Home » Gadget » Smartphone » Xiaomi Mi 4 Terjangkit Malware, Ini Jawaban Bos Xiaomi

Xiaomi Mi 4 Terjangkit Malware, Ini Jawaban Bos Xiaomi

Perusahaan keamanan data Bluebox telah menemukan sebuah malware di Xiaomi Mi 4. Tidak hanya itu, sistem Mi 4 juga dikabarkan telah dirusak oleh pihak ketiga yang tidak dikenal.

Sebelum uji coba dilakukan, para peneliti di Bluebox telah memastikan bahwa ponsel yang akan mereka uji adalah Xiaomi Mi 4 asli dengan sebuah aplikasi khusus.

Di saat perangkat Mi 4 diuji, para peneliti menemukan ada beberapa aplikasi berbahaya yang pre-install, diantaranya: adware yang telah disamarkan mirip aplikasi Google; Trojan yang memungkinkan hacker mengontrol smartphone; serta aplikasi berbahaya yang lain.

Dilansir JatimTech, (8/3/2015) dari Venture Beat, Andrew Blaich selaku analis keamanan Bluebox merilis laporan melalui blog bahwa Mi 4 rentan terhadap setiap tes keamanan. Blaich juga menjelaskan sistem operasi Mi 4 adalah versi Android non-sertifikat.

Menanggapi laporan dari Bluebox, Jumat (6/3/2015) berikut ini respon dari pihak Xiaomi.

“Kami yakin perangkat diuji Bluebox tidak menggunakan MIUI ROM standar, factory ROM kami dan OTA ROM tidak pernah dalam keadaan root dan juga tidak terpasang layanan seperti YT Service, PhoneGuardService, AppStats, dan lainnya. Bluebox mungkin telah menggunakan ponsel yang telah dirusak, karena membelin melalui pengecer di Cina. Xiaomi tidak menjual ponsel melalui pengecer pihak ketiga di Cina, hanya melalui saluran online resmi dan toko carrier yang dipilih “-. Hugo Barra, VP International

Barra lanjut menjelaskan, para calon pembeli disarankan membeli ponsel Xiaomi melalui toko resmi Mi.com atau toko-toko lain yang telah resmi bekerja sama dengan Xiaomi agar ponsel yang dimiliki bersih dari malware.

Pada akhirnya pihak Bluebox mengatakan bahwa semakin populer sebuah perangkat, maka semakin perangkat tersebut diserang. Xiaomi diketahui telah meraih lebih dari 100 juta pengguna MIUI di seluruh dunia, jumlah yang akan terus naik tentunya.

Sumber: Bluebox

Have your say!

0 0