Mau mencatat tapi tidak ada alat tulis? Manfaatkan aplikasi note yang ada di Android. Catatannya bisa ditandai dan dipasangi reminder sebagai pengingat.

 

Anda bisa langsung mengunduh aplikasinya melalui Play Store. Semuanya gratis! Kecuali jika Anda membeli versi pro untuk mendapatkan fitur khusus.

Rekomendasi Aplikasi Catatan Android Terbaik

Nah, untuk membantu Anda menemukan aplikasi dengan fitur terbaik, berikut ini kami sampaikan beberapa review aplikasinya:

1. Colornote – Notepad Notes: Aplikasi note terbaik pilihan editor dan mayoritas pengguna

Gambar: Tampilan ColorNote Catatan Notepad Note

Colornote merupakan rekomendasi aplikasi catatan pertama untuk Anda. Sampai saat ini, total pengunduh Colornote sudah mencapai 100 juta lebih. Dari angka tersebut, sebanyak 3,1 jutaan pengguna sudah memberikan ulasan.

Dari ulasan yang masuk, Colornote mendapatkan bintang 4,8 di Play Store. Hal ini menandakan bahwa aplikasinya memiliki performa dan review yang bagus sehingga disukai oleh para pengguna. Terlebih, dia juga menjadi pilihan dari editor.

Pada dasarnya, aplikasi ini sangat simpel. Yakni sebuah APK berfitur lembar catatan dengan format sederhana. Di sini, Anda bisa menggunakan kertas bergaris dengan opsi checklist.

Beberapa fitur penting yang dimiliki Colornote adalah:

  • Pengaturan catatan menurut warna kertasnya.
  • Membuat daftar belanja dan to-do list.
  • Reminder.
  • Quick memo.
  • Sinkron note antar HP atau tablet.
  • Memberikan password pada catatannya, dll.

Aplikasi ini bisa digunakan baik saat offline maupun online. Dia membutuhkan koneksi internet pada saat Anda mau menyinkronisasi atau backup catatan. Agar lebih mudah proses pencadangannya, silakan gunakan aplikasi backup terbaik.

2. Google Keep – Notes and List: Bisa menulis catatan pakai suara

Gambar: Tampilan Google Keep – Catatan dan Daftar

Jika Anda ingin mencatat pelajaran sekolah tapi takut ketinggalan penjelasan dari guru, maka cobalah install Google Keep. Aplikasi yang biasanya sudah terinstal langsung di HP ini bisa Anda gunakan untuk menulis catatan melalui suara.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan foto, memberikan checklist, memberikan warna pada catatan tertentu untuk menandainya, reminder, dan yang lainnya.

Aplikasi yang sudah memiliki milyaran pengguna ini bisa dipasang pada perangkat dengan sistem operasi apa saja. Bintang Google Keep adalah 4,4 dari ulasan sebanyak 1,1 jutaan.

3. Evernote – Notes Organizer & Daily Planner:  Fitur lengkap dari catatan, link, musik, foto, hingga dokumen

Gambar: Tampilan Evernote – Penyelenggara Catatan

Evernote merupakan salah satu aplikasi note pilihan editor. APK ini juga disukai oleh banyak orang dengan mendapatkan bintang sebanyak 4,1 dari 1,5 juta ulasan.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat catatan, memo, check list, hingga to-do list. Menariknya, Anda juga bisa memasukkan link artikel atau situs tertentu ke dalamnya.

Bahkan, Evernote juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan scanning terhadap tulisan tangan, gambar, dokumen, dan business card. Anda juga bisa menyematkan dokumen berformat foto, PDF, dan audio ke dalam catatannya.

4. Bisa menyimpan gambar di catatan dan menulis dengan kanvas: Microsoft One Note, Save Ideas and Organize Notes

Gambar: Tampilan Microsoft OneNote – Simpan Ide dan Kelola Catatan

Pilihan editor berikutnya adalah Microsoft One Note. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 500 juta kali ini memiliki ulasan sebanyak 836 ribuan. Dari ulasan tersebut, Microsoft One Note memiliki bintang di atas 4. Hal ini menjadi bukti bahwa dia adalah aplikasi note yang layak untuk direkomendasikan.

Dengan Microsoft One Note, Anda bisa melakukan apa saja. Mulai dari membuat catatan sederhana dengan cara mengetik hingga mengambil gambar kemudian memberikan keterangan pada gambar tersebut langsung dari layarnya seperti tulisan tangan.

Sinkronisasi Microsoft One Note juga mudah sehingga Anda tak perlu takut kehilangan catatan. Sebagai informasi, Anda bisa memasang APK ini pada Android ber-OS 5.0 up.

