Sains

Peneliti Temukan 160 Juta Warga Amerika Konsumsi Gula Rendah Gizi

JATIMTECH.com – Tahukah sobat, lebih dari 160 juta orang di AS minum kopi atau teh secara teratur dan banyak dari mereka menggunakan gula, krim, sirup rasa dalam minuman pilihan mereka. Sebuah analisis baru mengungkapkan betapa banyak orang Amerika menambah asupan kalori mereka dengan pemanis kopi atau teh. Penelitian ini berdasarkan data 12 tahun terakhir dari Ujian Nasional Kesehatan dan Gizi Survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 13.185 orang dewasa yang melaporkan minum kopi dan 6.215 orang dewasa yang melaporkan minum teh dalam waktu 24 jam.

Data menunjukkan bahwa lebih dari 51 persen orang dewasa AS minum kopi dan hampir 26 persen minum teh pada hari tertentu, kata para peneliti dari University of Illinois kinesiologi dan kesehatan masyarakat profesor Ruopeng An, yang melakukan penelitian itu. Kira-kira dua pertiga dari peminum kopi dan satu sepertiga dari peminum teh masukkan tambahan gula dan krim dalam minuman mereka. Banyak orang lebih suka minum kopi dan teh dengan gula dan krim, kata An. Namun sayang tambahan gula ini tidak memiliki nilai gizi meskipun meningkatkan energi dan cita rasa.

Namun mereka yang minum kopi hitam mengkonsumsi sekitar 69 lebih sedikit kalori total per hari, rata-rata dibandingkan mereka yang menambahkan pemanis, krim, atau zat lain untuk kopi. Ternyata lebih dari 60 persen kalori berasal dari gula dan lemak untuk sebagian besar sisa kalori ekstra yang dikonsumsi. Peminum teh justru cenderung untuk menambahkan zat padat kalori yang lebih sedikit. Temuan ini menunjukkan bahwa banyak peminum kopi dan teh secara teratur menggunakan kalori tambahan untuk meningkatkan rasa minuman mereka, tapi mungkin tanpa sadar kurang mempertimbangkan kalori dan implikasi gizi, kata An yang dilansir dari Sciencedaily, Senin (30/01/2017).