Xiaomi Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite mulai dijual untuk pertama kalinya pada hari Rabu waktu India dan sejauh ini tanggapan konsumen di sana sangat baik. Manu Kumar Jain, VP Xiaomi dan Managing Director Xiaomi India, mengklaim bahwa penjualan pertama Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite telah menyentuh angka 150.000 unit dalam waktu kurang dari tiga menit.

Smartphone tersebut diluncurkan secara eksklusif melalui Amazon India dan Mi.com pada hari Rabu waktu setempat. Jain juga mengumumkan bahwa penjualan berikutnya akan dibuka kembali pada tanggal 15 November. Pada waktu itu, Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite juga akan masuk dalam rak toko-toko offline.

Xiaomi Redmi Y1 tiba di India dalam beberapa konfigurasi. Varian pertama mempunyai penyimpanan 32GB +  RAM 3GB, dan varian RAM 4GB dan penyimpanan 64GB. Sedangkan untuk Redmi Y1 Lite, hanya ada satu konfigurasi yaitu dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB.

Xiaomi Redmi Y1

Fitur yang paling disorot di Redmi Y1 adalah kamera depan yang mempunyai resolusi sebesar 16 megapiksel. Kamera ini dilengkapi dengan LED selfie-light, untuk selfie yang lebih baik dalam kondisi cahaya yang minim. Perusahaan ini juga menggembar-gemborkan fitur Beautify 3.0 di dalamnya, yang membantu mempercantik foto selfie.

Membawa fitur Dual-SIMm Xiaomi Redmi Y1 dipastikan bakal menerima update MIUI 9 pada bulan November, dan menampilkan layar 5,5 inci HD (720×1280 piksel) dengan pelapis Corning Gorilla Glass. Jeroan Redmi Y1 menggunakan Snapdragon 435 SoC, ditambah dengan RAM 3GB. Smartphone ini memiliki kamera 13 megapiksel dengan PDAF dan lampu kilat dual-LED.

Sedangkan Redmi Y1 Lite, ia memiliki layar HD 5,5 inci dan prosesor quad-core Snapdragon 425 1.4GHz. Ponsel dual Nano SIM ini juga memiliki slot kartu microSD khusus dan mendukung perluasan penyimpanan internal hingga 128GB. Resolusi untuk kamera belakang Redmi Y1 Lite adalah 13 megapiksel, dengan LED flash dan PDAF, sedangkan kamera depan hanya 5 megapiksel tapi dirasa sudah cukup untuk sebatas selfie standar.