Home » Sains » Sel Epidermis Bawang Ternyata Bisa Dibuat Otot Buatan

Sel Epidermis Bawang Ternyata Bisa Dibuat Otot Buatan

sel-epidermis-bawang
sel epidermis bawang (gambar : blogthoughtforfood)

Sel Epidermis bawang ternyata dapat digunakan untuk membuat otot buatan, atau yang dikenal dengan artificial muscle. Temuan ini dikemukakan oleh para ilmuwan dari Universitas Negeri Taiwan. Dengan menambahkan sedikit unsur emas, sel epdiermis bawang ini bisa digunakan untuk membuat otot buatan. Nantinya, otot buatan ini dapat digunakan untuk berbagai bidang. Seperti bidang robotika, prosthetic, dan nanoteknologi.

Penelitian tentang sel epidermis bawang ini dipimpin oleh Profesor Wen-Pin Shih, salah satu profesor dari University of Taiwan. Beliau membimbing mahasiswa pascasarjana Chien-Chun Chen bersama rekan-rekan mahasiswa lainnya. Para peneliti dari taiwan ini menggunakan membran tipis tembus yang terletak di bawah lapisan sel epidermis bawang. Sel kuning yang disusun dalam satu struktur kisi, mirip seperti struktur rekayasa mikro.

Sebuah sampel dari sel epidermis bawang pertama kali diobati dengan asam untuk menghilangkan sel hemiselulosa.  Sel hemiselulosa merupakan protein yang membuat dinding bawang menjadi kaku. Membran kemudian dilapisi dengan lapisan tipis emas di kedua sisi, salah satu dari lapisan ini adalah sengaja lebih tebal dari yang lain. Hal ini mampu membuat kekakuan bahan asimetris dari atas ke bawah.

Ketika arus listrik diterapkan untuk materi, kemudian mengalir antara dua lapisan emas. Ini akan membentuk sel epidermis sebagai elektroda. Jika saat itu dari tegangan rendah, itu akan menyebabkan sel-sel meluas, kemudian  membengkok ke bawah, tepatnya ke arah sisi dengan lapisan tebal. Untuk tegangan yang lebih tinggi, akan membuat kontrak sel membengkok ke arah lapisan atas tipis.

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>