Home » Sains » Merakit Robot Spider Sendiri? Kini Semua Orang Bisa Melakukannya

Merakit Robot Spider Sendiri? Kini Semua Orang Bisa Melakukannya

Merakit Robot Spider Sendiri? Kini Semua Orang Bisa Melakukannya
Merakit Robot Spider Sendiri? Kini Semua Orang Bisa Melakukannya (gambar: mashable.com)

JATIMTECH.com – Kita telah melihat berbagai robot yang dibuat dengan mengadaptasi dari makhluk hidup ataupun alam oleh para ilmuwan yang handal. Namun bagaimana jika harus membuat sebuah robot sendiri dan mengontrolnya melalui Smartphone yang anda miliki? Tentu lebih menyenangkan lagi.

Seperti yang dilansir oleh Mashable ( 27/10/2015) bahwa STEMI yang merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering dan Mathematics mengkampanyekan sebuah robot spider dengan kaki hexapod di IndieGoGo. Tak seperti robot lainnya yang sudah dirakit dengan baik sejak awal pembelian, robot ini memberi anda pelajaran multimedia bagaimana merakit sebuah robot hingga akhirnya bisa bekerja atau hidup.

Meski sebenarnya ditujukan untuk menyasar anak-anak, namun sepertinya konsep robot ini juga bakalan diminati oleh orang dewasa. Robot tersebut dapat melakukan gerakan kompleks, mengubah ketinggian, berjalan dalam 3 gerakan yang berbeda hingga bisa menari.

Untuk bisa mengontrol robot spider, anda hanya memerlukan sebuah smartphone yang menggunakan sensor gyroscopic dan membiarkan anda mengontrolnya dengan cara memiringkan telepon.

Yang menyenangkan disini tentu saja adalah merakitnya karena dengan membangun sebuah robot maka anda secara tidak langsung mempelajari tentang dasar-dasar modeling 3D, pengkodean aplikasi mobile dan pemograman Arduino.

Platform yang diberikan oleh STEMI sepenuhnya Open Access yang artinya setiap orang dapat dengan bebas memodifikasi semua aspek yang ada dalam robot tersebut. Pendirinya juga berjanji akan membuat kode sumber, cetak biru dan model 3D yang bebas diakses oleh semua orang.

Harga $ 235 merupakan titik terendah untuk membeli kit STEMI dan untuk $ 279 anda akan mendapatkan casing dari robot spider tersebut. Kabarnya dimasa depan anda bisa membuat casing atau mengkostum sendiri penutup dari robot tersebut.

Have your say!

0 0