Home » Review » Spesifikasi Harga » Review Samsung Galaxy J5 Prime

Review Samsung Galaxy J5 Prime

Good
  • Mendukung LTE
  • Layar sAMOLED & terlindungi Gorilla Glass
  • Desain body metallic
  • Mendukung OTG
Bad
  • Baterai non-removable
  • Kapasitas baterai kurang besar
  • Sensor terbatas
7.3
Good
Gameplay - 7
Graphics - 8
Audio - 7
Longevity - 7

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Prime

Beberapa hari yang lalu, Samsung meresmikan kedatangan tiga smartphone baru ke Indonesia. Smartphone yang diperuntukkan bagi kalangan menengah ini di antaranya Samsung Galaxy J7 Prime, Samsung Galaxy J5 Prime, dan Samsung Galaxy J2 Prime. Ketiganya mempunyai ciri khas yang sama yakni berbodi real metal.

Nah, berhubung kami sudah pernah mengulas spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime, kini saatnya kami membahas Samsung Galaxy J5 Prime. Apa yang menarik dari Samsung Galaxy J5 Prime? Dilihat dari segala aspek, Samsung Galaxy J5 Prime tidak terlalu berbeda jauh dengan seluruh model Samsung Galaxy J Prime series. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy J5 Prime:

  • Dimensi: 142.8 x 69.5 x 8.1 mm dan berat 143 gram
  • Layar: IPS LCD berukuran 5 inci resolusi 720 x 1280 piksel
  • Chipset: Exynos 7570 prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,4GHz
  • Prosesor grafis: Mali-T8xx (TBC)
  • Memori internal: RAM 2GB, memori 16GB
  • Memori eksternal: MicroSD hingga 256GB
  • Kamera belakang: 13MP, f/ 1.9, flash LED
  • Kamera depan: 5MP, f/ 2.2
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 2.400mAh
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, proximity
  • USB: MicroUSB 2.0, USB OTG
  • OS: Android 6.0.1 Marshmallow

Review Samsung Galaxy J5 Prime

Kelebihan

Bicara soal kelebihan, tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas tentang desain Samsung Galaxy J5 Prime terlebih dahulu. Sebelumnya, kami telah memberitahukan bahwa Samsung Galaxy J5 Prime menggunakan material logam. Ternyata, tidak hanya itu yang membuat Samsung Galaxy J5 Prime terlihat menawan.

Smartphone dengan ukuran layar 5 inci ini juga mengusung proteksi layar Corning Gorilla Glass 4 dan lapisan kaca 2.5D. Walau layarnya tak selebar Samsung Galaxy J7 Prime, namun bagian bezel dibuat lebih sempit sehingga Samsung Galaxy J5 Prime terlihat seperti tidak memiliki bezel sama sekali.

Menariknya lagi, Samsung telah menyematkan sensor sidik jari di bagian tombol Home. Pemikiran untuk meletakkan sensor sidik jari di tombol Home memang sangat mengesankan. Selain menghemat tempat, pengguna juga lebih mudah mengoperasikannya. Bahkan, Samsung mengklaim bahwa pemindai sidik jarinya mampu mengenali sidik jari pengguna kurang dari 1 detik.

Sekarang, saatnya kita mengintip ke bagian kamera Samsung Galaxy J5 Prime. Apakah ada yang spesial? Tentu saja, Samsung Galaxy J5 Prime mengadopsi kamera belakang beresolusi 13MP lengkap dengan aperture f/ 1.9.

Bukaan lensanya memang lebih besar bila dibandingkan dengan kamera smartphone sejenis. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan juga lebih cerah.

Untuk kamera depan, masih tergolong standar tetapi fitur yang diselipkan Samsung diyakini bakal membuat pengguna semakin terpikat dengan Samsung Galaxy J5 Prime. Bagaimana mungkin?

Kamera depan Samsung Galaxy J5 Prime hanya 5MP, tetapi sudah dilengkapi dengan fitur Selfie Flash menggunakan layar, Wide Selfie dengan jangkauan 103 derajat, Palm Selfie untuk memotret dengan pengenalan telapak tangan, serta Simple Beauty Effects yang menawarkan berbagai pilihan pengolahan foto seperti skin stone, slim face, dan large eye.

Selain itu, Samsung Galaxy J5 Prime juga dibekali dengan fitur USB OTG yang memungkinkan pengguna menghubungkan flash disk dengan smartphone. Bahkan, segala perangkat yang kompatibel dengan USB tipe A bisa disambungkan ke smartphone melalui USB OTG.

Kelemahan

Kelemahan Samsung Galaxy J5 Prime terletak pada pemilihan chipset Exynos 7570 yang kurang power full. Samsung Galaxy J7 Prime yang menyematkan Exynos 7870 saja tidak mampu menangani game-game yang berat. Lalu bagaimana dengan Exynos 7570?

Kemungkinan chipset Exynos 7570 juga demikian. Namun, mengingat layar Samsung Galaxy J5 Prime hanya beresolusi HD, sepertinya penurunan performanya tidak terlalu parah. Jadi, kalau untuk menjalankan game standar dan beberapa aplikasi saja, kemungkinan Samsung Galaxy J5 Prime masih mampu melakukannya dengan baik.

Satu lagi yang kurang dari Samsung Galaxy J5 Prime, yakni fitur fast charging. Kami telah mengamati bahwa semua model Samsung Galaxy J Prime series tidak dibekali dengan fitur fast charging. Ini artinya, kamu harus menunggu lebih lama saat mengisi daya baterai Samsung Galaxy J5 Prime.

Harga Samsung Galaxy J5 Prime

Samsung Galaxy J5 Prime dipasarkan dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu Rp 2,8 juta. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa memilih salah satu dari dua varian yang ditawarkan, yakni emas dan hitam.

Kesimpulan

Samsung Galaxy J5 Prime mempunyai desain yang menawan dan performa yang lumayan. Namun, untuk smartphone dengan harga di atas Rp 2 jutaan, sepertinya Samsung Galaxy J5 Prime masih kurang memuaskan. Maka dari itu, kami hanya memberikan nilai 7,5 untuk Samsung Galaxy J5 Prime (rentang nilai 1-10).

Written by
Tukang ketik keliling di Jatimtech.com, Burungnya.com, dan www.moodster.id

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>