Kamera CCTV terbaik bisa membantu meningkatkan keamanan lingkungan selama 24 jam penuh. Anda bisa memasangnya di rumah, lokasi usaha, hingga fasilitas umum lainnya.

 

Di pasaran, tersedia banyak sekali merek dengan spesifikasi yang berbeda. Silakan temukan produk dengan spesifikasi terbaik sesuai kebutuhan dan kondisi masing-masing.

Bila Anda bingung, kami akan membahas bagaimana cara memilih produknya dalam artikel ini. Silakan gunakan caranya sebagai panduan untuk membeli barang. Kemudian, kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk lengkap dengan harga dan spesifikasinya.

Cara memilih kamera CCTV terbaik berdasarkan spesifikasi dan kondisi

Cara memilih kamera CCTV terbaik berdasarkan spesifikasi dan kondisi

Berikut ini beberapa langkah dan pertimbangan yang diperlukan saat hendak membeli CCTV terbaik:

Ketahui dulu jenis kamera CCTV

Langkah dasar yang diperlukan adalah mengenali berbagai jenis kamera CCTV terbaik yang ada di pasaran. Setidaknya, ada dua tipe yang harus Anda kenal, yakni kamera CCTV wifi dan analog. Ulasan lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini:

CCTV wifi, khusus buat Anda yang mau pengecekan secara fleksibel

Jika Anda mau mencari CCTV untuk rumah pribadi, maka salah satu produk yang mayoritas dipasarkan adalah network camera yang mengusung konsep koneksi wifi.

Kamera semacam ini terhubung ke internet dan dapat diperiksa langsung melalui ponsel pintar. Harga produknya biasanya lebih terjangkau sehingga cukup banyak peminatnya.

Setiap produknya biasanya hadir dengan kapasitas memori yang berbeda. Ada yang besar, ada pula yang kecil. Untuk itulah Anda harus melakukan seleksi secara mendetail karena hal ini berhubungan langsung dengan durasi video yang dapat disimpan.

Sudut kamera dari CCTV jenis ini juga bisa diatur dengan mudah sesuai kebutuhan penggunanya. Anda pun bisa mengeceknya secara real-time melalui HP.

Apabila menggunakan kamera jenis ini, Anda harus benar-benar menyiapkan koneksi wifi yang stabil agar kinerjanya makin baik.

Untuk durasi rekaman yang panjang, gunakan CCTV analog

CCTV analog hadir dengan gabungan kamera dan monitor khusus yang berperan sebagai penerima rekaman. CCTV-nya juga bisa dihubungkan ke hard disk eksternal sehingga kapasitas penyimpanannya jauh lebih besar dengan durasi yang lebih panjang.

Sebagian produk juga bisa langsung dihubungkan ke monitor lain, misalnya dihubungkan ke proyektor terbaik sehingga videonya bisa ditonton dalam dimensi yang jauh lebih besar.

Apabila monitornya dapat terhubung ke internet, maka Anda juga bisa menghubungkannya smartphone. Namun, karena kelengkapan fiturnya tersebut, harga produk ini cenderung lebih mahal dari varian sebelumnya.

Pilih yang jangkauannya luas, baik horizontal dan vertikal

Sebutan lain untuk CCTV adalah kamera pengintai. Sesuai dengan namanya, Anda pun harus memilih kamera yang bisa mengintai dalam jangkauan yang lebih luas. Tidak hanya di satu titik, tapi bisa melihat langsung ke berbagai titik.

Cara memilih kamera CCTV terbaik Pilih yang jangkauannya luas

Dengan memilih kamera pengintai dengan jangkauan luas, Anda bisa mengamati situasi yang dekat dengan lokasi sampai yang terjauh. Semuanya akan terekam dengan jelas melalui kamera pengintai tersebut.

Untuk diketahui, jarak pandang CCTV sangat beragam, ada yang 10 meter, 20 meter, dan 30 meter. Apabila Anda menggunakan kamera ini di luar ruangan, maka baiknya pilih yang 30 meter. Sebaliknya, apabila pemakaiannya untuk di dalam ruangan saja, jarak pandang 10 meter rasanya sudah cukup.

Memilih kamera yang dapat menangkap obyek dengan jelas, meski minim cahaya

Kamera pengintai bekerja selama 24 jam penuh. Artinya, baik siang maupun malam dia selalu merekam kejadian yang ada di sekitar.

berdasarkan spesifikasi dan kondisi Obyek jelas meski minim cahaya

Apabila perekaman dilakukan di siang hari, maka tidak akan ada masalah. Obyek yang ada bisa terekam dengan cukup jelas karena cahayanya banyak.

