Home » Internet » Media Sosial » Monetisasi Lagu pada Soundcloud untuk Songwriter

Monetisasi Lagu pada Soundcloud untuk Songwriter

lagu-pada-soundcloud
lagu pada soundcloud (gambar : seoclerk)

Soundcloud adalah situs jejaring sosial di bidang musik. Situs ini digunakan para musisi dan pencipta lagu untuk mengunggah hasil karyanya. Untuk memiliki akun Soundcloud memanglah mudah dan gratis. Namun, saat ini terdapat wacana tentang monetisasi lagu pada Soundcloud. Memungkinkan para pencipta lagu atau lebih dikenal dengan songwriter untuk mendapatkan uang dari hasil karya yang diunggahnya.

Hampir seluruh songwriter memiliki akun Soundcloud. Mereka memanfaatkan Soundcloud untuk mengunggah karya yang baru saja dibuat maupun karya yang baru saja dirilis. Biasanya lagu-lagu tersebut masih dalam bentuk draft. Untuk kemudian diaransemen lagi ataupun dilakukan perbaikan pada bagian-bagian lagu. Bukan untuk memonetisasi lagu pada Soundcloud.

Walaupun Soundcloud adalah sebuah media sosial. Namun sosmed satu ini masih segmented. Pemilik akun kebanyakan adalah orang-orang yang berkecimpung dalam dunia musik. Atau mereka yang bukan dari dunia musik, tapi mempunyai minat terhadap musik. Apalagi untuk lagu-lagu baru yang belum pernah mereka dengar sebelumnya.

Tidak hanya lagu ciptaan sendiri yang dapat diunggah pada Soundcloud. Para pemilik akun juga bisa mengcover lagu yang disukainya untuk kemudian diunggah pada akun Soundcloud miliknya. Hal ini adalah wajar, walaupun untuk cover version biasanya orang menggunakan YouTube untuk mengunggah lagu hasil cover version.

Selain kedua jenis karya musik yang telah disebutkan di atas. Ternyata ada satu lagi jenis lagu yang cukup sering diunggah pada akun Soundcloud. Yaitu lagu-lagu terkenal yang memiliki “hak cipta” paten. Artinya lagu-lagu tersebut adalah lagu-lagu yang telah terdaftar dalam hak cipta. Terutama lagu-lagu yang telah dimiliki oleh label rekaman.

Ini adalah sebuah kecurangan, ketika seorang pengguna Soundcloud menggunakan akun pribadinya untuk mengunggah lagu yang bukan miliknya. Apalagi lagu pada Soundcloud yang diunggahnya adalah lagu yang dimiliki oleh label rekaman. Mengunggah lagu pada Soundcloud adalah sebuah pembajakan. Jika yang diunggah bukanlah lagu hasil karyanya.

Oleh karena itu, kemarin Soundcloud bekerjasama dengan Zefr. Yang juga telah bekerjasama dengan YouTube untuk mendeteksi lagu-lagu berhak cipta. Souncloud berencana untuk memonetisasi lagu pada Soundcloud, terutama lagu-lagu berhak cipta. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada sebuah akun yang mengunggah lagu milik orang lain.

Jadi, jika terdeteksi sebuah akun mengunggah lagu yang bukan miliknya. Dan lagu tersebut dilindungi, maka Soundcloud dan Zefr wajib menindaklanjuti. Halaman yang berisi lagu berhak cipta itu akan dipenuhi oleh iklan. Kemudian hasil dari iklan tersebut sebagian akan diberikan kepada pencipta lagu ataupun pihak-pihak terkait yang memiliki hak atas lagu yang diunggah itu.

Sumber : asia.pcmag

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>