Tak usah ribet! Pakai saja aplikasi aksara Jawa bila ingin menulis atau translate tulisan latin ke huruf hanacaraka. Anda tinggal memilih APK-nya di Play Store sesuai kebutuhan.

 

Macam-macam aplikasi penerjemah aksara Jawa

Belajar hanacaraka semakin mudah dengan hadirnya aplikasi. Lewat aplikasi, huruf hanacaraka yang juga sering disebut carakan bisa dipelajari, ditulis, atau bahkan dikonversi ke latin dengan cepat dan mudah.

Tips: Masing-masing aplikasi yang ada di Play Store tersebut menawarkan fitur yang berbeda. Oleh karena itu, pemanfaatannya pun berbeda, tergantung pada profil penggunanya.

Sebagai contoh, jika Anda masih belajar huruf carakan, maka aplikasi-aplikasi ringan berisi materi pelajaran bisa jadi pilihan. Namun, bila sudah mahir menulis jawa dan ingin berkomunikasi dengan teman menggunakan hanacaraka, Anda bisa mengunduh versi keyboard-nya ke Android.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa review aplikasi yang ada di Play Store. Silakan cek sebagai bahan pertimbangan saat memilih aplikasinya nanti.

Rekomendasi Aplikasi translate aksara jawa (huruf dan konversi)

Di bawah ini adalah pilihan aplikasi yang berisi materi sekaligus bisa digunakan untuk mengonversi:

1. Aksara Jawa: APK lengkap berisi materi dan translate hanacaraka

Gambar: Tampilan dan fitur Aksara Jawa

Yang Kami Suka Yang Kami Tidak Suka
  • Tersedia informasi jenis-jenis aksara
  • Tampilan antarmuka yang jelas dan sangat mudah dinavigasi
  • Tersedia keyboard Aksara Jawa
  • Bisa menyimpan hasil translate dalam bentuk gambar dan tersimpan di galeri
  • Sering terjadi bug force close (menutup paksa) aplikasi
  • Terlalu banyak iklan yang muncul
  • Tidak bisa menyalin hasil translate aksara jawa ke clipboard

Aplikasi pertama ini sangat direkomendasikan untuk belajar hanacaraka karena tergolong lengkap. Tak hanya materi, di sini Anda bisa melakukan konversi dari latin ke aksara atau sebaliknya.

Untuk versi materi juga sudah dikategorikan dengan baik lewat menu:

  • Aksara jawa.
  • Sandhangan.
  • Aksara murda.
  • Aksara swara.
  • Wilangan.
  • Aksara rekan.

Materi yang disampaikan di menu tersebut juga tergolong jelas dan mudah dipahami karena dilengkapi dengan contoh. Aplikasi ini sudah dipasang lebih dari 1 juta kali dengan bintang 4,2 dari 5 di Play Store. Bintang tersebut didapatkan dari sekitar 5 ribu ulasan yang masuk.

2. Nulis Aksara Jawa: Untuk translate, mengetik, lalu dibagikan

Gambar: Tampilan dan fitur Aksara Jawa Nulis Aksara Jawa Ketik Konversi

Aplikasi berukuran 18 MB ini bisa digunakan untuk konversi dan mengetik hanacaraka. Jika Anda memilih menu “konversi”, maka berarti Anda harus mengetikkan kata yang ingin diterjemahkan ke huruf jawa pada kolom yang tersedia.

Hasil aksaranya akan langsung terlihat pada kolom yang ada di bagian bawah.

Sementara itu, menu “mengetik” sangat cocok digunakan untuk menulis menggunakan hanacaraka. Tentu saja disesuaikan dengan keahlian Anda. Bila sudah selesai menulis, silakan klik salin untuk dibagikan.

APK ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan bintang 4,3 dari 5. Total ulasannya sebanyak 7 ribuan di Play Store.