Namun, pada saat perekaman terjadi di malam hari, maka kurangnya cahaya akan menjadi masalah. Untuk itu, pilihlah kamera yang bisa menangkap seluruh obyek dengan jelas baik saat siang maupun malam hari.

Biasanya, kamera yang bisa menangkap gambar dalam kondisi gelap dilengkapi dengan fitur infra merah. Selain itu, ada juga kamera yang memang memiliki fitur night vision.

Kamera dengan fitur infrared bisa menangkap gambar dalam kondisi gelap dengan hasil hitam putih. Sementara itu, fitur night vision bisa memberikan gambar berwarna pada cahaya minim. Namun, saat kondisi cahayanya makin berkurang, perekaman tidak bisa dilakukan atau hasilnya gelap.

Pertimbangkan kualitas gambar

Kualitas gambar adalah poin penting yang diperlukan dalam perekaman video, tak terkecuali kamera CCTV terbaik.

Untuk hasil yang bagus dan seluruh gambar terekam dengan jelas, pilihlah produk yang menawarkan kualitas full HD. Berikut ini beberapa informasi mengenai resolusi video yang ditangkap oleh kamera pengintai:

  • SD: 480 piksel – 720 x 480.
  • HD: 720 piksel – 1280 x 720.
  • Full HD: 1080 piksel – 1920 x 1080.

Cek ketahanannya dan sesuaikan dengan lokasi pemasangan

Masing-masing produk biasanya dilengkapi dengan fitur ketahanan yang berbeda. Oleh karena itu, cek fiturnya dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai patokan, silakan lakukan pengecekan pada nilai IP atau Ingress Protection. Biasanya, setelah huruf IP ada sejumlah angka tertentu yang menunjukkan nilai umum dari ketahanannya.

Angka pertama setelah IP menyatakan ketahanan terhadap debu. Sementara angka kedua setelah IP menyatakan ketahanan terhadap air. Jika ada yang dinyatakan dengan X berarti produknya tidak tahan terhadap unsur tersebut sesuai dengan tata letaknya.

Untuk mendapatkan produk dengan ketahanan yang baik, pilihlah yang angka IP-nya tinggi.

Rekomendasi kamera CCTV terbaik, harga dan spesifikasinya

Rekomendasi kamera CCTV terbaik harga dan spesifikasinya

Berikut ini beberapa produk kamera CCTV terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Silakan simak lengkap dengan harga dan spesifikasinya:

1. Mampu merekam sampai 20 hari dengan kapasitas 128 GB: Vimtag Starlight Outdoor B4

Vimtag Starlight Outdoor B4

Vimtag Starlight outdoor ini cocok digunakan secara outdoor karena kapasitas memorinya sangat besar. Dengan kapasitas memori sebesar 128 GB, kameranya bahkan bisa merekam selama 15 sampai 20 hari. Dengan fiturnya ini, Anda pun tidak perlu melakukan back up video terlalu sering.

Kerennya lagi, kamera CCTV terbaik ini sudah dilengkapi dengan lampu flash yang bisa memastikan kualitas gambar tetap baik meskipun cahayanya sedang minim.

  • Jenis CCTV: kamera wifi.
  • Kualitas gambar: full HD 1080p.
  • Resolusi kamera: 2 MP.
  • Sudut pandang: tidak ada info.
  • Jarak pandang: 30 meter.
  • Ingress protection: tidak ada info.
  • Fitur tambahan: motion detection, flash light, dot matrix infrared.

Harga produknya sekitar 600 ribuan saja.

2. Kamera 360 derajat untuk ruangan dalam rumah: Xiaomi Mi Home Security Camera 360 derajat

Xiaomi Mi Home Security Camera 360 derajat

Apabila Anda mencari produk yang cocok digunakan di dalam rumah, maka ini adalah pilihan yang tepat. Anda juga bisa menyambungkan kameranya dengan ponsel pintar dan mengeceknya setiap saat.

Kualitas gambarnya jernih dan bisa menampilkan rekaman secara full color bahkan di tempat yang cahayanya rendah.

Jarak jangkauan wifinya 75 meter dengan jarak motion detection sepanjang 9 meter.

  • Jenis CCTV: kamera wifi.
  • Kualitas gambar: full HD 1080p.
  • Resolusi kamera: tidak ada info.
  • Sudut pandang: 360 derajat untuk horizontal dan 115 derajat untuk vertikal.
  • Jarak pandang: tidak ada info.
  • Ingress protection: tidak ada.
  • Fitur tambahan: local microSD, interphone, dan motion detection.

Jika ingin membeli Xiaomi Mi Home Security Camera ini, cukup sediakan uang sebesar 550 ribuan saja.

3. Ketahanan maksimal sehingga tidak mudah rusak: Infinity CCTV outdoor

Infinity CCTV outdoor

Bentuknya lonjong dengan kelengkapan ketahanan yang mumpuni. Produknya juga sudah ada inframerahnya dengan jangkauan yang mencapai 20 meter.

Menariknya lagi, Infinity CCTV outdoor ini sudah memiliki chipset super HAD2 yang memiliki resolusi sampai 700 TVL. Dengan begitu, produknya jadi tahan terhadap sabotase dan vandalisme.

Dengan ketahanan terbaik, Infinity ini cocok dipasang di area luar rumah. Misalnya area parkir, pagar rumah, hingga halaman rumah.

  • Jenis CCTV: analog.
  • Kualitas gambar: full HD 1080p.
  • Resolusi kamera: 2 MP.
  • Sudut pandang: 180 derajat kemiringan, 360 derajat rotasi.
  • Jarak pandang: 20 meter.
  • Ingress protection: IP66.
  • Fitur tambahan: digital noise reduction, day/night mode color black white.

Harganya sekitar 780 ribuan di marketplace.

4. Wifi camera bisa dengarkan suara: VStarcam IP Wifi Camera

VStarcam IP Wifi Camera

Dengan VStarcam IP Wifi Camera ini jarak tak akan jadi masalah lagi buat orang tua dan anaknya. Pasalnya, Anda tidak hanya bisa mengawasi gerak anak tetapi juga mendengarkan suara mereka.

Bahkan, speaker yang ada di produknya juga bisa dipakai dua arah alias dapat berkomunikasi.

  • Jenis CCTV: kamera wifi.
  • Kualitas gambar: HD 720p.
  • Resolusi kamera: 1 MP.
  • Sudut pandang: 60 derajat.
  • Jarak pandang: 10 meter.
  • Ingress protection: tidak ada info.
  • Fitur tambahan: two way audio, alarm motion detection.

Dengan uang 1 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang VStarcam ini.

5. Bisa cek real-time siang dan malam: Panasonic Dome Camera

Panasonic Dome Camera

Panasonic Dome Camera memiliki ICR, yakni infrared cutfilter removal. Dengan fitur ini, gambar yang dihasilkan bisa jernih dari siang hingga malam hari. Anda pun bisa melakukan pengawasan secara real time dengan mudah.

  • Jenis CCTV: analog.
  • Kualitas gambar: full HD.
  • Resolusi kamera: 2 MP.
  • Sudut pandang: tidak ada info.
  • Jarak pandang: 30 meter.
  • Ingress protection: IP66.
  • Fitur tambahan: auto white balance, auto exposure, auto gain function, dan auto electronic shutter.

Dome camera dari Panasonic ini dibanderol dengan harga mulai 700 ribuan.

6. Bisa mengenali dan mengikuti obyek bergerak: Xiaomi Mijia Da Fang 1080p

Xiaomi Mijia DaFang

Pada Xiaomi Mijia Da Fang sudah tersemat kecerdasan buatan yang bisa mengenali dan mengikuti obyek yang bergerak. Selain itu, produknya sudah dilengkapi dengan sensor peringatan otomatis saat ada yang membuka pintu atau saat ruangan terbuka. Jadi, keamanannya akan maksimal.

  • Jenis CCTV: kamera wifi.
  • Kualitas gambar: full HD.
  • Resolusi kamera: tidak ada info
  • Sudut pandang: horizontal 360 derajat, vertikal 93 derajat.
  • Jarak pandang: 9 meter.
  • Ingress protection: tidak ada info.
  • Fitur tambahan: night vision infrared.

Harga Xiaomi Mijia Dafang ini sekitar 300 sampai 400 ribuan di marketplace.

7. Bisa tangkap obyek yang bergerak cepat secara jelas: Dahua IR Dome Camera

Dahua IR Dome Camera

Saat merekam obyek yang bergerak cepat, gambar yang dihasilkan CCTV biasanya blur dan tidak terlihat dengan jelas. Namun, tidak demikian dengan Dahua IR dome camera ini. Dahua juga sudah memiliki kualitas gambar HD dengan 30 fps.

  • Jenis CCTV: analog.
  • Kualitas gambar: HD.
  • Resolusi kamera: 1 MP.
  • Sudut pandang: 0-75 derajat.
  • Jarak pandang: 30 meter.
  • Ingress protection: IP67.
  • Fitur tambahan: output HD SD, smart IR.

Produknya dihargai mulai dari 400 ribuan di pasar online.