5. Aplikasi note offline: Keep My Notes – Notepad, Memo, and Checklist

Gambar: Tampilan Keep My Notes – Notepad

Keep My Notes saat ini sudah mengantongi sejumlah 10 jutaan pengguna. Dia merupakan salah satu aplikasi dengan tampilan sederhana yang fiturnya lengkap.

Di sini, Anda bisa membuat catatan secara offline, memberikan password pada catatannya, menambahkan bold italic underline, menambahkan catatan langsung ke homescreen, menulis pakai suara, dll.

Menariknya lagi, aplikasi ini full offline. Bahkan, untuk backup dan restore yang biasanya membutuhkan koneksi internet, Keep My Notes tidak membutuhkannya.

Aplikasi yang mendapatkan bintang 4,5 ini juga bisa dipakai untuk menulis tangan dan menggambar langsung ke layar.

Ukurannya hanya sekitar 10 MB dan yang terpenting bisa dipasang pada OS Android 4.0 up.

6. Aplikasi catatan dengan tampilan sederhana: ClevNote – Notepad, Checklist

Gambar: Tampilan ClevNote – Buku catatan, Daftar periksa

Sesuai dengan namanya, Clevnote dapat Anda gunakan untuk menuliskan catatan sederhana sehari-hari. Misalnya catatan belanjaan, diary, dan yang lainnya.

Anda juga bisa menuliskan nomor rekening, lirik lagu, hingga mencantumkan checklist pada masing-masing catatan yang telah dibuat.

Tampilannya sangat simpel sehingga mudah digunakan. Ukurannya pun ringan, yakni hanya sekitar 8,7 MB saja. Pengguna Clevnote kini sudah lebih dari 5 jutaan dengan review 108 ribuan.

Jika tertarik untuk memasang aplikasi berbintang 4,6 ini, maka pastikan bahwa spesifikasi Android Anda memenuhi. Minimal OS-nya adalah 5.0.

7. Catatan tulisan tangan yang inovatif: Squid – Take Notes & Markup PDFs

Squid menawarkan fitur yang unik. Di mana Anda bisa membuat catatan langsung menggunakan tangan, bukan ketikan. Yang lebih menarik lagi, dengan Squid Anda bisa menandai file PDF dengan beberapa bentuk, tulisan, dan yang lainnya.

Tidak berhenti di situ, aplikasi yang sudah mendapatkan bintang 4,3 dari 54 ribuan ulasan ini juga bisa Anda gunakan sebagai whiteboard saat butuh presentasi.

Setelah menuliskan catatan, Anda pun bisa langsung mengekspor file-nya dengan format PDF.

8. Bisa import file .txt: Notepad Free

Gambar: Tampilan Notepad Free

Fitur dari Notepad Free cukup unik. Dengan aplikasi ini, Anda tak hanya bisa mencatat tetapi juga menyimpannya dengan format .txt. Ini akan memudahkan saat Anda mengakses file melalui PC, laptop, atau komputer.

Menariknya lagi, Anda pun bisa mengimpor file berformat .txt ke dalam aplikasinya.

Notepad Free sangat cocok buat menulis diary, ide artikel, novel, puisi, dan kerangka karangan. Hal ini karena dia bisa dipakai untuk menulis kalimat yang panjang dengan tampilan utuh.

Sediakan ruang 7,9 MB dan OS minimal 5.0 up bila ingin mengunduh aplikasi note berbintang 4,5 ini.

9. Catatan dengan widget unik warna-warni dan font kekinian: Sticky Notes + Widget

Gambar: Tampilan Sticky Notes + Widget

Dengan Sticky Notes, Anda tidak hanya bisa membuat catatan tetapi juga bisa menyimpannya dengan desain yang unik dan kreatif. Tampilannya benar-benar beda. Rasanya seperti riil sedang membuat catatan kecil dan ditempelkan di papan. Bedanya, papannya adalah HP atau smartphone.

Selain mengetik, Anda juga bisa menggambar, menulis tangan, memberikan proteksi berupa password, hingga memilih tipe huruf yang bagus.

Jika Anda ingin mengunduh aplikasi berbintang 4,0 dari 33 ribuan ulasan ini, maka silakan pastikan spesifikasi HP-nya ber-OS 5.0 ke atas dan ruang minimalnya 5,4 MB.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi note yang bisa kami berikan. Silakan pasang salah satu aplikasi yang pas dengan kebutuhan Anda.

Ilustrasi: Stories – www.freepik.com

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles