Spesifikasi, Review, dan Harga Huawei P9

Huawei P9 mempunyai kamera ganda hasil kerja sama dengan Leica yang sangat mengagumkan.
95%
Awesome

Huawei P9

Huawei P9 mempunyai kamera ganda hasil kerja sama dengan Leica yang sangat mengagumkan.

  • Design
  • Performa
  • Kamera
  • Software

Spesifikasi Huawei P9

Akhirnya, Huawei P9 singgah ke Indonesia. Setelah beberapa bulan berkelana dari negara satu ke negara lainnya, akhirnya Huawei P9 memutuskan untuk menyapa penggemar di Indonesia. Smartphone ini begitu dinanti masyarakat Indonesia karena mereka ingin menjajal kehebatan kamera ganda hasil kerja sama Huawei dengan Leica.

Kamu tahu Leica kan? Leica adalah merek kamera yang diproduksi perusahaan Leica di Jerman sejak tahun 1869 silam. Usianya yang hampir setengah abad menjadikan Leica semakin profesional. Namun, tahukah kamu saat pertama didirikan, Leica tidak memproduksi kamera, melainkan sebuah mikroskop.

Baru setelah beberapa tahun berselang, tepatnya pada tahun 1911, Leica mulai memproduksi kamera portabel pertamanya yang diberi nama Ur-Leica. Sejak saat itu, Leica mulai memproduksi berbagai jenis kamera DSLR.

Suatu ketika Leica ingin mengembangkan bisnisnya di sektor mobile atau smartphone, akhirnya mereka menggaet Huawei untuk dijadikan partner bisnis. Huawei pun tertarik dan menerapkan hasil kerja sama antara Huawei dengan Leica pada beberapa smartphone terbaru, termasuk Huawei P9.

Smartphone ini telah diluncurkan sejak kuartal pertama tahun 2016. Namun, baru sekarang Huawei P9 bisa masuk ke Indonesia. Proses yang memakan waktu cukup lama ini mungkin karena aturan TKDN di Indonesia yang begitu ketat. Jika mengabaikan aturan tersebut, maka vendor smartphone asing tidak akan bisa menjual barang dagangannnya ke Indonesia.

Berbicara tentang Huawei P9, ternyata spesifikasi utamanya tidak hanya terletak pada bagian kamera saja. Huawei P9 juga mempunyai sisi lain yang istimewa dan kemungkinan belum kamu ketahui. Untuk itulah, kami ingin menunjukkan spesifikasi lengkap Huawei P9.

  • Dimensi: 145 x 70.9 x 7 mm dan berat 144 gram
  • Layar: IPS-NEO LCD berukuran 5.2 inci resolusi 1080 x 1920 piksel, Corning Gorilla Glass
  • Chipset: HiSilicon Kirin 955 Octa-core (4×2.5 GHz Cortex-A72 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • Prosesor grafis: Mali-T880 MP4
  • Memori internal: RAM 3GB dan 4GB, memori 32GB dan 64GB
  • Memori eksternal: MicroSD hingga 256GB
  • Kamera belakang: Kamera ganda12MP, f/ 2.2, optik Leica, PDAF, dual flash LED
  • Kamera depan: 8MP, f/ 2.4
  • SIM: Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 3.000mAh dengan fitur fast charging
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas, ambient light, hall effect
  • USB: Tipe C 1.0
  • OS: Android 6.0 Marshmallows

Review Huawei P9

Kelebihan

Huawei P9 mempunyai kelebihan pada sektor kamera. Jika yang lain mengadopsi satu sensor kamera, Huawei P9 memiliki dua sensor kamera sekaligus. Yang pertama sensor kamera RGB, satunya lagi sensor monokrom.

Dengan perpaduan dua sensor tersebut, Huawei P9 dapat mengambil gambar berkualitas bagus di semua kondisi. Selain itu, Huawei P9 juga mendapat dukungan teknologi dari Huawei P9’s IMAGEsmart 5.0. Maka tak heran, hasil foto menggunakan Huawei P9 hampir sama dengan kamera Leica, terutama pada kondisi minim cahaya.

Kehebatan kamera Huawei P9 tak berhenti sampai di situ saja. Pasalnya, kamera tersebut mendapat dukungan prosesor dual-core ISP; DSP profesional dan pengukuran kedalaman ISP untuk meningkatkan fokus, kecepatan, serta pemprosesan gambar.

Menariknya lagi, kamera Huawei P9 juga menawarkan beragam efek gambar, seperti mode film, efek wide aperture, mode monokrom, dan mode profesional. Bahkan, walau sudah diedit dengan berbagai efek, hasil gambarnya tetap terlihat memukau karena kamera Huawei P9 mendukung keluaran gambar berformat RAW.

Untuk kamera depan, hasil gambarnya tidak sebaik kamera belakang. Namun, dengan fitur superior selfies, kamu bisa mengambil foto selfie yang super indah, baik di kondisi pencahayaan terang maupun gelap.

Itulah kelebihan Huawei P9 di sektor kamera, sekarang saatnya membahas tentang desain. Kamu sudah melihat desain Huawei P9 kan? Menurutmu apa yang indah dari Huawei P9? Semua orang pasti mempunyai pendapat masing-masing, begitu juga dengan kami.

Kami rasa yang membuat Huawei P9 terlihat indah adalah material aluminium tangguh setara dengan material di pesawat terbang. Huawei P9 juga mengusung layar kaca 2.5D serta desain lengkungan bodi menggunakan teknik pemotongan diamond. Desain yang sangat elegan ini membuat tampilan Huawei P9 begitu ramping dengan ketebalan bodi 7 mm.

Saat membalik bodinya, kamu akan melihat garis antena yang melintang secara horisontal. Garis tersebut jumlahnya hanya satu, tapi ternyata di dalam tubuh Huawei P9 tersimpan tiga antena virtual yang membuat kamu tidak perlu mencari-cari sinyal lagi. Huawei P9 sendiri telah mendukung jaringan 4G untuk menunjang kecepatan internet.

Kalau masalah internet tak perlu diragukan lagi kecepatannya, lalu bagaimana dengan kecepatan performa Huawei P9? Bicara tentang performa, Huawei P9 telah mengandalkan chipset HiSilicon Kirin 955 dengan prosesor Octa-core dan dua varian RAM 3GB & 4GB.

Spesifikasi dapur pacu seperti ini tentunya mampu menjadikan Huawei P9 lari sekencang-kencangnya tanpa hambatan. Dengan begitu, kamu bisa memainkan berbagai game dan aplikasi secara bersamaan tanpa takut mengalami lag.

Kamu pun dapat menggunakan Huawei P9 sepuasnya karena di dalam tubuhnya terdapat baterai berkapasitas 3.000mAh lengkap dengan fitur fast charging yang mampu mengisi daya 44 persen dalam waktu 30 menit.

Tak hanya itu, Huawei P9 juga menyediakan varian warna yang sangat banyak, di antaranya ceramic white, haze gold, rose gold, titanium grey, mystic silver, prestige gold, red, dan blue.

Kelemahan

Setelah membahas kelebihan Huawei P9 yang begitu banyak, rasanya sangat sulit menyebutkan kelemahan dari smartphone tersebut.

Memang benar, setelah kami amati dengan saksama melalui spesifikasi yang dia miliki, ternyata Huawei P9 nyaris tidak mempunyai kelemahan sama sekali. Namun, beberapa orang yang telah menggunakan Huawei P9 mengaku bahwa smartphone ini mempunyai sedikit kelemahan, terutama pada bagian baterai dan fitur fast charging.

Baterai Huawei P9 berkapasitas 3.000mAh. Kapasitasnya lumayan besar bila dibandingkan dengan smartphone sejenis. Namun, karena Huawei P9 mempunyai fitur-fitur yang canggih dan layar Full HD, akibatnya baterai tersebut hanya memberikan asupan daya seperti rata-rata smartphone yang lain. Selain itu, fitur fast charging yang dimiliki Huawei P9 juga tidak terlalu memuaskan.

Harga Huawei P9

Sekarang Huawei P9 sudah tersedia di Indonesia dan bisa dipesan melalui beberapa situs belanja online, seperti Lazada, JD, Blanja, Blibli, dan Bhinneka. Huawei P9 dengan RAM 3GB dan ROM 32GB dibanderol dengan harga Rp 6,9 juta. Harga tersebut sudah termasuk bonus voucher MAP, gratis langganan streaming video Hooq selama sebulan, dan MiFi Huawei E5577 dengan paket data 30GB.

Untuk Huawei P9 varian RAM 4GB dan ROM 64GB belum diketahui harganya, karena smartphone tersebut juga belum dipastikan akan berlabuh ke Indonesia atau tidak.

Kesimpulan

Huawei P9 mempunyai kamera ganda hasil kerja sama dengan Leica yang sangat mengagumkan. Performanya juga menawan. Apalagi desainnya, sangat stylish dan elegan. Kalau diminta untuk menilai Huawei P9, maka kami akan memberikan nilai 9,5 dari rentang 1-10.

Tulis Komentar