Indonesia punya banyak pilihan aplikasi baca berita. Dengan mengunduhnya di Google Play Store, Anda akan tahu kabar terbaru yang terpercaya dengan cepat.

Aplikasi-aplikasi berita tersebut kebanyakan merupakan portal berita Indonesia yang sudah berpengalaman. Namun, ada juga aplikasi yang secara khusus dipakai untuk membaca berita dari beragam sumber atau portal.

Rekomendasi Aplikasi Baca Berita Terbaik

Agar lebih jelas, berikut ini kami sajikan rekomendasi aplikasi baca berita untuk Anda.

1. Aplikasi baca berita terbaik pilihan editor dengan update terkini: Detik.com – Berita Terbaru & Terlengkap

detikcom - Berita Terbaru & Terlengkap

Gambar: Fitur detikcom – Berita Terbaru & Terlengkap via Play Store

Sebagai portal berita, detik.com memang sudah sangat terkenal. Untuk mempermudah para pembacanya, detik secara khusus membuat aplikasi baca berita yang dilengkapi dengan beberapa fitur menarik.

Salah satu fitur menariknya adalah kemudahan dalam bertransaksi. Contohnya pembayaran tiket Trans Studio atau Trans Snow.

Selain kabar terkini yang mencakup informasi seputar politik, bola, ekonomi, bisnis, teknologi, gosip, kesehatan, travelling, kuliner, fashion, dan otomotif, Anda juga akan mendapatkan informasi promo dan acara terbaru yang ada di Trans.

Aplikasi besutan Trans Digital Media ini menjadi salah satu pilihan editor dan telah diunduh sebanyak 10 jutaan kali serta membutuhkan setidaknya 23MB di memori HP.

2. Aplikasi berita dunia dan lokal: Google News – Top world & local news headlines

Aplikasi Google News – Top world & local news headlines

Gambar: Fitur Aplikasi Google News – Top world & local news headlines via Play Store

Aplikasi dengan milyaran pengguna ini dapat dipakai untuk membaca informasi dari seluruh dunia dan lokal. Anda bisa selalu up to date dengan kabar terbaru seputar keuangan, olahraga, hiburan, ilmu pengetahuan, dan yang lainnya.

Yang menarik, Google News menawarkan fitur download artikel untuk dibaca secara offline. Kalau ingin membaca artikelnya lewat note, silakan pasang aplikasi note terbaik.

APK berita dengan ulasan 1,4 jutaan dan rating 4,3 ini bisa Anda pasang pada beragam smartphone tergantung spesifikasinya masing-masing.

3. Baca berita hemat kuota dan bisa share video: Opera News, Breaking & Local

Aplikasi Opera News, Breaking & Local

Gambar: Tampilan Aplikasi Opera News, Breaking & Local via Play Store

Opera News menawarkan teknologi yang dapat menghemat pemakaian data sampai 80% saat Anda sedang membaca berita. Lewat Opera, Anda dapat membaca berita lokal hingga kabar terbaru yang masuk ke breaking news.

Di sini, Anda bisa menonton video trending, juga bisa membagikan video pribadi. Saat terkoneksi melalui Wifi, silakan unduh artikel untuk membacanya secara offline.

Opera News memperoleh banyak ulasan positif dari 294 ribuan pengguna. Apps yang memiliki total pengguna >100 juta ini membutuhkan ruang minimal 14 MB di HP Anda.

4. Aplikasi berita dengan teknologi filter hoaks: BaBe – Baca Berita

Aplikasi BaBe – Baca Berita

Gambar: Tampilan Aplikasi BaBe – Baca Berita via Play Store

BaBe menyediakan kabar dari beragam sumber atau portal. BaBe mengklaim bahwa aplikasinya dilengkapi dengan filter untuk menyaring kabar palsu atau hoax. Artinya, berita-berita yang tersaji pada apps ini bisa dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

BaBe melengkapi aplikasinya dengan notifikasi push yang akan membuat Anda tidak akan ketinggalan kabar apa pun. Lewat aplikasi yang sudah diunduh 10 jutaan ini, Anda bisa memberikan komentar dan berinteraksi dengan sesama pengguna.

Saat ini, Babe memperoleh rating di atas 4 dan dapat Anda pasang pada HP dengan spesifikasi OS Android 4.1 ke atas.

5. Membaca berita dari portal berpengalaman > 50 tahun: Kompas.com – Baca berita Update, Akurat, Terpercaya

Aplikasi KOMPAS.com - Baca Berita Update, Akurat, Terpercaya

Gambar: Tampilan Aplikasi KOMPAS.com – Baca Berita Update, Akurat, Terpercaya via Play Store

Kompas merupakan salah satu portal kabar yang sudah ada sejak lebih dari 50 tahun lalu. Mulai dari koran, situs, hingga aplikasi, kini sudah bisa Anda nikmati dengan mudah dan cepat.

Karena pengalaman yang panjang, isi berita kompas pasti cepat, akurat, dan terpercaya. Cakupan beritanya sangat luas, mulai dari news, bola, olahraga, tekno, sains, entertainment, otomotif, gaya hidup, properti, travel, kesehatan, edukasi, makanan, hingga kanal khusus.

Semuanya bisa Anda nikmati dalam satu genggaman.

