Situs Tips & Berita Teknologi

YouTube Kids Akan Diluncurkan Di Australia

0

JATIMTECH.com – Para orang tua di Australia merasa khawatir anak-anaknya menonton konten yang tidak pantas di YouTube ataupun terlalu banyak menonton idola mereka seperti Justin Bieber sehingga terasa sebagai sebuah hal yang membuat waktu efektif anak.

Seperti yang dilansir Mashable (20/11/2015) bahwa kini aplikasi YouTube Kids akan diluncurkan di Australia pekan ini. Peluncuran tersebut hanya berlaku untuk perangkat berbasis iOS dan juga Android. Aplikasi ini memungkinkan anak-anak menonton video yang telah difilter sebelumnya agar sesuai dengan usia anak-anak. Aplikasi ini bisa didownload di Google Play dan Apple App Store.

Pertama diluncurkan di Amerika pada bulan Februari, aplikasi ini sudah banyak diunduh lebih dari 10 juta kali secara global. Kepala bagian keluarga dan pembelajaran di perusahaan YouTube yaitu Malik Ducard telah menyatakan bahwa aplikasi ini mengelompokkan video menjadi 4 kategori yang mencakup shows, musik, belajar dan juga jelajah. Selain itu terdapat juga video pendidikan yang dibuat sendiri oleh YouTube.

Aplikasi YouTube Kids
Aplikasi YouTube Kids (gambar: mashable.com)

Australia memang tengah peka terhadap kehidupan anak-anak dan aplikasi YouTube Kids menjadi pendukung yang baik. Banyak yang bisa ditonton seperti Play School, Jemima Big Adventure dan Giggle and Hoot. Selain itu terdapat channel memasak untuk anak seperti Crafty Kitchen Charli dan yang lainnya.

Platform tersebut akan mencakup berbagai iklan. Namun pihak Google telah menegaskan bahwa hal tersebut akan menjadi lebih ramah untuk keluarga dan tidak menyertakan klik melalui link.

Aplikasi ini selain bisa digunakan oleh anak-anak yang sudah mengerti dengan cara memainkan gadget ataupun paham dengan video yang ditayangkan, ternyata aplikasi ini juga dirancang untuk melatih tumbuh kembang balita. Terdapat ikon besar dengan menggunakan pencarian suara. Untuk bisa menavigasikannya butuh anak minimal 4 tahun agar lancar dan baik dalam menggunakannya.

Aplikasi YouTube Kids ini pun menjadikan peran orang tua sedikit lebih jahat dengan menggunakan timer pada aplikasi sehingga membatasi waktu menonton anak-anak.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.