3. Menulis Aksara Jawa Kuno: Aplikasi simpel khusus menerjemahkan Aksara Jawa

Gambar: Tampilan dan fitur Menulis Aksara Jawa Kuno

Pada apps ini terdapat dua pilihan menu utama, yakni Latin ke Aksara dan Aksara ke Latin. Sesuai dengan namanya, jika memilih opsi pertama Anda tinggal memasukkan teks dengan huruf alfabet biasa. Sedangkan jika memilih opsi kedua, Anda tinggal menuliskan aksara jawanya.

Pada dasarnya, APK ini khusus untuk konversi. Anda pun tidak bisa menyalin hasil konversi apalagi membagikannya.

Saat ini, dia sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali dengan total ulasan kurang dari 100. Bintang yang didapatkan adalah 4,2 dari 5 di Play Store.

4. aksårå: Bisa konversi ke semua jenis teks

Gambar: Tampilan dan fitur aksårå

Jika Anda mencari aplikasi untuk menerjemahkan aksara jawa yang lengkap tapi simpel, maka APK ini adalah pilihan yang pas. Ukurannya ringan dan bisa digunakan untuk mengonversikan teks alfabet ke beberapa jenis teks lainnya, termasuk carakan.

Anda tinggal download aplikasi aksara jawa dan pasang ke HP. Kemudian buka aplikasinya dan masukkan teks latin ke kolom yang tersedia. Jangan lupa ubah pilihan aksaranya. Kemudian salin dan bagikan hasil konversinya yang ada di kolom bagian bawah.

Sebanyak lebih dari 10 ribu orang sudah memasang aplikasi ini. Ulasan dari penggunanya pun bagus dengan bintang 4,0 dari 5.

Keyboard untuk menulis hanacaraka di HP

Berikut ini APK yang bisa digunakan untuk mengetik carakan di Android:

5. Keyboard Aksara Jawa: Bisa mengetik hanacaraka di berbagai platform

Gambar: Tampilan dan fitur Keyboard Aksara Jawa

 

Jika Anda sudah hafal dan mahir baca tulis hanacaraka, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan. Dengan keyboard ini Anda bisa menulis huruf Abc dan hanacaraka secara bergantian. Pemakaian keyboard-nya tergolong mudah karena interface-nya sederhana dan jelas.

Keyboard ini memungkinkan Anda menulis note, status WA, atau mengirim pesan menggunakan huruf hanacaraka. Sangat unik dan asyik.

Saat ini total uduhan keyboard jawa ini sudah lebih dari 100 ribu. Bintangnya adalah 3,8 dari 5 dengan total ulasan kurang dari seribu di Play Store.

Aplikasi tulisan aksara jawa (pembelajaran materi dan evaluasi)

Jika Anda masih belajar hanacaraka, berikut ini pilihan aplikasi yang isinya adalah materi pembelajaran:

6. Belajar Lengkap Aksara Jawa: Materi carakan buat si audio visual

Gambar: Halaman awal Belajar Lengkap Aksara Jawa

 

Sesuai dengan namanya, fokus aplikasi ini adalah untuk belajar. Isinya adalah materi belajar hanacaraka yang meliputi:

  • Nglegena.
  • Pasangan.
  • Aksara murda.
  • Aksara swara.
  • Sandhangan.
  • Angka jawa.
  • Aksara rekan.
  • Tanda baca.

Masing-masing menu memberikan materi secara detail. Konsep aplikasinya hampir sama dengan aplikasi alquran offline yang berisi murrotal MP3, yakni tersedia penjelasan dalam format audio.

7. Aksara Jawa: Pembelajaran hanacaraka untuk SMA

Gambar: Halaman awal Aksara Jawa

 

Nama aplikasinya memang terdengar umum, tapi begitu dibuka sebenarnya apps ini untuk anak SMA kelas X yang sedang belajar bahasa daerah. Khususnya adalah carakan. Terdapat beberapa menu yang bisa dijadikan bahan belajar, di antaranya materi dan evaluasi.

Saat ini, apps ini sudah diunduh lebih dari seribu kali dan bisa dipasang pada Android bersistem operasi 4.0 ke atas.

