Home » Hardware » Peneliti Tingkatkan Kemampuan Baterai Lithium-ion Lebih dari 500 Siklus Hidup

Peneliti Tingkatkan Kemampuan Baterai Lithium-ion Lebih dari 500 Siklus Hidup

Baterai Lithium-ion Dikembangkan, Kini Lebih dari 500 Siklus Hidup Isi Ulang
Baterai Lithium-ion

Baterai Lithium-ion sudah banyak digunakan di berbagai barang elektronik. Baterai jenis ini dipilih karena bisa diisi ulang kembali dengan kapasitas energi yang besar, dan energi tersebut hanya berkurang sedikit bila tidak digunakan.

Karena itulah baterai tipe Lithium-ion juga banyak diaplikasikan pada di berbagai bidang lain seperti pada alat-alat luar angkasa, peralatan militer, juga pada kendaraan listrik.

Dilansir JatimTech, (9/3/2105) dari Science Daily, para peniliti di Universitas Negeri Arizona mengobservasi sebuah teknologi penyimpanan energi baru yang mampu memberikan siklus hidup yang lebih panjang.

Riset tersebut dipimpin oleh Dan Buttry, profesor sekaligus kepala jurusan Kimia dan Biokimia, dan peneliti lain Tylan Watkins mahasiswa pascasarjana, dan Jarred Olsen seorang lulusan pascasarjana yang meneliti cairan ionik.

Dan Buttry dan Tylan Watkins

Dan Buttry dan Tylan Watkins

Cairan ionik beberapa tahun terakhir telah menarik minat para peniliti karena mempunyai stabilitas termal yang tinggi, tidak mudah terbakar, serta tidak menguap (non valatile).

Eksperimen ini memberikan pengetahuan baru bahwa bahan berbasis silikon membawa pengaruh baik saat terpapar ke elektrokimia cairan ionik.

Dengan menggabungkan kinerja tinggi dari arsitektur elektroda dengan suhu ruang cairan ionik yang mengandung anion bis-fluorosulfonylamide baru, para peneliti dapat menunjukkan sel Lithium-ion yang mengalami siklus hidup yang lebih panjang, lebih dari 500 siklus mengisi ulang dengan efisiensi yang hampir sempurna (tidak ada elektron yang terbuang).

Pada akhirnya, Buttry mengatakan bahwa penelitian ini membuktikan bahwa teknologi penyimpanan energi ternyata masih  memiliki banyak ruang untuk dikembangkan lebih baik lagi dengan teknologi baru yang datang dengan cepat.

Sumber: Science Daily

Written by
Murdianto adalah lulusan sarjana Informatika. Memiliki ketertarikan di bidang software aplikasi mobile maupun desktop.

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.