Home » Review » Spesifikasi Harga » Review Xiaomi Redmi 4 Prime

Review Xiaomi Redmi 4 Prime

Good
  • RAM lebih besar ketimbang versi biasa
  • Prosesor lebih besar
  • Baterai super besar
  • Kustomisasi MIUI dengan banyak fitur
Bad
  • Desain biasa saja
  • Tidak ada headphone
  • Update software lama
7.4
Good
Gameplay - 7
Graphics - 7
Audio - 8
Longevity - 8

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4 Prime

Sejak bulan Januari sampai November 2016, Xiaomi sedikitnya telah meluncurkan 5 model smartphone, termasuk seri terbaru Xiaomi Redmi 4 Prime. Smartphone ini tidak memiliki keistimewaan khusus, tapi kalau hanya untuk penggunaan sehari-hari, Xiaomi Redmi 4 Prime bisa diandalkan.

Dilihat dari sisi manapun, baik desain maupun spesifikasi Xiaomi Redmi 4 Prime, semuanya masih tergolong standar. Meski begitu, smartphone ini memiliki daya pikat, khususnya penggunaan RAM 3GB dan sensor pemindai sidik jari. Ingin tahu daya pikat lainnya yang dimiliki Xiaomi Redmi 4 Prime? Silakan menyimak spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 4 Prime berikut:

  • Dimensi: 141.3 x 69.6 x 8.9 mm dan berat 156 gram
  • Layar: IPS LCD berukuran 5 inci resolusi 1080 x 1920 piksel
  • Chipset: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • Prosesor grafis: Adreno 506
  • Memori internal: RAM 3GB, memori 32GB
  • Memori eksternal: MicroSD hingga 256GB
  • Kamera belakang: 13MP, f/ 2.2, PDAF, dual flash LED
  • Kamera depan: 5MP, f/ 2.2
  • SIM: Dual-SIM
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 4.100mAh dengan fitur fast charging
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas
  • USB: MicroUSB 2.0
  • OS: Android 6.0.1 Marshmallow

Review Xiaomi Redmi 4 Prime

Kelebihan

Bodi Xiaomi Redmi 4 Prime terbuat dari material metal premium. Maka tak heran, bobot tubuhnya terkesan lebih berat dari model Xiaomi yang menggunakan material plastik. Tak hanya itu, smartphone ini juga mengandalkan layar beresolusi Full HD dengan tingkat kerapatan piksel 443ppi.

Lanjut ke sektor kamera, Xiaomi telah membenamkan kamera belakang beresolusi 13MP dan kamera depan 5MP. Untuk kamera depan, tidak terlalu diberikan kelebihan yang berarti, tapi untuk kamera belakang, Xiaomi menggunakan tambahan fitur hybrid phase-detect autofocus. Fitur tersebut mampu mengambil fokus suatu gambar dengan sangat cepat.

Setelah puas, melihat sisi depan dan belakang Xiaomi Redmi 4 Prime, sekarang mari membahas tentang performa. Apakah Xiaomi Redmi 4 memiliki performa yang mumpuni?

Kalau berbicara soal performa, tentu saja sulit karena penggunaan setiap user berbeda-beda. Misalnya, user A menyukai game-game berat, kemudian user B hanya menyukai beberapa medial sosial. Jika keduanya dibandingkan, tentu saja Xiaomi Redmi 4 Prime milik user A akan mengalami beberapa kendala, sementara user B dipastikan berjalan mulus karena Snapdragon 625 mampu meng-handle penggunaan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Selain itu, yang membuat Xiaomi Redmi 4 Prime terlihat menarik adalah penggunaan RAM 3GB. Pasalnya, kapasitas RAM yang besar tentunya sanggup membantu kinerja prosesor. Terlebih, smartphone ini juga didukung memori eksternal yang sangat besar, yakni 256GB melalui microSD.

Konektivitas yang ditawarkan juga terbilang lengkap, seperti infra merah dan Bluetooth 4.2. Infra merah di sini biasanya digunakan sebagai remote control untuk mengontrol televisi, AC, dan peralatan elektronik lainnya.

Pengguna pasti akan terbantu dengan adanya konektivitas tersebut. Mereka akan lebih terbantu lagi, karena baterai Xiaomi Redmi 4 Prime tidak akan mudah habis. Smartphone ini mengusung baterai berkapasitas 4.100mAh lengkap dengan fitur fast charging.

Kelemahan

Xiaomi Redmi 4 Prime belum menggunakan proteksi layar sama sekali. Jadi, layarnya rentan tergores atau pecah. Untuk itu, kalian harus menggunakan lapisan pengaman layar tambahan yang bisa dibeli di toko-toko aksesoris smartphone.

Kelemahan lainnya terletak pada bagian kamera depan. Sudah tahu, kamera depan Redmi 4 Prime kurang berkualitas, tetapi Xiaomi tidak menambahkan fitur lain seperti lampu flash agar pengguna terlihat lebih sempurna saat melakukan selfie.

Harga Xiaomi Redmi 4 Prime

Xiaomi Redmi 4 Prime diperkenalkan dengan harga sekitar Rp 1,7 jutaan. Ini harga di negara asalnya. Kalau di Indonesia mungkin harganya sedikit lebih mahal. Namun, kami rasa harga Xiaomi Redmi 4 Prime sudah cukup murah, mengingat spesifikasi yang dibawakan tergolong memuaskan.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 4 Prime akan terasa memuaskan jika digunakan untuk membuka beberapa aplikasi medial sosial. Namun, kalau dipakai untuk main game-game yang berat, sepertinya Xiaomi Redmi 4 Prime akan mengalami beberapa kendala, seperti lag, lemot, dan lain-lain.

Selain itu, Xiaomi Redmi 4 Prime belum terlalu kuat terutama pada sektor layar. Oleh karena itu, jika nanti kamu sudah membelinya, jangan lupa untuk membeli proteksi layarnya sekalian. Jadi nilai yang pantas untuk Xiaomi Redmi 4 Prime adalah 7.5 dari rentang nilai 1-10.

Written by
Tukang ketik keliling di Jatimtech.com, Burungnya.com, dan www.moodster.id

Have your say!

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>