Home » Tech News » Qualcomm Tolak Mentah-mentah Pinangan Broadcom

Qualcomm Tolak Mentah-mentah Pinangan Broadcom

Pabrikan produsen chip ponsel, Qualcomm Inc pada hari Senin resmi menolak tawaran akuisisi oleh Broadcom Ltd senilai $103 miliar, dengan alasan bahwa penawaran tersebut dianggap meremehkan perusahaan dan akan dijegal oleh regulator.

Menyusul pengumuman ini, saham Qualcomm langsung naik 1,8 persen menjadi $65,74 pada awal perdagangan sore, sementara saham Broadcom turun 0,4 persen di $263,95.

Broadcom mengatakan akan berusaha untuk terlibat perundingan dengan dewan dan manajemen Qualcomm, menambahkan bahwa mereka mendapat umpan balik positif dari pelanggan utama dan pemegang saham.

“Kami terus percaya bahwa proposal kami merupakan alternatif yang paling menarik dan memberi nilai tambah bagi pemegang saham Qualcomm dan kami didorong oleh reaksinya,” kata perusahaan itu.

Kedua perusahaan menghitung Apple di antara pelanggan teratas mereka. Analis mengatakan kesepakatan antara keduanya akan membantu Qualcomm menyelesaikan pertarungan hukumnya dengan pembuat iPhone itu karena Broadcom memiliki hubungan lebih dekat dengan Apple.

Broadcom mengajukan tawaran yang tidak diminta minggu lalu untuk membeli Qualcomm dalam upaya untuk menjadi pemasok chip paling dominan di dunia.

“Qualcomm mengucapkan terima kasih, tapi tidak, terima kasih atas tawaran yang tidak diminta oleh Broadcom.” Kata analis Loop Capital Betsy Van Hees kepada Reuters .

Sementara itu menurut analis Susquehanna Christopher Rolland mengatakan kepada Reuters, harga yang tepat untuk Qualcomm bisa antara $80 dan $85 per saham, dan Broadcom mungkin saja menaikannya menjadi $90,.

Namun kesepakatan antara keduanya kemungkinan besar akan menghadapi ganjalan dari regulator antimonopoli karena perusahaan gabungan tersebut akan memiliki bisnis Wi-Fi high-end secara global, kata analis.

Have your say!

0 0