Spesifikasi, Review, dan Harga Motorola Moto Z

Spesifikasi Motorola Moto Z

Kabarnya, Motorola Moto Z akan segera menyambangi Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Anvid Erdian selaku Mobile Business Group 4P Lenovo Indonesia. Segala proses untuk mendatangkan Moto Z ke Indonesia sedang diurus, termasuk pengajuan permohonan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Nantinya, kalau sertifikat TKDN sudah dikantongi, Lenovo diperbolehkan menjual Motorola Moto Z di Indonesia.

Moto Z sendiri merupakan smartphone modular yang mendukung Moto Mods sebagai perangkat tambahan, seperti proyektor mini, speaker, baterai, kamera, hingga variasi casing. Semua perangkat tadi, bisa dibongkar pasang layaknya LEGO. Namun, Moto Mods lebih canggih karena menggunakan penggabungan perangkat melalui magnet yang sangat kuat dan presisi.

Tak hanya itu, performa yang diusung Moto Z juga terbilang gahar. Pasalnya, Motorola menyisipkan chipset Qualcomm Snapdragon 820, Adreno 530, serta RAM 4GB. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat spesifikasi Motorola Moto Z berikut:

  • Dimensi: 153.3 x 75.3 x 5.2 mm dan berat 136 gram
  • Layar: AMOLED berukuran 5.5 inci resolusi 1440 x 2560 piksel, Corning Gorilla Glass 4
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • Prosesor grafis: Adreno 530
  • Memori internal: RAM 4GB, memori 32GB dan 64GB
  • Memori eksternal: MicroSD hingga 256GB
  • Kamera belakang: 13MP, f/ 1.8, OIS, dual flash LED
  • Kamera depan: 5MP, f/ 2.2, flash LED
  • SIM: Nano-SIM
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 2.600mAh dengan fitur fast charging
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas
  • USB: Tipe C 1.0, USB OTG, konektor magnetik
  • OS: Android 6.0.1 Marshmallow, upgrade Android 7 Nougat

Review Motorola Moto Z

Kelebihan

Sebelum membahas tentang keunikan Moto Z, bagaimana kalau kita mengulas sedikit tentang desain Moto Z terlebih dahulu. Mengapa harus desain terlebih dahulu? Karena desain Moto Z memang menarik, terutama untuk ketebalan bodinya yang ramping dan material yang dia digunakan.

Moto Z terlahir dengan ketebalan bodi hanya 5.2 mm. Oleh karena itu, Moto Z dapat dimasukkan dalam deretan smartphone tipis sedunia. Bodinya yang tipis memang bukan tanpa alasan. Motorola sengaja mendesain Moto Z lebih tipis dari smartphone kebanyakan karena smartphone tersebut akan digabungkan dengan Moto Mods yang memiliki dimensi cukup tebal. Meski begitu, Moto Z dipastikan sangat tangguh karena menggunakan chassis logam aluminium grade Aircraft.

Setelah membicarakan desain Moto Z, kami menjadi tertarik membahas tentang Moto Mods. Perangkat ini merupakan salah satu pencetus teknologi mobile baru di masa depan. Bagaimana tidak, selagi vendor smartphone yang lain masih berkutat dengan kamera dan fitur-fitur lainnya, Motorola Moto Z sudah melambung tinggi menggabungkan sebuah smartphone dengan perangkat tambahan Moto Mods.

Ini patut diapresiasi terutama untuk ide gila tentang Moto Mods. Bahkan, Motorola telah menawarkan 5 macam perangkat Moto Mods dengan fungsi yang berbeda satu sama lain. Berikut kami tunjukkan beberapa varian Moto Mods tersebut:

  1. Moto Insta-Share Projector: proyektor mini yang bisa menunjukkan tampilan gambar, video, serta streaming film HDTV ke seluruh permukaan dengan ukuran objek hingga 70 inci.
  2. Incipio offGRID™ Power Pack: baterai tambahan yang mampu menopang daya hingga 20 jam serta fitur wireless charging.
  3. JBL SoundBoost | Speaker: speaker tambahan yang menggelegar buatan JBL dan tambahan baterai hingga 10 jam.
  4. Moto Style Shell: varian casing belakang premium yang didesain dengan tekstur menarik.
  5. Hasselblad True Zoom: Kamera beresolusi 12MP dari Hasselblad dengan pembesaran hingga 10x, Xenon flash, dan tombol fisik shutter serta zoom.

Hampir semua perangkat tambahan Moto Mods terlihat sangat menggiurkan. Padahal, smartphone Moto Z sendiri sudah sangat menawan. Seperti halnya bagian kamera, Moto Z yang dianugerahi kamera belakang beresolusi 13MP, lengkap dengan aperture f/ 1.8, OIS, laser autofocus, dan dual flash LED.

Kemudian, masuk ke bagian performa, ada chipset Qualcomm Snapdragon 820, prosesor grafis Adreno 530, serta RAM 4GB. Moto Z juga mendukung memori eksternal yang sangat lega yakni 256GB dari tambahan microSD. Bahkan, jika memori tersebut sudah penuh, pengguna dapat mentranfernya ke flash disk melalui USB OTG.

Kelemahan

Desain bodi Motorola Moto Z memang sangat tipis, tapi kalau dikombinasikan dengan Moto Mods, sudah pasti bodinya akan terlihat tebal dan berat. Terlebih lagi, semua Moto Mods dijual secara terpisah. Jadi, harga keseluruhan jika pengguna membeli semuanya akan terasa sangat mahal.

Di sisi lain, Moto Mods menggunakan gaya magnet untuk terhubung ke Moto Z. Jika pengguna sampai menjatuhkan Moto Z atau Moto Mods, maka debu dan pasir-pasir halus akan melekat di bagian magnet dan tentunya itu akan mengganggu jalannya sistem dari Moto Mods ke smartphone atau sebaliknya.

Lalu, untuk kamera depan, sepertinya kurang memuaskan. Moto Z hanya dibekali kamera depan beresolusi 5MP. Namun, kelemahan tersebut dapat ditutupi dengan adanya LED flash depan untuk mengambil selfi di area gelap.

Selain itu, Moto Z juga tidak dilengkapi dengan jack audio 3.5 mm. Jika pengguna ingin mendengarkan musik dari headphone, maka mereka harus memasang adapter (jack audio 3.5 mm ke USB tipe C) terlebih dahulu.

Harga Motorola Moto Z

Saat ini, Motorola Moto Z dijual dengan harga sekitar Rp 9,3 juta untuk wilayah Amerika Serikat. Mungkin kalau sudah masuk ke Indonesia, harga Moto Z bisa lebih mahal dari itu.

Sementara, untuk Moto Mods harganya bervariasi.

  • Moto Insta-Share Projector: Rp 3,9 jutaan
  • Incipio offGRID™ Power Pack: Rp 1 jutaan
  • JBL SoundBoost | Speaker: Rp 1,3 jutaan
  • Hasselblad True Zoom: Rp 3,9 jutaan

Kesimpulan

Motorola Moto Z adalah smartphone modular yang dapat menyesuaikan kebutuhan pengguna. Dengan spesifikasi yang dibawakan, smartphone ini sudah terlihat mengagumkan. Kemudian, ditambah lagi dengan Moto Mods, Motorola Moto Z menjadi lebih sempurna. Jadi, berapa nilai untuk Motorola Moto Z? Dari rentang 1-10, kami akan memberikan nilai 9,5 untuk Moto Z.

TERKAIT Artikel lain

Tulis Komentar