Home » Tech News » Microsoft Perkenalkan Dua Laptop Pertama dengan Snapdragon 835 Mobile Platform

Microsoft Perkenalkan Dua Laptop Pertama dengan Snapdragon 835 Mobile Platform

Berbarengan dengan peluncuran Snapdragon 845 di Hawaii, Microsoft mengumumkan peluncuran PC ‘Always Connected’ pertama di dunia, menjalankan Windows 10 dan chipset Qualcomm berbasis ARM. Laptop-Laptop baru ini akan menawarkan konektivitas LTE built-in dan masa pakai baterai lebih lama dari pada PC x86.

Didukung oleh arsitektur Qualcomm Snapdragon 835 SoC dan ARM, laptop konsep Always Connected dianggap oleh Microsoft sebagai revolusi besar berikutnya di industri teknologi komputasi.

Microsoft Perkenalkan Dua Laptop Pertama dengan Snapdragon 835 Mobile Platform

Yang pertama di jajaran baru Windows 10 tersebut adalah, Asus NovaGo, yang akan menjadi laptop convertible Gigabit LTE pertama di dunia. Selanjutnya, NovaGo juga mengklaim menawarkan masa pakai baterai 30 jam dan 22 jam penggunaan aktif dengan baterai 52Wh-nya.

PC kedua yang diluncurkan di ajang yang sama adalah HP Envy x2, yang merupakan convertible lain yang menawarkan baterai aktif 20 jam bersamaan dengan konektivitas 4G LTE mutakhir. Keduanya menjalankan Windows 10 S dan membawa modem Qualcomm Snapdragon X16 LTE.

Asus NovaGo didukung oleh prosesor mobile Qualcomm Snapdragon 835, ditambah dengan RAM 4GB atau 8GB dan penyimanan internal 64GB, 128GB atau 256GB. Perangkat juga memiliki dua port USB 3.1 Gen 1 Type-A, dan satu port HDMI. NovaGo menjalankan OS Microsoft Windows 10 S yang menghadirkan fitur baru seperti Windows Ink, Windows Hello, dan Cortana.

Microsoft Perkenalkan Dua Laptop Pertama dengan Snapdragon 835 Mobile Platform

HP Envy x2 juga didukung oleh Qualcomm Snapdragon 835 SoC yang dipasangkan dengan RAM sebesar 8GB LPDDR4X PoP dan penyimpanan internal hingga 256GB. HP Envy x2 tidak memiliki kipas dan memiliki CNC Machined Aluminium sehingga lebih tipis dan ringan, hanya setebal 6,9 mm dan beratnya hanya sekitar 1,54 lbs (0,7 kg). Keyboard backlit memiliki tombol 1,3 mm untuk pengalaman mengetik yang halus.

Asus NovaGo memiliki layar full-HD 13,3 inci sementara HP Envy x2 menggabungkan layar WUXGA + 12,3 inci yang lebih kecil yang membuatnya lebih baik digunakan sebagai tablet.

Kedua laptop Snapdragon ini diharapkan dapat segera memulai debut pada kuartal pertama tahun 2018 mendatang. Harganya bervarias tergantung model dan pasar, di kisaran $600 sampai dengan $800.