Perusahaan besar seperti Boeing tentu menjadi perusahaan idaman bagi banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, di sana telah terdapat setidaknya 30 diaspora Indonesia. Salah satunya adalah Diah Darmawaty, seorang insinyur muslimah Indonesia satu-satunya yang bekerja di Boeing saat ini.

Diah sebenarnya bukanlah orang baru di Boeing. Ia telah bekerja sebagai insinyur ahli interior di Boeing sejak tahun 2004 silam. Sebelum bekerja di perusahaan yang bermarkas di Everett, Washington, Amerika Serikat tersebut, Diah sempat bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).

Diah pun mengaku bahwa untuk dapat masuk Boeing bukanlah perkara yang mudah. Menariknya, Ia mengaku bahwa sebenarnya Ia mempelajari komponen struktur pesawat terbang secara otodidak, termasuk dari pengalamannya selama bekerja di IPTN. Setelah dinilai sudah cukup belajar, mantan mentor Diah kemudian merekomendasikannya untuk masuk Boeing.

Menurut Diah, yang paling penting adalah kepercayaan diri dan kemampuan untuk membangun kepercayaan. Ia tidak menganggap bahwa gelar akan menjadi hambatan yang berarti dalam membangun karir di negeri asing. Diah juga mengaku bahwa hingga saat ini pun dirinya mengakui saat belum mengerti suatu masalah dan terus belajar.

Meskipun telah berkarir dalam perusahaan besar seperti Boeing, Diah masih belum melupakan rasa cintanya pada tanah air. Ia berharap mahasiswa Indonesia dapat magang di Boeing.