Dari pada nganggur, mending pakai HP lama Anda untuk memonitor rumah via aplikasi CCTV yang bisa diunduh gratis di Play Store. Apps ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman selama rumah ditinggalkan.

 

Baca juga: Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik

Zaman memang sudah makin canggih. Alih-alih menggunakan kamera CCTV yang harganya mahal, Anda kini bisa pakai Android lama yang sudah diinstali CCTV apps. Hasilnya sama, ruangan yang berada di luar jangkauan tetap bisa dimonitor dengan baik.

Untuk memanfaatkan apps ini, Anda butuh 2 perangkat HP, tablet, atau PC. Perangkat pertama, tugasnya menjadi kamera pengintai. Sedang perangkat kedua adalah viewer. Nah, tugas aplikasinya adalah menghubungkan keduanya.

Rekomendasi Aplikasi CCTV untuk HP

Kalau masih bingung bagaimana caranya, cek ulasan ini sampai selesai. Kami akan bahas review beberapa aplikasi berikut kelebihannya.

1. Aplikasi CCTV Android tanpa Wifi: Alfred Home Security Camera, Baby & Pet Monitor CCTV

Rekomendasi pertama adalah Alfred home security camera. Saat ini, Alfred sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali dengan ulasan sebanyak hampir 400 ribu. Dari total ulasan tersebut, dia mendapatkan bintang 4,7 dari 5 di Play Store.

Yang paling menarik dari apps ini adalah Anda tidak harus menggunakan Wifi untuk mengoneksikan dua perangkat. Koneksi internet dari smartphone, baik itu 3G maupun LTE juga bisa digunakan.

Oleh karena itu, aplikasinya sangat cocok digunakan untuk jarak jauh. Termasuk saat Anda harus meninggalkan rumah karena liburan atau sedang pulang kampung.

Beberapa fitur lain yang dimiliki aplikasi besutan Alfred Systems Inc. Ini adalah:

  • Live stream 24/7.
  • Playback, download, dan fitur bagikan.
  • Peringatan bila ada intruder karena sudah dilengkapi dengan sensor gerakan.
  • Bisa merekam saat kondisi gelap, dll.

Kerennya lagi, saat HP viewer sedang tidak bisa dipakai atau Anda sedang tidak bisa membukanya, monitoring dapat dilakukan melalui situs Alfred. Jadi, silakan buka browser terbaik yang Anda miliki kemudian kunjungi https://alfred.camera/webapp.

2. IP Webcam: Aplikasi CCTV PC HP yang dilengkapi dengan suara

Opsi kedua yang cukup direkomendasikan adalah IP Webcam. APK ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan total ulasan hampir 100 ribu. Dari ulasan tersebut, rata-rata bintang yang didapatkan adalah 3,9 dari 5 di Play Store.

Untuk memakai IP webcam, Anda membutuhkan dua perangkat Android, atau boleh juga pakai PC dan tablet. Yang paling menonjol dari apps ini adalah kemampuannya dalam menampilkan video sekaligus audio (suara).

Selain itu, Anda juga bisa melakukan monitoring melalui VLC media player atau browser karena aplikasi besutan Pavel Khlebovich ini bisa dibuka langsung melalui PC atau laptop.

3. CCTV HP khusus monitor bayi yang keren: BabyCam Baby Monitor Camera

Melakukan monitor pada bayi selama 24 jam merupakan tanggung jawab orang tua. Sayangnya, kadang hal ini tidak bisa dilakukan secara maksimal karena aktivitas yang padat.

BabyCam dapat membantu Anda memenuhi tanggung jawab tersebut. Saat ini, dia sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan perolehan bintang 4,6 dari 5. Bintang ini didapat dari total ulasan sebanyak 12 ribuan dari para penggunanya.

Untuk memakai BabyCam, Anda butuh dua perangkat. Reciever-nya boleh HP, PC atau tablet. Asalkan kedua perangkat tersebut terkoneksi dengan Wifi yang sama atau via Wifi direct (tanpa koneksi internet), maka Anda bisa memonitor bayi dengan baik.

Selama monitoring, Anda dapat mendengarkan suara bayi, bicara dengan mereka, bahkan menyanyikan lagu ninabobo. Anda pun bisa mengatur pemakaian flashlight pada HP pengintai jika memang dibutuhkan.

4. Aplikasi CCTV dengan gambar HD: DroidCam

DroidCam sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan total bintang 4,6 dari 5 yang didapat dari 60 ribuan ulasan.

Salah satu kelebihan yang menonjol dari DroidCam adalah kemampuannya dalam menampilkan gambar High Definition dengan resolusi 720p. Anda pun bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih baik dengan membeli versi pro dari apps besutan Dev47Apps ini.

5. CCTV HP dengan fitur night vision: Home Security Camera WardenCam, Reuse Old Phones

WardenCam kini sudah diunduh lebih dari 5 juta kali dengan total ulasan lebih dari 50 ribu. Dari ulasan tersebut, aplikasi CCTV terbaik besutan WardenCam360 – Home Security, Video Monitoring ini mendapatkan bintang 4,1 dari 5.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh WardenCam adalah fitur night vision di mana HP pengintai bisa merekam dalam kondisi minim cahaya.

Selain fitur tersebut, aplikasi ini juga bisa terkoneksi baik melalui Wifi, 3G, 4G, maupun LTE. Dia juga dilengkapi dengan deteksi gerak dan ada peringatan yang masuk melalui notifikasi email.

6. Aplikasi CCTV iPhone/PC/Smart TV yang mampu mengenali manusia vs objek lain: AtHome camera

AtHome Camera sudah diunduh lebih dari 5 juta kali dengan perolehan bintang 4,2 dari 5 dengan total ulasan hampir 50 ribu.

Aplikasi CCTV bentukan Ichano ini memiliki fitur-fitur seperti night vision, bisa saling mengobrol secara real time dari dua perangkat, hingga memonitor 4 video sekaligus dalam satu layar.

Untuk menggunakan AtHome Camera, Anda juga harus mengunduh AtHome Video Streamer. Kemudian, Siapkan dua perangkat. Misalnya X dan Y.

Perangkat X dipasangi AtHome Camera dan bertugas sebagai penerima. Sedangkan perangkat Y dipasangi AtHome Video streamer untuk merekam kejadian di lokasi.

Yang keren dari AtHome Camera adalah sudah dibekali AI untuk mengenali dan membedakan gerakan manusia dan obyek lainnya.

7. CCTV HP simpel tapi lengkap: Security camera CZ

Total unduhan Security Camera CZ mencapai lebih dari 500 ribu. Dari jumlah tersebut, dia berhasil mendapatkan bintang 4,3 dari 5. Konsep sederhana yang dimilikinya tampaknya menjadi alasan pencapaian ini.

Untuk memakai aplikasi ini, Anda cukup mengoneksikan dua perangkat yang digunakan sebagai penerima dan pengintai menggunakan akun yang sama. Tak perlu terkoneksi dengan Wifi yang sama atau yang lain.

Salah satu keunggulan Security Camera EZ adalah kemampuannya dalam mendeteksi gerakan mencurigakan. Saat ada gerakan mencurigakan, aplikasinya akan secara otomatis menangkap gambarnya dalam bentuk foto-foto, bukan video.

8. Ada GPS atau deteksi lokasinya: TrackView

Dengan total unduhan sebanyak lebih dari 5 juta dengan ulasan sebanyak 45 ribuan, apps besutan Trackview.net ini mampu mendapatkan bintang 3,9 dari 5.

Trackview merupakan aplikasi yang cukup unik. Dengan aplikasi ini Anda tidak hanya bisa melakukan pengintaian atau monitoring menggunakan CCTV. Lebih dari itu, Anda pun dapat melihat lokasi HP apabila tiba-tiba dipindahkan.

Selain fitur tersebut, Trackview juga dilengkapi dengan fitur-fitur dasar seperti pendeteksi gerakan, night vision, audio dua arah, dll.

Anda bisa memilih dan membandingkan aplikasi sejenis trackview lainnya di atas dengan fitur yang hampir mirip.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi CCTV yang dapat Anda gunakan untuk memonitor rumah, bayi, lahan parkir, toko, atau ruangan lainnya. Aplikasi ini memang mampu meningkatkan keamanan karena fiturnya yang menarik. Jadi, gunakanlah dengan bijak.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles