Home » Sains » TMT, Teleskop Terbesar Dunia Dibangun di Hawaii

TMT, Teleskop Terbesar Dunia Dibangun di Hawaii

tmt-teleskop-terbesar-dunia
TMT (gambar : yahoo)

Thirty Meter Telescope atau disingkat TMT, adalah teleskop yang sedang dibangun di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Teleskop terbesar di dunia ini tengah ramai dibicarakan di media sosial. Buka karena ukurannya yang sangat besar dan panjang. Melainkan karena pemilihan lokasi pembangunan TMT ini adalah sebuah pro kontra.

TMT rencananya akan dibangun di puncak gunung Mauna Kea. Dengan ketinggian 13.700 kaki (4.200 m), Mauna Kea adalah gunung dengan puncak tertinggi di kepulauan Hawaii. Mauna Kea merupakan gunung yang disucikan oleh suku asli kepulauan Hawaii. Gunung tersebut digunakan untuk pelaksanaan upacara adat. Dapat dikatakan bahwa Mauna Kea merupakan lokasi sakral bagi orang luar.

Maka dari itu, para penduduk di sekitar Mauna Kea melakukan aksi protes terhadap rencana pembangunan TMT. Sebanyak 3.500 orang dari seluruh kepulauan Hawaii melakukan aksi demo di depan istana Lolani. Sedangkan sebanyak 12 orang aktivis ditangkap di puncak gunung Mauna Kea. Mereka ditangkap karena manghalangi proses pembangunan TMT.

Menurut Christine Hitt, yang merupakan salah satu koordinator demo mengatakan bahwa puncak gunung Mauna Kea adalah tempat sakral. Mauna Kea dianggap oleh penduduk setempat sebagai anak pertama yang lahir dari Ibu bumi dan Bapak Langit. Gunung ini digunakan untuk menyebarkan abu orang-orang yang telah meninggal ke seluruh pelosok kepulauan Hawaii. Tradisi tersebut telah dilakukan secara turun temurun oleh nenek moyang penduduk asli kepulauan Hawaii.

Protes terhadapa pembangunan TMT tidak hanya dilakukan oleh para aktivis dan para penduduk setempat. Beberapa aktor terkenal seperti Jason Momoa (Game of Thrones) dan Jill Wagner (Wipeout) juga merupakan aksi serupa melalui media sosial. Sebagai respon terhadap aksi protes tersebut, Gubernur Hawaii David Ige membuat keputusan untuk menunda pembangunan TMT hingga 20 April mendatang. Masih belum diketahui apakah penundaaan tersebut merupakan pembatalan atau hanya untuk meredam para demonstran.

Sebenarnya pembangunan TMT bukanlah tanpa alasan. Proyek pembangunan teleskop dengan ukuran 30 meter tersebut nantinya akan digunakan untuk penelitian. TMT akan digunakan untuk melihat kejadian alam yang terjadi di sekitar kepulauan Hawaii. Dengan adanya TMT, diharapkan para ilmuwan dapat mengembangkan beberapa temuan terkait perubahan alam yang terjadi di belahan bumi.

Sumber : The Knox Student

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>