Gunakan browser terbaik untuk Android agar momen berselancar di internet menjadi aman, cepat, dan stabil. Pilihan aplikasi nya sangat banyak. Jadi cek rekomendasi yang paling tepat di sini.

 

Untuk menemukan yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan, tak ada salahnya Anda mengenali beberapa rekomendasi browser lainnya. Kami akan membahasnya di sini jadi selamat menyimak sampai akhir.

Aplikasi Browser Terbaik Android dan iPhone

Berikut ini adalah beberapa browser yang paling banyak digunakan di Indonesia. Baik itu di smartphone (Android dan iPhone) maupun di PC atau laptop:

1. Browser Tercepat: Google Chrome

Gambar: Tampilan dan fitur Google Chrome – Cepat & Aman

Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling populer di Indonesia, bahkan dunia. Pada tahun 2008, yakni saat baru pertama kali muncul, kehadirannya memang kurang dapat menendang pasar. Tapi Chrome akhirnya mampu menjadi yang terbaik di kelasnya setelah melakukan perombakan pada tahun 2018.

Kelebihan browser ini terletak pada kecepatannya dalam loading. Tak hanya pada website-website ringan, Chrome tetap menunjukkan kecepatannya yang stabil pada situs-situs berat.

Jika Anda suka menonton drama korea, maka situs-situs streaming dramanya lebih nyaman dibuka dari Chrome dibanding browser lain.

Selain kecepatan, kelebihan lain yang dimiliki browser ini adalah terhubung ke Google secara langsung. Dia juga memiliki ekstensi yang banyak dan bisa ditambahkan ke browsernya kapan pun Anda butuh.

2. Browser Paling Stabil: Mozilla Firefox

Gambar: Tampilan dan fitur Firefox – browser web yang cepat, pribadi & aman

Firefox seperti sebelas-dua belas dengan Chrome karena sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Kelebihan browser terbaik ini terletak pada kemampuannya dalam kestablian dalam menjaga keamanan dan privasi pengguna.

Dia dilengkapi dengan kemampuan untuk menangkal malware, virus, hingga spyware yang sering kali terunduh secara otomatis.

Tak hanya soal privasi, Firefox juga memiliki kemampuan untuk menangkal pop up banner atau iklan lainnya. Untuk menikmati fitur ini, pengguna tinggal mengaktifkan Mode Turbo.

Selain itu, sama dengan Google Chrome, Firefox juga dilengkapi dengan banyak sekali add ons yang bisa Anda tambahkan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.

3. Browser VPN Terbaik: Opera

Gambar: Tampilan dan fitur Browser Opera dengan VPN gratis

Opera atau Opera Mini menjadi browser favorit yang bisa dipasang di HP maupun PC. Keunggulan utama yang dimilikinya adalah VPN gratis tanpa perlu aplikasi tambahan.

VPN ini amat sangat diperlukan saat Anda berselancar menggunakan koneksi wifi umum. Dengan memakai VPN, data yang ada di perangkat tidak akan mudah diretas. Selain itu, Anda pun punya lebih banyak opsi website untuk dibuka.

Selain VPN, Opera juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang super lengkap. Contohnya adalah munculnya peringatan saat ada virus atau malware saat mengunjungi sebuah situs berbahaya.

Browser terbaik ini juga dilengkapi dengan beragam add ons dan bisa memblokir iklan dengan sangat mudah.

Semua kelebihan di atas dibungkus dalam sebuah software yang ringan dan nyaman dipakai di HP.

4. Browser iPhone dan iPad Terbaik: Safari

Gambar: Tampilan Safari browser

Pengguna Apple tentu tidak asing dengan Safari. Peramban ini memiliki tampilan yang unik atau berbeda dari browser-browser lainnya.

Tampilannya yang unik dan sederhana tersebut sangat mudah dipahami oleh sebagian besar pengguna Apple dan iPad.

Selain keunikannya, Safari memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh browser lain seperti Google Chrome dan Firefox. Di mana dalam hal pemakaian baterai, Safari cenderung lebih hemat atau tidak boros.

Hal ini wajar karena memang Safari dari awal didesain khusus untuk perangkat Apple dan iPad. Jadi, pihak pembuat sudah menghitung secara pasti pemakaian daya yang dibutuhkannya.

5. Browser Download Video Terbaik: UC browser

Gambar: Tampilan UC Browser Aman Gratis Unduh Video dengan Cepat

Dengan UC browser, Anda bisa mengunduh data-data besar tanpa perlu tambahan aplikasi akselerator dari pihak ketiga. Dalam kondisi tersebut, browser ini tidak akan lemot sama sekali.

Bagi para gamers, hal ini sangat menguntungkan sehingga mereka pun lebih memilih UC browser dibanding browser lainnya.

Tidak hanya download-nya yang cepat, software ini juga diklaim bisa menghemat kuota internet karena mampu memangkas 90% data saat mengakses sebuah halaman situs.

Selain cepat dan hemat, UC browser juga nyaman digunakan dan dilengkapi dengan fitur privasi yang baik.

