Home » Tech News » Robot Asal Inggris Ini Akan Cari Tanda Kehidupan di Mars

Robot Asal Inggris Ini Akan Cari Tanda Kehidupan di Mars

Robot Asal Inggris Ini Akan Cari Tanda Kehidupan di Mars (Gambar: Techtimes)
Robot Asal Inggris Ini Akan Cari Tanda Kehidupan di Mars (Gambar: Techtimes)

JATIMETCH.com – Inggris membuat robot untuk mendeteksi tanda-tanda kehidupan di planet Mars. Robot ini dirancang di Stevenage, Inggris oleh Airbus Defence and Space. Robot ini akan melalui pengujian akhir untuk percobaan khusus pada bulan April. Robot bernama Bruno ini merupakan salah satu dari tiga prototipe Bridget dan Bryan.

Robot ini mempunyai misi selama dua tahun, yang mana dilengkapi otak berkapasitas besar untuk mencari tanda-tanda kehidupan melalui sampel tanah dan mengambil gambar warna lanskap, dilansir dari Techtimes, Sabtu (26/03/2016).

Cordey juga memperingatkan bahwa robot ini dapat mengirimkan informasi dari Mars hanya dalam jangka waktu 40 menit saja, informasi ini dikirim melalui sinyal radio yang sudah dipasangkan pada salah satu bagian yang ada di robot itu. Jadi rover ini dirancang untuk menjadi robot semi-otonom.

Robot ini diharapkan memiliki kapasitas unik untuk membangun peta 3D sendiri sekitarnya, garis jalan sendiri serta dapat mengarahkan sendiri.

Sayangnya robot ini juga mempunyai sedikit keterbatasan, yang mana dapat bingung dengan bayangan yang dibentuk oleh gua-gua dan kawah yang ada di planet merah itu.

“Untuk menjelajahi permukaan Mars, memang lebih efisien dengan menyertakan manusia, oleh karena itu kita perlu bantuan para astronot di ISS untuk terus memantau robot ini” kata Jeremy Close selaku direktur komunikasi dari Airbus Defence and Space.

Have your say!

0 0