Aplikasi backup data memang tak selalu dibutuhkan, tapi aplikasi ini penting pada saat krusial guna mengamankan file-file penting. Unduh sekarang juga di Play Store.

 

Untuk pilihan aplikasinya, Anda bisa menyimak ulasan kami ini sampai selesai. Kami akan memberikan review dan rekomendasi aplikasinya berdasarkan fitur dan ulasan dari pengguna. Selamat menyimak.

1. Butuh root dan kompatibel untuk semua jenis OS: Titanum Backup, root needed

Gambar: Aplikasi Titanum Backup, root needed

Titanium menjadi pilihan pertama yang dapat Anda gunakan sebab fiturnya sangat lengkap dan kompatibel untuk semua jenis OS, mulai dari 1.5 sampai 10+.

Dengan Titanium, Anda bisa melakukan pencadangan, restore, hingga freeze (khusus untuk versi pro).

Adapun yang dapat dibackup adalah aplikasi, data, hingga tautan-tautan baik yang berada di sistem internal maupun eksternal memori (kartu SD).

Aplikasi yang telah mendapatkan bintang 4,2 dari 372 ribuan ulasan ini juga memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk melakukan pencadangan secara terjadwal.

Saat ini, Titanium telah mengantongi lebih dari 10 juta pengguna di Play Store. Untuk memasangnya di HP, silakan sediakan ruang sekitar 7,8 MB. Sebagai catatan, Anda membutuhkan root bila memakai Titanium.

2. Aplikasi backup dari dan ke beberapa tempat: Backup & Restore

Gambar: Tampilan App Backup Restore Transfer

Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa melakukan pencadangan, restore, dan transfer. Semua fiturnya tersedia secara gratis dan dapat digunakan secara leluasa.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mem-backup APK hingga catatan panggilan. Kemudian, restoring-nya dapat dilakukan ke internal memori atau HP, kartu SD, Flashdisk atau USB, Google Drive, Dropbox, dan lain-lain.

Anda bisa memasang aplikasi ini pada Android bersistem operasi 4.0.3 dengan ruang sekitar 5,3 MB. Aplikasinya telah mendapatkan 10 jutaan user dengan rating bintang 4,1 dari 243 ribuan ulasan.

3. Back up file super lengkap: Super Backup & Restore

Gambar: Tampilan Super Backup & Restore

APK ini memiliki beragam fitur menarik. Di antaranya, Anda bisa mem-backup aplikasi-aplikasi, catatan panggilan, SMS, kalender, dan bookmarks. Semuanya akan langsung terkirim ke kartu SD atau memori eksternal.

Super Backup juga memiliki fitur share APK files ke teman. Dengan APK ini, Anda tidak akan kehilangan data lagi.

Aplikasi backup yang sudah didownload lebih dari 10 juta kali ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan auto-backup secara terjadwal.

Anda dapat memasang APK berbintang 4,2 dari 172 ribuan ulasan ini pada Android bersistem operasi 5.0 ke atas dengan menyediakan ruang sekitar 12 MB.

4. Bisa mem-backup foto, musik, video, dan yang lainnya: G Cloud Backup

Gambar: Tampilan G Cloud Backup

Jika Anda mencari aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk mengamankan SMS, kontak, catatan panggilan, dokumen, foto dengan resolusi asli, pengaturan, musik, video, dan yang lainnya, maka G Cloud adalah pilihan yang paling pas.

Dengan G cloud, Anda bahkan bisa melakukan pencadangan terhadap WhatsApp, viber foto dan video. G Cloud juga memiliki fitur proteksi, di mana Anda bisa menerapkan kode masuk pada app tertentu. Menariknya lagi, G Cloud tidak membutuhkan root sama sekali.

Aplikasi ini sudah diunduh 5 juta kali lebih. Dari total unduhan tersebut, sebanyak 307 ribuan pengguna sudah memberikan ulasan dengan bintang rata-rata 4,5.

5. Bisa backup dan restore antar perangkat: Easy Backup – Contacts Transfer and Restore

Gambar: Tampilan Easy Backup – Contacts Transfer and Restore

Sesuai dengan namanya, Easy Backup memang khusus digunakan untuk melakukan pengamanan terhadap kontak. Aplikasi ini sangat cocok buat Anda yang mau ganti HP atau mau berbagi seluruh kontak pada HP lainnya.

Proses backup-nya juga sangat cepat. Hanya dengan sekali klik, seluruh kontak di HP akan langsung masuk ke cloud yang aman.

