Home » Sains » Robot Penulis Sebagai Rekan Mengajar Ini Buatan Amerika

Robot Penulis Sebagai Rekan Mengajar Ini Buatan Amerika

robot-penulis-sebagai-rekan-mengajar-anda
robot penulis (gambar : fastcompany)

Para peneliti luar negeri saat ini sedang mempresentasikan sebuah robot baru. Robot ini digunakan sebagai alat pengajaran baru yang disebut CoWriter atau kita bisa menyebutnya dengan robot penulis.

Kenapa disebut robot penulis..? Karena robot ini dapat memainkan peran seperti guru, yakni menulis. Dia dapat mengajarkan hal-hal sama persis seperti yang telah kita ajarkan kepada robot ini. Artinya robot canggih ini bisa mempelajari dengan singkat apa saja yang pernah diajarkan kepadanya.

Robot penulis dipresentasikan pada konferensi HRI (human robot interaction) di Portland, Amerika Serikat. Didasarkan pada konsep learning by teaching, sebuah metode yang sudah diakui dalam dunia pendidikan.

Para ilmuwan mengembangkan alogaritma menulis secara progresif dan diimplementasikan terhadap robot penulis. Robot yang tingginya 58 cm ini dirancang untuk bisa berinteraksi dengan manusia, khususnya bagi mereka yang bekerja dalam bidang pengajaran.

Hal ini memungkinkan robot untuk membantu siswa memecahkan berbagai permasalahan pelajaran (terkait penulisan). Pada awal percobaan, robot cerdas ini masih terlihat canggung dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

Seiring berjalannya waktu, robot ini mampu memperbaiki kesalahan yang dilakukannya. Semakin hari semakin banyak kosakata yang tersimpan dalam memorinya. Sehingga robot penulis mampu menuliskan kata-kata yang pernah diingatnya.

Tujuan sebenarnya dari sistem CoWriter yang diterapkan pada robot penulis ini adalah agar siswa bersemangat saat belajar di dalam kelas. Dengan adanya robot ini, diharapkan siswa dapat berinteraksi dengan robot sambil belajar.

Robot penulis dengan sistem CoWriter ini masih dalam tahap prototipe. Baru digunakan untuk materi-materi pelajaran di sekolah dasar. Tugas utamanya adalah membantu siswa dalam menulis.

Karena masih tahap prototipe, tentunya robot ini masih harus dievaluasi lagi. Pencipta robot penulis ini mengatakan bahwa dia masih harus melakukan riset lagi, hal ini terkait dengan manfaat yang diberikan robot terhadap siswa.

Dengan adanya robot penulis, “mungkin” guru bisa sedikit terbantu di dalam kelas. Walaupun demikian, guru tetap harus fokus dalam mengajar. Karena sebenarnya robot ini hanyalah sebagai penyemangat bagi anak-anak dalam belajar menulis.

Sumber : Gizmag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.