Tech News

Pengguna WeChat Tembus 1 Juta Orang

Aplikasi pesan instan WeChat terus tumbuh dan berkembang seiring dengan dominasi mereka di Tiongkok dan meluasnya ekspansi jangkauan mereka ke berbagai belahan dunia. Aplikasi all-in-one adalah kebutuhan sehari-hari bagi kebanyakan orang China, menyatukan pesan, media sosial, pembayaran mobile, permainan, berita dan layanan lainnya.

“Pengguna aktif bulanan WeChat di seluruh dunia telah melampaui angka satu miliar,” CEO Pony Ma menjelaskan pada hari Senin di sela-sela sidang parlemen China yang sedang berlangsung di Beijing.

“Ke depan kami berharap dapat menggunakan inovasi teknologi untuk mendorong langkah reformasi dan pengembangan selanjutnya,” kata Ma.

Dia mengacu pada kebijakan liberalisasi ekonomi China yang telah memicu pertumbuhan ekonomi yang meluas selama empat dasawarsa. Meskipun Ma mengatakan bahwa pengguna aktif bulanan WeChat telah melewati ambang batas satu miliar, juru bicara perusahaan mengatakan kepada AFP bahwa dia mengacu pada jumlah total akunnya.

Meski demikian, secara total angka ini masih kalah dari 2,1 miliar pengguna aktif bulanan di Facebook dan 1,5 miliar pada aplikasi pesannya WhatsApp.

Popularitas WeChat – dan keuntungan dari game mobile yang adiktif – telah mendorong pendapatan Tencent dari berbagai sektor layanan. Perusahaan ini melampaui Facebook dalam hal nilai pasar tahun lalu dan Ma yang berusia 47 tahun telah meroket mendekati puncak daftar orang China terkaya.

WeChat mendapatkan keuntungan dari regulasi pemerintah Tiongkok yang memihak, di mana mereka memutuskan untuk memblokir WeChat dan Facebook Messenger.