Aplikasi dengan total unduhan 1 juta lebih ini berbintang 4,4 dan kompatibel dengan OS 5.0 up.

6. Aplikasi berita yang punya game: Liputan6.com – Berita Indonesia Terkini

Aplikasi Liputan6.com – Berita Indonesia Terkini

Gambar: Tampilan Aplikasi Liputan6.com – Berita Indonesia Terkini via Play Store

Tak hanya membaca berita, di Liputan6.com Anda juga bisa bermain game sederhana yang fungsinya untuk mengasah otak. Bila Anda tidak terlalu suka membaca, pada aplikasi ini juga tersedia rangkuman kabar dalam bentuk video.

Beberapa informasi yang bisa Anda peroleh dari Liptan6.com adalah nasional, internasional, bisnis, sepak bola, kesehatan, unik, hiburan, gaya hidup, otomotif, teknologi, dan travel.

Aplikasi berbintang 4,4 di Play Store ini memerlukan setidaknya 20MB memori HP dengan spesifikasi OS minimal Lolipop.

7. Ada video humor dan komunitas game: Baca – Berita, Video, Komunitas Game, & Nama Keren

Aplikasi Baca – Berita, Video, Komunitas Game, & Nama Keren

Gambar: Tampilan Aplikasi Baca – Berita, Video, Komunitas Game, & Nama Keren via Play Store

Baca menawarkan fitur yang sangat unik dan menarik. Di sini, tersedia banyak informasi mengenai berita dunia, politik dalam dan luar negeri, ekonomi, hiburan, olahraga, hingga komunitas game.

Anda bisa menemukan teman Mabar melalui aplikasi berbintang 4,1 ini. Selain itu, konten yang ada di dalamnya juga dapat dibagikan, dikomentari bahkan divoting.

Untuk mengunduhnya, sistem operasi minimalnya adalah Lolipop. Soal ukuran, aplikasi dengan 10 jutaan pengguna ini memiliki ukuran beragam tergantung perangkat yang dipakai untuk mengunduh.

8. Ada informasi untuk ibu muda dan kabar K-Pop: Kumparan – Berita Indonesia Terkini

Aplikasi Kumparan – Berita Indonesia Terkini

Gambar: Tampilan Aplikasi Kumparan – Berita Indonesia Terkini via Play Store

Kumparan merupakan salah satu portal berita di Indonesia yang cukup inovatif. Di sini, Anda tidak hanya akan mendapatkan informasi seputar bola, news, bisnis, style, olahraga, sains, teknologi, hiburan, otomotif, dan makanan.

Lebih dari itu, Kumparan menyediakan informasi khusus tentang K-Pop, pojok Milenial, dan KumparanMom untuk seluruh ibu di Indonesia. Isinya sangat informatif dilengkapi dengan gambar yang desainnya kece.

Pengguna kumparan saat ini lebih dari 500 ribuan pengguna. Memori yang dibutuhkan untuk mengunduhnya adalah minimal 24 MB. Sementara untuk OS yang kompatibel adalah minimal 5.0 ke atas.

9. Bisa streaming drama dan film: Line Today – Berita Tercepat & Terpercaya

Aplikasi Line Today – Berita Tercepat & Terpercaya

Gambar: Tampilan Aplikasi Line Today – Berita Tercepat & Terpercaya via Play Store

LINE today saat ini sudah dipilih oleh lebih dari 500 ribuan pengguna di Indonesia. Fiturnya yang menarik menjadi alasan terpilihnya APK ini.

Lewat LINE today, Anda akan memperoleh informasi terbaru seputar hukum, hiburan, teknologi, games, olahraga, hingga gaya hidup.

Platform satu ini bekerja sama dengan lebih dari 150 media yang terpercaya sehingga beritanya No Hoax.

Yang menarik, Anda juga dapat menonton drama dan film secara streaming. Juga ada quiz-quiz tertentu dengan hadiah menarik buat yang beruntung.

10. Lengkap dengan fitur tanya jawab: IDN App, Aplikasi Baca Berita Terlengkap

Aplikasi IDN App, Aplikasi Baca Berita Terlengkap

Gambar: Tampilan Aplikasi IDN App, Aplikasi Baca Berita Terlengkap via Play Store

IDN App menyasar pasar milenial dan generasi Z. Fiturnya lumayan menarik. Sebab selain bisa membaca kabar secara lengkap, Anda juga dapat membuat tanya jawab untuk mengetahui pandangan dan pendapatan masyarakat mengenai kabar tertentu.

Aplikasi ini mencakup informasi seputar teknologi, olahraga, bisnis, news, hingga berita Korea secara lengkap.

IDN App telah mengantongi lebih dari 500 ribu users. Mayoritas mereka memberikan ulasan positif dengan rata-rata bintang sebesar 4,7.

Jika tertarik untuk memasangnya di HP, pastikan bahwa OS HP-nya di atas 5.0 dan ruang memori yang tersedia setidaknya 11 MB.

Itulah beberapa pilihan aplikasi berita terbaik yang recomended di tahun 2021. Tentunya dengan berita terkini dan fitur dalam aplikasi yang unik dan berguna. Silakan pilih dan pasang sesuai kebutuhan informasi Anda.

Ilustrasi: pikisuperstar – www.freepik.com

Tagged in:

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles