Mau mengaji secara leluasa dari mana saja dan kapan saja? Ayo pasang aplikasi alquran favorit sekarang! Cek fiturnya dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Perlu Anda Ketahui:

  • Ada banyak sekali pilihan aplikasi Al-Quran yang bisa Anda pasang di smartphone. Ada yang hanya berisi surat-surat tertentu, seperti yasin. Ada juga yang full 30 juz.
  • Mayoritas orang mencari aplikasi Quran yang lengkap 30 juz dengan 114 surat. Tak heran bila aplikasi yang tersedia di Play Store pun demikian. Sebagian besar pilihan APK alquran digital adalah yang lengkap 30 juz.
  • Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kelengkapan fitur yang berbeda. Ada yang hanya berupa ayat, ada pula yang dilengkapi dengan terjemahan, latin, bahkan MP3 atau audio.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa review mengenai aplikasi yang paling banyak diunduh dan digunakan oleh para pengguna smartphone. Selamat menyimak sampai selesai.

Aplikasi Al-Quran MP3 online (bisa offline bila sudah didownload)

Jika Anda mencari APK yang cukup lengkap dengan tajwid dan ringan, maka berikut ini beberapa pilihannya:

1. Menampilkan ayat satu per satu secara berbaris: Al quran Indonesia

APK pertama bernama “Al Quran Indonesia”. Al quran digital ini sudah mendapatkan bintang 4,8 dari 5 di Play Store dengan total ulasan lebih dari 1 juta.

Al quran Indonesia membutuhkan sekitar 19 MB di ruang memori HP. Saat ini, dia sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Total pemasangan yang tinggi ini tak lepas dari kelengkapan fitur yang dimilikinya.

Dengan aplikasi Al-Quran ini, Anda bisa membaca 114 surat secara penuh. Anda pun bisa melihat terjemahan masing-masing ayatnya.

Tak hanya itu, APK ini juga dilengkapi dengan audio atau MP3 yang bisa didengarkan secara offline asal Anda sudah mengunduhnya.

Jika belum diunduh, Anda harus online dulu kemudian mengunduh file audionya. Setelah terunduh, Anda bisa mendengarkan MP3-nya kapan saja dan di mana saja secara bebas.

Menariknya lagi, Al quran Indonesia juga dilengkapi dengan tajwid yang ditandai dengan warna colorful. Oleh karena itu, apabila Anda baru belajar membaca alquran dan ingin tahu hukum bacaannya, aplikasi ini sangat cocok dan direkomendasikan.


2. Membaca Al-Quran seperti membaca mushaf pada umumnya: Quran (Quran for Android)

Pilihan kedua adalah aplikasi dari quran.com. Saat ini, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali dengan total ulasan 500 ribuan. Dari ulasan tersebut, para pengguna memberikan rating 4,8 dari 5. Ukuran file-nya bervariasi tergantung pada perangkat yang digunakan.

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang menampilkan ayat satu per satu secara berbaris. Di sini, Anda bisa membaca alquran seperti membaca mushaf pada umumnya.

Jadi, dalam satu layar akan ditampilkan satu halaman penuh ayat-ayat quran. Tampilan seperti ini sangat cocok buat yang sudah bisa membaca alquran dan ingin membacanya secara tartil dalam waktu yang cepat. Tak perlu geser berkali-kali.

Ada fitur terjemahan di dalamnya. Namun, Anda perlu melakukan pengunduhan dulu supaya terjemahannya bisa ditampilkan ke layar.

Di sini juga ada audionya. Anda tinggal mengunduhnya saja sehingga bisa didengarkan secara offline.

Tampilan aplikasi alquran ini sangat simpel. Saat membukanya pertama kali, hanya ada opsi Surat, Juz, dan Penanda.

Pada menu Surat, Anda akan menemui penggolongan ayat alquran berdasarkan suratnya. Sementara menu Juz menunjukkan masing-masing juz-nya.

Terakhir, Penanda adalah fitur yang paling menarik. Di mana Anda bisa menandai surat-surat tertentu untuk dibaca sewaktu-waktu.


3. Pengingat membaca Al-Quran: MyQuran – Al Quran dan Terjemahan

Dengan total unduhan lebih dari 10 juta kali dan ulasan lebih dari 370 ribu, MyQuran menjadi aplikasi quran yang cukup direkomendasikan. Anda bisa memasangnya dengan menyediakan ruang seluas 32 MB saja.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur, di antaranya adalah dashboard, khatam, my doa, konten islami, myquran edu, myshodaqoh, dll.

Menu-menu di atas siap mendukung kebutuhan Anda untuk belajar membaca, khotmil quran, hingga menghafalkannya.

Anda perlu log in untuk membuka beberapa menu di atas. Salah satu contohnya adalah menu My Doa. Jika ingin membukanya Anda tinggal log in menggunakan akun gmail.

Nah, jika Anda hanya ingin fokus membaca, maka di sini sudah ada fitur terjemah yang bisa diresapi per ayat.

Kalau masih belajar, aplikasi alquran ini juga dilengkapi dengan tajwid. Jadi, ada informasi bacaan ikhfa’, iqlab, idgham, dll.

Untuk tambahan audio, Anda harus mengunduh dulu supaya bisa didengarkan kapan saja bahkan saat offline sekalipun.


Aplikasi al-quran terbaik offline full 30 juz dan terjemahan

Berbeda dengan APK yang perlu diunduh murrotal-nya supaya bisa didengarkan secara offline, aplikasi di bawah ini bisa langsung dinikmati secara offline tanpa perlu download dulu.

Namun karena memang sudah dilengkapi dengan murrotal, ukuran file aplikasinya cenderung besar. Lebih jelasnya, silakan cek langsung opsinya berikut ini:

4. Fitur Murottal dan Tajwid yang lengkap: Al Quran Terjemahan Offline Lengkap Tajwid

Saat ini, APK quran ini memang baru diunduh sebanyak lebih dari 500 ribuan kali dengan total ulasan sebanyak 30 ribuan. Namun, bintang yang didapatkannya hampir sempurna, yakni 4,9 dari 5.

Artinya, hampir semua pengguna yang memberikan ulasan merasa puas dengan fitur yang ditawarkan di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, apps ini bisa dipakai secara offline. Artinya, Anda tak perlu mengunduh audio dulu untuk bisa mendengarkannya. Di dalamnya sudah tersedia langsung murrotal offline saat pertama kali diinstal ke HP. Dengan fitur seperti ini tak heran bila ukuran file apps-nya cukup besar, yakni sekitar 90-an MB.

Yang lebih menarik lagi, fitur tajwid di sini tidak hanya sekedar informasi bacaan saja. Tetapi juga ada penjelasannya secara detail.

Misalnya, untuk nun mati ketemu fa’, ada informasi baca cara membacanya harus disamarkan karena merupakan bacaan ikhfa’. Kemudian, Anda bisa membuka menu “Belajar Tajwid” untuk tahu apa saja huruf yang bila bertemu dengan nun mati harus dibaca ikhfa’ atau disamarkan.


5. Tampilan yang sederhana: Al Quran MP3 (Full Offline)

Al Quran MP3 full offline adalah salah satu pilihan yang pas buat Anda yang mau mendengarkan murrotal sekaligus menyimak cara membaca alqur’an. Saat ini, APK-nya sudah dipasang lebih dari 1 juta kali dengan jumlah ulasan sebanyak 55 ribuan.

Dari total ulasan tersebut, dia mendapatkan rating bintang 4,8 dari 5. Anda bisa menggunakan aplikasi ini pada Android bersistem operasi 4,1 ke atas dengan menyediakan ruang sebesar 90 sampai 100 MB di HP.

Tampilan menu aplikasi al quran Indonesia ini sangat sederhana, yakni ada pilihan Al-Qur’an dan MP3 offline. Jika Anda sedang ingin membaca, maka pilih menu Al-Qur’an. Sebaliknya, apabila ingin mendengarkan murrotal, silakan klik MP3 offline.

Tampilan menu bacaannya digolongkan berdasarkan surat. Jadi, Anda bisa memilihnya dengan cara scroll ke bawah hingga menemukan surat yang diinginkan.

Saat membaca, Anda bisa sekalian meresapi terjemahan ayatnya. Juga bisa membaca versi latin arabnya jika kesulitan membaca huruf arabnya secara langsung.

Yang menarik, jika Anda sedang online, maka Anda bisa klik pada ayatnya untuk mendengarkan murrotal-nya secara langsung.


Itulah beberapa aplikasi alquran yang memiliki rating bagus dan direkomendasikan. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tagged in:
, ,

About the Author

Tim Jatimtech

Media industri aplikasi mobile. Memberikan ulasan aplikasi, tips & trik aplikasi, rekomendasi aplikasi dan berita terkini.

View All Articles