Selain bisa digunakan antar perangkat, Anda juga bisa membagikan kontak secara langsung ke Google Drive, Gmail, Skype, WhatsApp, SMS, Dropbox, dan yang lainnya.

Easy Backup telah memiliki 1 jutaan users dengan ulasan total 35 ribuan. Dari ulasan tersebut, aplikasi berukuran sekitar 17 MB ini mendapat bintang 4,6 dan dapat dipasang pada Android OS 5.0 ke atas.

6. Backup kontak langsung ke email secara aman: MCBackup – My Contacts Backup

Gambar: Tampilan MCBackup – My Contacts Backup

Fitur utama yang ditawarkan oleh MCbackup adalah pengamanan kontak melalui email dengan cara yang sangat sederhana dan mudah. Dengan APK ini, Anda tidak perlu melakukan sinkronisasi ataupun membutuhkan komputer.

Saat pencadangan dilakukan, file akan langsung terkirim ke email pribadi dalam format .vcf. MCBackup tidak akan membuka kontak tersebut sehingga privasinya jelas terjaga dan aman.

MCbackup juga dikenal sebagai salah satu aplikasi offline yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur backup secara reguler. Baik itu mingguan maupun bulanan.

Aplikasi yang mendapatkan bintang 4,2 dari 27 ribuan ulasan ini dapat Anda pasang pada Android OS 4.0 ke atas dengan menyediakan ruang sekitar 5,5 MB. Sampai saat ini, total download MCbackup mencapai 5 juta lebih.

7. Backup application dengan pilihan file lengkap dan password Wifi: Backup Your Mobile

Gambar: Tampilan Aplikasi Backup Your Mobile

Aplikasi backup ini hampir mampu mencadangkan beragam jenis file yang ada di HP. Mulai dari kontak, MMS, SMS, catatan panggilan, pengaturan sistem, pengaturan keamanan, kamus pengguna, APN, event yang ada di kalender, aplikasi pengguna, histori penjelajahan di browser, bookmark, hingga Wifi password.

Pencadangan ini bisa dibuka melalui memori perangkat, Google Drive, Dropbox, dan Yandex Disk. Fiturnya semakin lengkap dengan opsi pencadangan terjadwal.

Aplikasi dengan jumlah pengguna 1 jutaan lebih ini mendapatkan ulasan 21 K dengan rata-rata bintang 21 ribuan. Silakan pasang aplikasinya di Android OS 4.1 ke atas dengan jumlah ruang sekitar 10 MB saja.

8. Khusus untuk mencadangkan aplikasi: App Backup – Easy and Fast – Support SD Card

Gambar: Tampilan Cadangan Aplikasi – Mudah dan Cepat!

Bila pada aplikasi-aplikasi sebelumnya, ada APK khusus untuk mencadangkan kontak. Dengan App Backup, Anda dapat melakukan pencadangan khusus untuk aplikasi terinstal.

Pencadangan dapat dilakukan dengan mudah melalui kartu memori, kontak, atau storage online.

Aplikasi backup ini sangat recommended buat mencadangkan apps yang telah tersedia versi upgrade-nya tapi ternyata fiturnya tidak seperti versi lawas.

Misalnya, Anda melakukan update aplikasi investasi terbaru, tapi ternyata pas dibuka fiturnya tidak lebih bagus dari versi sebelumnya. Maka Anda bisa melakukan uninstall terhadap app tersebut kemudian menginstall versi lawas yang sudah terlebih dulu dicadangkan.

App Backup telah dipakai sebanyak 1 jutaan pengguna dengan jumlah ulasan mencapai 10 ribuan. APK dengan bintang 4,3 ini cukup ringan, yakni berukuran 5 MB. Syarat sistem operasinya adalah 4.2 up.

9. Aplikasi backup paling ringan: Apps Backup and Restore

Gambar: Tampilan Apps Backup and Restore

APK ini juga khusus dipakai untuk mencadangkan aplikasi. Yang menarik, ukuran file-nya sangat ringan dengan tampilan sederhana. Kebutuhan ruangnya hanya sekitar 2,3 MB saja dengan total download saat ini mencapai 1 jutaan users.

Itulah beberapa aplikasi backup yang dapat Anda pasang segera di HP. Karena jenis dan fiturnya beragam, silakan pilih salah satu sesuai kebutuhan.

Ilustrasi: www.freepik.com

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles