Hardware

Xiaomi Mi Notebook Air 4G Seharga Rp 9 Juta Resmi Diperkenalkan

JATIMTECH.com – Xiaomi Mi Notebook Air 4G resmi diperkenalkan hari ini. Ini adalah Notebook Xiaomi penerus Mi Notebook Air yang pernah diluncurkan pada bulan Agustus 2016. Hanya saja, Xiaomi Notebook Air kali ini mendukung jaringan 4G LTE, seperti dilansir dari Gizmo China (23/12/2016).

Xiaomi Mi Notebook Air 4G

Pada dasarnya, Xiaomi Notebook Air 4G hampir sama dengan seri Notebook Air yang dirilis beberapa bulan lalu. Dengan desain Notebook Air yang juga ramping, sobat tidak akan melihat perbedaan mencolok dari kedua Notebook Xiaomi.

xiaomi-mi-notebook-air
Xiaomi Mi Notebook Air 4G (Gambar : Gizmo China)

Spesifikasi Xiaomi Mi Notebook Air 4G

Xiaomi Mi Notebook Air 4G tersedia dalam dua varian

Perusahaan merilis dua varian Xiaomi Notebook Air berdasarkan ukuran layar. Pertama, Xiaomi Notebook Air 4G 13,3 inci dengan prosesor Intel Core i7. Sedangkan versi kedua adalah Xiaomi Notebook Air 4G 12,5 inci.

Kedua versi datang dengan kemampuan built-in China Mobile 4G tanpa kartu SIM. Hal ini memastikan laptop terbaru Xiaomi ini mampu memberikan kecepatan internet tertinggi dari seluruh jaringan China Mobile. Tak hanya itu, China Mobile juga menawarkan pembeli gratis data internet 48GB selama satu tahun.

xiaomi-mi-notebook-air-4g
Desain Ramping Xiaomi Mi Notebook Air 4G (Gambar : Gizmo China)
Xiaomi Mi Notebook Air 4G 12,5 inci

Mi Notebook Air 4G 12,5 inci memiliki tubuh tipis dengan balutan logam. Versi ini cukup kuat, dengan baterai tahan lama, yang disebut-sebut bertahan hingga 11,5 jam.

Versi ini juga dilengkapi dengan prosesor Intel Core M3 dan sama-sama omboard, RAM 4GB serta 128GB SATAT SSD hard drive yang dapat diperluas. Semua fitur-fitur keren lainnya seperti built-in speaker kustom AKG, Dolby surround sound support dll.

xiaomi-mi-notebook-air-4g
Spesifikasi Xiaomi Mi Notebook Air 4G (Gambar : Gizmo China)
Xiaomi Mi Notebook Air 4G 13,3 inci

Di sisi lain, Mi Notebook Air 4G 13,3 inci hadir dengan prosesor lebih kuat, yaitu Intel Core i7 clock 3.0GHz. Ini adalah versi upgrade dari versi awal dengan peningkatan kinerja hingga 10%.

Prosesor ini didukung oleh memori 8GB DDR4 dan hard drive 256GB PCIe SSD yang dapat diperluas. Pada bagian ini, versi 13,3 inci bisa bertahan hingga 9,5 jam pemakaian stabil dengan speaker kustom AKG.

Kelebihan Xiaomi Mi Notebook Air 4G

Seperti yang disebutkan di awal, Notebook Air terbaru Xiaomi ini didukung dengan jaringan 4G LTE. Jika fitur 4G ini diaktifkan, maka sobat bisa menggunakan internet dengan kecepatan download hingga 80Mbps.

Xiaomi Mi Notebook Air 4G vs Apple MacBook Pro 4G

Mi Notebook Air 4G ini bahkan lebih cepat dari Apple MacBook Pro 4G. Dengan menggabungkan kecepatan tinggi, cakupan yang luas dan bandwidth yang lebih luas dari jaringan China Mobile, sobat bisa mendapatkan kecepatan download maksimal.

xiaomi-mi-notebook-air-4g
Perbedaan Xiaomi Mi Notebook Air 4G dan Apple MacBook Pro (Gambar : Gizmo China)

Menggunakan built-in jaringan 4G juga membawa tambahan tingkat keamanan cyber. Di mana ini tidak bisa didapatkan dengan Wi-Fi publik. Perlu diingat kembali, sobat tidak perlu membeli kartu SIM, karena itu semua pra-instal di dalam Notebook Xiaomi 4G terbaru.

Mi Notebook Air 4G untuk game dan desain

Mi Notebook Air dapat digunakan untuk menjalankan Photoshop, CAD dan software profesional lainnya. Notebook ini juga merespon dengan baik untuk gaming ekstrim, termasuk game 3D.

Kedua versi dilengkapi dengan kartu grafis built-in NVIDIA GeForce 940MX. Hal ini mendukung DirectX 12, CUDA, PhysX dan Boost 2.0 game effect dan memiliki hingga 1GB GDDR5 standar memori baru.

xiaomi-mi-notebook-air-4g
Xiaomi Mi Notebook Air 4G support Photoshop dan CAD (Gambar : Gizmo China)

Harga Xiaomi Mi Notebook Air 4G

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika perusahaan Tiongkok membagi Notebook Air terbaru dengan dua varian layar. Maka dari itu, harga kedua tipe laptop Xiaomi 4G ini tidaklah sama.

Untuk Xiaomi Mi Notebook Air 4G 12,5 inci harganya adalah 4.699 yuan (sekitar Rp 9 juta). Sedangkan untuk Xiaomi Mi Notebook Air 4G 13,3 inci harganya sedikit lebih mahal, yaitu 6999 yuan (sekitar Rp 13,5 juta).

Untuk melihat spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Notebook Air yang lama, sobat bisa membacanya di sini.