Home » Tech News » Wee-G Sensor, Alat Deteksi Minyak dan Terowongan Bawah Tanah

Wee-G Sensor, Alat Deteksi Minyak dan Terowongan Bawah Tanah

Wee-G Sensor, Alat Deteksi Minyak dan Terowongan Bawah Tanah (Gambar: Techtimes.com)
Wee-G Sensor, Alat Deteksi Minyak dan Terowongan Bawah Tanah (Gambar: Techtimes.com)

JATIMTECH.com – Akhir-akhir ini ilmuwan sedang sibuk mengembangkan alat pendeteksi bawah tanah. Nantinya alat canggih ini dapat mengeksplorasi benda-benda yang ada di perut bumi lebih detail dibandingkan dengan alat-alat yang sekarang ini digunakan, dilansir dari Techtimes, Jumat (01/04/2016).

Alat ini di beri nama Wee-G Sensor yang mana dapat berfungsi untuk mendeteksi terowongan bawah tanah bahkan dapat pula untuk mengukur kandungan minyak yang ada di diperut bumi. Sebetulnya sistem yang digunakan alat ini dirancang sama dengan sistem yang digunakan oleh accelerometers yang ada di ponsel. Sistem ini sering atau biasa kita sebut sebagai sistem micro-electromechanical systems (MEM’s).

Selain accelerometers ada juga alat sejenis yang disebut Gravometers, namun desain dari alat ini kurang praktis dan sangat mahal, oleh karena itu penggunaan alat ini benar-benar masih dibatasi untuk saat ini.

Ilmuwan menemukan desain baru yang jauh lebih cepat, akurat, dan lebih murah daripada model sebelumnya. Desain The Wee-G Sensor yang dikembangkan ini hanya berukuran sekitar 0,0009 gram.

Nantinya The Wee-G Sensor dapat digunakan untuk menemukan terowongan yang digunakan oleh penyelundup, dapat pula digunakan untuk mendeteksi barang-barang selundupan yang sekarang ini rawan terjadi di perbatasan internasional.

Tidak hanya itu, The Wee-G Sensor kabarnya juga dirancang untuk menemukan mengukur deposit minyak yang ada di perut Bumi tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pengeboran yang notabene merusak lingkungan.

Bagi sobat yang penasaran dengan alat ini dapat langsung kunjungi jurnalnya di samping ini Journal Nature.

Saya adalah seorang mahasiswa yang lagi belajar menulis, jadi untuk lebih membangun dan memperbaiki tulisan saya, mohon kritik dan saran dari Anda. Terimakasih ...

1 Comment

  1. bisa di hubungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>