Google Doodle merupakan ilustrasi khas Google yang memiliki kisah-kisah unik di baliknya. Contohnya adalah Google Doodle pada Hari Senin, 10 Juli 2017, yang dibuat untuk memeringati ulang tahun ke-293 dari Eva Ekeblad. Mungkin tidak banyak yang mengetahui Eva Ekeblad, dan mengapa Google memilih gambar berupa potongan kentang yang membentuk tulisan Google.

Eva Ekeblad merupakan seorang agronom, ilmuwan, dan bangsawan terhormat asal Swedia. Namanya dikenal luas ketika Ia berhasil membuat ekstraksi alkohol dan tepung yang berasal dari kentang pada tahun 1746.

Kentang sebenarnya telah dikenal di Swedia sejak tahun 1658. Namun, pada saat itu, kentang hanya dibudidayakan di rumah kaca dan merupakan makanan kaum aristokrat. Berkat peranan dari Eva Ekeblad lah, kentang dapat menjadi bahan makanan pokok di Swedia yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyakarat.

Eva Ekeblad tidak hanya membuat kentang dapat dinikmati semua orang di Swedia pada saat itu, tetapi secara tidak langsung, penemuannya berperan dalam menurunkan angka kelaparan di Swedia.

Eva juga memanfaatkan bunga kentang sebagai pengganti bahan berbahaya yang digunakan untuk kosmetik, serta menemukan cara untuk memutihkan kapas dan benang dengan sabun.

Pencapaian Eva Ekeblad membuat dirinya menjadi wanita pertama yang masuk ke Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia dan dinobatkan sebagai anggota kehormatan di tempat tersebut pada tahun 1751.

Meskipun telah meninggal di usia 61 pada tahun 1786, tetapi jasa Eva Ekeblad masih dikenang dan dirayakan hingga saat ini.