Poin penting

  • Desainer Google, Aileen Cheng memimpin proses redesign visual penelusuran seluler Google.
  • Redesign penelusuran Google seluler akan membuat orang lebih fokus pada informasi dibandingkan dengan elemen disekitarnya.
  • Ada lima perubahan desain yang akan segera diterapkan di penelusuran Google seluler.

Desain visual penelusuran Google versi mobile baru saja didesain ulang. Desainer Google, Aileen Cheng baru-baru ini memimpin proses redesign, dan akan segera diluncurkan dalam beberapa hari mendatang.

 

“Kami ingin mengambil langkah mundur untuk  menyederhanakan sedikit sehingga orang bisa menemukan apa yang mereka cari lebih cepat dan lebih mudah. Saya merasa sangat menyegarkan. Untuk saya, ini adalah angin segar!”, ungkap sang desainer Google, dikutip dari Google Blog (22/01/20).

Aileen Cheng juga mengatakan kalau memikirkan desain ulang visual untuk Penelusuran sangatlah rumit. Hal ini karena Google telah berkembang menjadi mesin penelusuran yang tidak hanya menyajikan informasi web, namun semua informasi di dunia. Aileen juga menambahkan, informasi yang ditampilkan Google sekarang sangatlah beragam jenis kontennnya, dan pihaknya ingin membantu pengguna untuk memahaminya.

Berikut ini beberapa rancangan desain ulang yang sedang dikerjakan Aileen dan tim desainer Google:

Desain ulang hasil penelusuran Google seluler

  1. Berfokus pada informasi. Tim desainer Google ingin hasil penelusuran terlihat jelas. Pengguna Google nantinya bisa lebih fokus pada informasi daripada elemen desain di sekitarnya. Google ingin menyederhanakan pengalaman dan mengarahkan orang ke informasi yang mereka cari sejelas dan secepat mungkin.
  2. Membuat teks lebih mudah dibaca. Tim desainer memutuskan untuk menggunakan teks judul yang lebih besar, tebal, sehingga mata manusia bisa memindai dan mengerti hasil penelusuran lebih cepat. Font milik Google sendiri nantinya akan digunakan di hasil penelusuran, mirip dengan Gmail di Android. Konsistensi desain diharapkan akan memudahkan pengguna Google nantinya untuk mengurai informasi lebih efisien.
  3. Menciptakan ruang yang lebih lega. Update desain Google nantinya akan menampilkan hasil penelusuran yang lebih tajam dan meminimalkan pengunaan bayangan atau shadows. Dengan bayangan yang lebih sedikit diharapkan ruang visual bisa lebih lega dan hasil penelusuran akan lebih terlihat jelas.
  4. Penggunaan warna sorotan untuk konten yang penting. Aileen juga mengatakan kalau timnya akan bereksperimen dengan banyak warna dan desain yang berani pada informasi tertentu yang penting, namun tidak berlebihan atau bahkan mengganggu pengguna.
  5. Desain dengan perasaan “Googley”. Desain baru penelusuran Google mobile akan terasa sedikit lebih kenyal dan menggelembung. Mengambil konsep desain logo Google yang banyak bulatan, tim desain membawa desain tersebut ke hasil penelusuran mobile. Anda nantinya akan melihat konsep desain dengan bulatan ini di beberapa hasil penelusuran Google.

Desain ulang hasil penelusuran Google mobile ini berfokus pada penyegaran, namun tetap familiar. Google berharap desain barunya nanti bisa membawa keakraban dan kemudahan bagi penggunanya.

Tagged in:

About the Author

Putra Jatmika

Putra Jatmika adalah penulis di Jatimtech yang menulis topik tentang teknologi dan tutorial aplikasi yang membantu membuat hidup orang lebih mudah.

View All Articles