8. Kualitas rekaman yang super jelas: Avtech HD CCTV 1080P IR Dome Camera

Avtech HD CCTV 1080P IR Dome Camera

Rekaman yang dihasilkan sangat terlihat jelas karena kualitasnya sudah full HD. Avtech HD CCTV ini didesain khusus buat pemakaian dalam ruangan dengan hasil yang maksimal.

  • Jenis CCTV: analog.
  • Kualitas gambar: full HD.
  • Resolusi kamera: tidak ada info.
  • Sudut pandang: 96 derajat horizontal, 116 derajat diagonal, dan 50 derajat vertikal.
  • Jarak pandang: 20 meter.
  • Ingress protection: tidak ada.
  • Fitur tambahan: day&night mode, sharpness adjustable.

Harganya sekitar 490 ribuan di marketplace.

9. Pengamanan menyeluruh dengan video berkualitas: Anran Video Surveillance System

Anran Video Surveillance System

Sesuai dengan namanya, Anran menghadirkan sepaket produk kamera keamanan untuk Anda. Produknya juga tahan terhadap debu dan air sehingga cukup direkomendasikan sebagai kamera CCTV terbaik.

Anran juga sudah dilengkapi dengan LED infrared untuk memastikan kualitas gambar baik meski cahaya sedang berkurang. Selain itu, pengamatan juga bisa dilakukan melalui HP.

  • Jenis CCTV: kamera wifi.
  • Kualitas gambar: full HD.
  • Resolusi kamera: 2 MP.
  • Sudut pandang: 85 derajat.
  • Jarak pandang: 30 meter.
  • Ingress protection: IP66.
  • Fitur tambahan: audio camera, email alarm, dan remote access.

Harganya mulai dari 4 jutaan.

10. Desain minimalis dan tampilannya sangat stylish: Sony IP Camera

Sony IP Camera

Desain Sony IP camera ini sangat unik, stylish, dan kompak. Sangat cocok buat rumah yang konsepnya minimalis.

Menariknya lagi, Sony IP camera juga sudah dilengkapi dengan teknologi EXMOR dengan sensor CMOS. Keduanya bekerja sama untuk memberikan kualitas gambar terbaik buat para penggunanya.

Hebatnya lagi, produk ini dapat mengikuti obyek yang bergerak baik dalam kondisi terang maupun gelap.

  • Jenis CCTV: kamera wifi.
  • Kualitas gambar: HD.
  • Resolusi kamera: 1,3 MP.
  • Sudut pandang: 90 derajat.
  • Jarak pandang: tidak ada info.
  • Ingress protection: tidak ada.
  • Fitur tambahan: motion detection, tempting detection.

Harganya sekitar 3,8 jutaan rupiah.

11. Berbentuk unik seperti bohlam, tak mudah dikenali: 360 VR Panoramic Camera Bulb

360 VR Panoramic Camera Bulb

Jika Anda membutuhkan kamera yang dapat mengintai tanpa ketahuan, maka 360 VR panoramic camera bulb ini adalah pilihan yang tepat. Seperti namanya, bentuk produknya menyerupai lampu dengan fitur yang cukup lengkap.

Bahkan, ada alarm khusus yang bisa mengirimkan sinyal saat ada gerakan yang mencurigakan.

  • Jenis CCTV: kamera wifi.
  • Kualitas gambar: full HD.
  • Resolusi kamera: tidak ada info.
  • Sudut pandang: 360 derajat.
  • Jarak pandang: tidak ada info.
  • Ingress protection: tidak ada info.
  • Fitur tambahan: motion detection alarm.

Harga produknya sekitar 450 ribuan saja.

12. Bisa deteksi baby crying, cakupan luas, full HD: YI Dome Camera

YI Dome Camera

Terdapat deteksi baby crying pada YI Dome Camera ini. Dia juga punya tambahan 2 way audio dengan suara yang berkualitas. Ditambah kemampuan untuk menjangkau ruangan secara luas.

  • Jenis CCTV: kamera wifi.
  • Kualitas gambar: HD.
  • Resolusi kamera: 1 MP.
  • Sudut pandang: 122 derajat.
  • Jarak pandang: tidak ada info.
  • Ingress protection: tidak ada info.
  • Fitur tambahan: CMOS Sony motion night vision infrared dan 2-way audio.

Harga produknya sekitar 600 ribuan di marketplace.

Itulah beberapa produk kamera CCTV terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Masih banyak pilihan lainnya. Tapi yang perlu dijadikan catatan, kenali kebutuhan Anda dan temukan produk yang paling sesuai berdasarkan spesifikasi dan anggarannya.

Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles