Wow, Ini Dia Model TRI yang Ungkap Kepribadianmu!

JATIMTECH.com – Kabarnya sebuah model baru untuk mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian dapat membantu organisasi menghemat uang dengan memperbaiki proses perekrutan dan dengan mengevaluasi kinerja karyawan.

Model, yang dikembangkan oleh Brian Connelly, seorang profesor di U of T Scarborough Departemen Manajemen, disebut Trait-Reputasi-Identity (TRI).Model unik ini mampu melihat kontras kepribadian yang terlihat oleh seorang individu dengan kepribadian mereka yang dilihat oleh orang lain.

Misalkan, jika seseorang percaya dirnya sangat ramah daripada yang benar-benar didasarkan pada penilaian teman sejawat maka model baru ini sangat cocok untuk mengetahui informasi penting mengenai kepribadian seseorang kata Connelly. Model bekerja dengan ciri kepribadian yang sangat bergantung pada cara orang biasanya berperilaku, tetapi lebih dari itu TRI menggabungkan fokus pada bagaimana individu berpikir tentang sifat-sifat kepribadian mereka sendiri dengan penilaian orang lain. Connelly mengatakan bahwa TRI memiliki kemampuan untuk memprediksi hasil seperti kinerja, motivasi, kepemimpinan, penundaan, dan komitmen untuk sebuah organisasi yang mana indikator yang paling kuat dari efektivitas potensi kandidat di tempat kerja.

Connelly juga menambahkan bahwa masalah tes kepribadian saat ini adalah bahwa mereka sering memiliki pandangan yang sempit mengenai kepribadian yang mengarah pada organisasi untuk memilih manipulator atas kandidat yang lebih cocok. Connelly berharap bahwa tes TRI dapat untuk menghasilkan data yang akurat. Lebih lanjut model TRI menggunakan perpaduan unik dari diri dan rekan calon pekerja untuk mengumpulkan umpan balik pada hubungan individu dengan ciri-ciri lima kepribadian yang besar yang meliputi extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism dan keterbukaan. Apa yang membedakannya dari model sebelumnya adalah bahwa ia menyediakan metode yang kuat dan kerangka analisis untuk menentukan apakah ada kesepakatan atau divergensi tentang ciri-ciri kepribadian individu.

Sebagai tindak lanjut studi Connelly telah dilakukan pada pasukan Angkatan Udara Korea dengan berfokus pada persepsi diri mereka dan bagaimana rekan-rekan mereka saling bekerja. Penelitian yang sedang berlangsung akan mengevaluasi kegiatan mereka ketika mereka akhirnya mencapai angkatan udara.

Model TRI ini dikembangkan dengan Samuel McAbbe, Asisten Profesor Psikologi di Illinois Institute of Technology, dan diuraikan dalam sebuah jurnal Psychological Review yang dilansir dari Sciencedaily, Jumat (06/01/2017).

DON'T MISS

Tulis Komentar