ada yang dijual di pameran Frieze Art Fair, New York. Untungnya, salah satu teman dari Doedeere melaporkan bahwa fotonya sedang diikutkan pameran di Frieze Art Fair. Sontak dia marah dan mengatakan kepada follower Instagram-nya bahwa Richard tidak meminta ijin untuk menggunakan fotonya di pameran itu.

“Ya, potret saya ditampilkan di Frieze Gallery, New York. Itu hanya screenshot (bukan lukisan) dari posting-an asli saya. Saya tidak memberikan ijin kepada Richard Prince untuk memajangnya di pameran. Ini sudah dijual (US$ 90 ribu, saya sudah diberitahu),” tulis pemilik akun @Doedeere, seperti disadur dari Liputan6.

Written by
It’s not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for - Robert Kiyosaki

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>