Home » Tech News » Toilet Ini Dapat Rubah Kotoran Jadi Energi

Toilet Ini Dapat Rubah Kotoran Jadi Energi

Toilet Ini Dapat Rubah Kotoran Menjadi Energi (Gambar: Sciencealert)
Toilet Ini Dapat Rubah Kotoran Menjadi Energi (Gambar: Sciencealert)

JATIMTECH.com – Tepatnya kemarin tanggal 22 Maret, dunia merayahkan Hari Air Dunia, moment ini merupakan moment yang tepat untuk menyoroti fakta suram, yang mana lebih dari 2,4 miliar orang di seluruh dunia masih hidup dalam kondisi kekurangan air bersih yang mengalir. Tempat-tempat seperti ini benar-benar sangat berisiko terkena penyakit sanitasi yang mengancam jiwa.

Beberapa upaya dilakukan untuk menjawab permasalahan yang satu ini. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Gates Foundation, yang mana pada bulan September 2012 silam telah mendanai penelitian untuk merancang toilet yang murah dan bermanfaat secara berkelanjutan. Penelitian ini didanai Gates Foundation sebesar US$ 710 Ribu dan menghasilkan satu rancangan unik dari seorang peneliti Cranfield University. Rancangan toilet ini dinamai sebagai Toilet Nano Membran yang mana tak memerlukan air dan dapat mengeluarkan energi yang bermanfaat, dilansir dari Sciencealert, Rabu (23/03/2016).

Apabila dicermati bersama, desain dari toilet ini benar-benar rumit, desain Nano Membran toilet ini dimaksudkan untuk mengimbangi kelangkaan ini. Ini tanpa air, mudah digunakan, dan tinggal menerima dana tambahan untuk uji lapangan, dan tentunya sangat baik untuk menjadi bagian dari masa dan menjawab masalah-masalah sanitasi di seluruh dunia.

Alison Parker selaku dosen di Cranfield Water Science Institute, mengatakan kalau desain ini memang diperuntukkan untuk melayani daerah-daerah miskin air dan jauh dari perkotaan.

Bagi sobat yang ingin tau lebih banyak mengenai alat ini dapat langsung kunjungi artikelnya di Business Insider.

Have your say!

0 0