8. Aksara Jawa, Javanese Alphabet Cheat Sheet: Buku saku carakan simpel

Gambar: Aksara Jawa Javanese Alphabet Cheat Sheet

Sesuai dengan namanya, isi aplikasi ini sebenarnya adalah ringkasan materi hanacaraka. Cakupannya adalah carakan, pasangan, dan sandangan.

APK ini cocok digunakan sebagai alat bantu saat Anda sedang menulis huruf carakan tapi lupa aksaranya, pasangannya, atau sandangannya.

Karena isinya simpel, ukurannya pun sangat ringan. Hanya sekitar 2 MB saja.

Saat ini, Javanese Alphabet Cheat Sheet ini sudah diunduh lebih dari seribu kali dan mendapatkan bintang 4,3 dari 5 di Play Store.

9. Hanacaraka: APK materi dan evaluasi

Gambar: Tampilan aplikasi Hanacaraka

APK ini berisi materi yang bisa digunakan untuk belajar hanacaraka. Saat dibuka, Anda akan menemui menu:

  • Daftar huruf.
  • Daftar aturan.
  • Latihan.
  • Evaluasi.
  • Matikan suara.
  • Tentang aplikasi.
  • Keluar.

Untuk mulai belajar, Anda bisa membuka menu daftar huruf. Di dalamnya, terdapat menu lengkap pembelajaran yang mencakup aksara:

  • Carakan.
  • Swara.
  • Rekan.
  • Murda.
  • Wilangan.

Meski sangat simpel, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali dengan rating 4,3 dari 5. Yang perlu diperhatikan, pastikan bahwa spesifikasi HP Anda sesuai dengan aplikasinya sebelum melakukan pemasangan.

10. Marbel Hanacaraka: Aplikasi Aksara Jawa yang cocok untuk anak-anak

Gambar: Salah satu materi di Marbel Hanacaraka Belajar Aksara Jawa

Marbel atau Mari Belajar Hanacaraka ini merupakan APK yang sangat direkomendasikan buat belajar anak-anak. Intinya, apa yang ada di dalamnya sangat cocok untuk mengenalkan huruf carakan kepada anak SD.

Fitur dasarnya berupa materi belajar mengenai aksara, pasangan, dan sandangan. Agar menarik, ada opsi permainan menggunakan hanacaraka.

Permainan dasarnya berupa Puzzle dan Tebak Aksara. Kalau mau permainan lain, Anda perlu menukarkan bintang untuk membuka kunci.

Marbel Hanacaraka ini full musik. Jadi, yang belajar menggunakannya cenderung tidak akan bosan apalagi mengantuk.

Saat ini, aplikasinya sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali dengan bintang 4,4 dari 5. Total ulasannya hampir 800.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi aksara jawa yang bisa Anda pasang di smartphone. Silakan pilih berdasarkan kebutuhan. Apakah baru mau belajar atau untuk mengonversikan aksara secara instan.

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Aksara Jawa

Dimana download aplikasi Aksara Jawa?

Bagi Anda pengguna ponsel Android, silakan mendownload aplikasi aksara Jawa melalui Play Store. Ketikkan aksara jawa di halaman pencarian lalu akan muncul daftar aplikasinya. Untuk melihat rekomendasi, silakan baca artikel di Jatimtech.com.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Aksara Jawa?

Untuk menggunakan aplikasi Aksara Jawa mulai dengan mempelari jenis Aksara Jawa. Jika Anda sudah paham jenisnya, Anda bisa mengubah huruf latin ke Aksara Jawa atau sebaliknya di tab bagian bawah aplikasi. Petunjuk lengkap penggunaan aplikasi bisa dilihat di menu Help.

Adakah aplikasi Aksara Jawa yang bisa difoto?

Saat ini masih belum ada aplikasi aksara Jawa yang mendukung foto menjadi Aksara Jawa. Aplikasi yang tersedia di Play Store hanya mendukung konversi dengan input ketikan huruf latin dan aksara Jawa.

 
Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles