Gadget

Wow! Panasnya Sony Xperia Z4 Mencapai 68 Derajat Celcius

Xperia Z4, smartphone flagship Sony yang tak jadi dipasarkan secara global tetapi hanya dipasarkan di negara asalnya, Jepang. Sebagai gantinya, Sony menghadirkan Xperia Z3+ untuk dipasarkan secara global. Namun ponsel ini sepertinya dirundung masalah overheating di negara asalnya.

Tak tanggung-tanggung, panasnya suhu Sony Xperia Z4 bisa mencapai 68 derajat celcius saat diuji menggunakan aplikasi CPU-Z. Panasnya suhu Xperia Z4 juga dilaporkan pengguna ponsel ini karena suhunya terlalu tinggi.

Seperti yang kita tau, Sony Xperia Z4 menggunakan Snapdragon 810 sebagai chipsetnya. Chipset ini telah berulang kali didera isu overheating atau panas berlebih. Bahkan bukan cuma Xperia Z4 saja, ponsel dari vendor lain yang menggunakan chipset Snapdragon 810 seperti Xiaomi Mi Note Pro, Sharp AQUOS Zeta, Fujitsu ARROWS NX, bahkan adik Xperia Z4, yakni Sony Xperia Z3+ juga mengalami hal yang sama.

Bahkan operator Jepang, NTT Docomo yang membundling ponsel ini juga mengamini isu overheating ini. Di salah satu sudut toko terpajang potensi overheating Xperia Z4 dan cara meredam panasnya.

Qualcomm selaku pembuat chip ini sebenarnya sudah berkali-kali menepis isu tersebut, perusahaan ini bahkan sampai merevisi chipset buatannya itu ke versi 2, yang chipsetnya digunakan Xperia Z3+. Namun sejumlah laporan tampaknya menjadi bukti yang sangat jelas bahwa Snapdragon 810 menjadi biang kerok dibalik panas berlebih yang dialami beberapa smartphone yang menggunakannya.