Browser Terbaik PC dan HP yang Belum Banyak Dikenal di Indonesia

Selain 5 pilihan di atas, Anda juga bisa coba browser di bawah ini. Cek kelebihannya agar lebih yakin.

6. Browser Android seperti PC: Vivaldi Browser

Gambar: Tampilan dan fitur Vivaldi Browser with ad blocker fast private

Browser ini memiliki fitur Blink Rendering Engine, yakni sebuah fitur yang juga digunakan pada Chrome. Dia juga memiliki fitur bawaan screen capture dan note yang bisa langsung Anda gunakan tanpa perlu aplikasi atau ekstensi tambahan.

Yang menarik, dengan Vivaldi Anda bisa menggabungkan beberapa halaman dalam satu tampilan. Selain itu, ada fitur preview tab yang dapat digunakan untuk mengintip halaman situs yang akan dibuka, mirip dengan browser di PC.

Secara umum, kelebihan browser ini adalah kecanggihan dan inovasinya. Ditambah lagi dengan berbagai macam pilihan add ons yang bisa ditambahkan secara bebas oleh pengguna.

7. Browser Streaming dan Download Video Terbaik: Maxthon

Gambar: Tampilan dan fitur Browser Maxthon Cepat Aman Cloud Web Browser

Dukungan cloud di Maxthon sangat bagus. Selain itu, browser ini juga kompatibel dengan sistem operasi di PC dan HP secara umum. Mesin penjelajah ini juga sangat cocok buat streaming atau download video.

8. Browser Privasi Terbaik: Microsoft Edge

Gambar: Tampilan dan fitur Microsoft Edge Beta

Jika Anda mencari browser yang memiliki kelebihan dalam hal privasi, maka Microsoft Edge bisa menjadi salah satu opsinya.

Di samping itu, mesin penjelajah ini juga dibekali dengan AdBlock plus yang akan membuat momen berselancar Anda nyaman tanpa adanya gangguan iklan.

9. Browser Hemat Baterai Terbaik: Brave

Gambar: Tampilan dan fitur Brave Browser Fast safe privacy browser search

Fitur bawaan utama yang ada di Brave browser terbaik ini adalah blokir iklan. Sampai saat ini, kemampuannya dalam memblokir pop up dan iklan jenis lainnya memang dapat diandalkan.

Terdapat juga fitur keamanan lengkap seperti pemblokir pelacak hingga skrip. Yang menarik, browser ini dilengkapi dengan fitur hemat daya. Jadi tidak akan boros baterai.

10. Browser Proxy Terbaik: Tor Browser

Gambar: Tampilan dan fitur Tor Browser Official Private Secure

Kepanjangan dari Tor adalah The Onion Router. Sesuai dengan namanya, ikon Tor juga ada gambar bawangnya.

Yang paling menonjol dari Tor adalah kemampuannya dalam menjaga keamanan pengguna. Dia menggunakan proxy tiga lapis untuk memberikan kelebihan ini kepada para penggunanya.

Itulah beberapa browser terbaik yang bisa Anda pasang baik di HP maupun PC. Silakan coba dan rasakan sendiri sensasinya sehingga dapat menemukan yang paling nyaman.

Apa itu Browser?

Browser (peramban) adalah sebuah software atau perangkat lunak yang bisa dipakai untuk membuka website, baik di HP maupun PC. Saat ini, ada banyak sekali pilihan browser yang bisa digunakan. Tapi sayangnya, kebanyakan orang hanya familiar dengan software tertentu seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Banyak sekali aplikasi browser yang tersedia di Google Play Store. Lengkap dengan deskripsi dan rating pengguna yang telah menggunakan browser.

Namun, mayoritas orang tidak tahu alasan mereka memilih browser tersebut. Hanya mungkin karena merasa nyaman atau banyak dipakai orang saja, sehingga ikut-ikutan.  Padahal, memilih browser tidak bisa sembarangan. Ada faktor yang perlu dipertimbangkan seperti keamanan, privasi, hingga kecepatan.

FAQ

Apa itu browser Android?

Browser Android adalah aplikasi smartphone yang digunakan untuk mengakses informasi di WWW (World Wide Web). Aplikasi browser mengambil data dari server dan menampilkannya dalam bentuk halaman web yang bisa Anda lihat di layar smartphone. Browser membantu Anda mencari dan menjelajahi situs yang Anda kunjungi.

Dimana download Android Browser?

Pengguna ponsel Android bisa mendownload aplikasi browser lewat Play Store. Anda tinggal mengetikkan browser di kotak penelusuran, dan akan muncul deretan browser Android. Untuk memilih browser terbaik silakan lihat rekomendasi jatimtech.

Bagaimana cara memilih browser untuk Android?

Anda perlu memastikan fitur ini dimiliki aplikasi browser: 1. Terdapat fitur Incognito atau penyamaran untuk penelusuran tanpa riwayat pencarian. 2. Fitur night mode, agar mata nyaman membaca saat malam hari. 3. Terdapat opsi manajemen bookmark. 4. Dapat memblokir iklan pop up dan iklan yang mengganggu saat membuka halaman web.

Tagged in:

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles